Profesi

Jobdesk Account Officer Pada Perusahaan yang Bergerak di Sektor Keuangan

Account Officer adalah – Bagi kamu yang lulusan fakultas ekonomi pasti sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan staff Account Officer (AO). Pasalnya...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
account officer
account officer
Sumber Gambar : karir.bca.co.id

Account Officer adalah – Bagi kamu yang lulusan fakultas ekonomi pasti sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan staff Account Officer (AO).

Pasalnya profesi ini sering di temui di berbagai situs lowongan kerja atau saat menghadiri jobfair.

Jabatan Account Officer umumnya hanya terdapat pada perusahaan yang bergerak di sektor finansial, seperti bank, koperasi, leasing, dan lembaga keuangan lainnya.

Penyebutannya pun berbeda-beda tergantung perusahaannya, ada yang menyebutnya dengan Account Officer (AO) atau Account Executive (AE).

Apabila Anda tertarik bekerja di perusahaan finansial, tentu Anda harus tahu apa saja tugas dan tanggungjawabnya.

Meskipun banyak jabatan lain, tetapi yang akan dibahas dalam artikel ini adalah tentang tugas dan tanggung jawab dari AO.

Pengertian Account Officer

Posisi Account Offier banyak dijumpai di beberapa perusahaan yang beroperasi di sektor keuangan. Seperti bank, leasing, koperasi, dan lembaga-lembaga keuangan yang lain.

Istilah account officer ini berawal dari Bahasa Inggris yang mempunyai makna :

  • Account = Akun. (account disimpulkan sebagai nasabah / client / konsumen setia)
  • Officer = Petugas. (orang yang melayani, dan membantu nasabah)

Jadi dapat disimpulkan bahwa, Account Officer adalah petugas yang melayani kebutuhan nasabah akan produk-produk keuangan dari perusahaan.

Beberapa jenis dan nama lain dari Account Officer

Dalam dunia perbankan atau leasing ada banyak tipe penyebutan dan pengertian dari Account Officer, yaitu AO Mikro, AO SME, AO Secured Loan, AO Financial Serviss, AO Credit.

Dari kenama itu, pekerjaan dan tanggung jawab mereka sama. Sedangkan perbedaannya hanya produk yang ditawarkan tidak serupa.

Contoh : seorang sebagai account officer mikro, karena itu yang jadi fokus utama penjualan ialah produk credit untuk usaha mikro.

Jobdesk Utama Account Officer

Secara umum, beberapa orang beranggapan jika account officer itu ialah sales/marketing. Memang hampir sama namun tidak seutuhnya.

Jika Account Officer diposisikan sebagai sales atau pemasaran, maka tidak mungkin perusahaan di sektor perbankan masih membuka lowongan dan memperkerjakan marketing di perusahaan mereka.

Artinya ada perbedaan yang signifikan antara marketing dan AO walau pada realitanya memang ada banyak kecocokan antara pekerjaan dan tanggung jawab Account Officer dengan Pemasaran.

Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu tugas Account Officer dibawah ini ;

1. Collecting

Colleting ialah mencari data calon Nasabah baru buat anda sendiri sebagai Akun Officer. Proses ini dapat dilaksanakan dengan menebar edaran, memakai media sosial dan minta rujukan dari senior AO, keluarga atau saudara.

2. Promosi

Sesudah Anda mempunyai data calon nasabah baru, tahap selanjutnya adalah melakukan promosi.

Anda bisa menawarkan dan mengenalkan produk perusahaan ke calon client / nasabah / konsumen setia Anda.

Biasanya produk yang yang ditawarkan berupa jasa, seperti pinjaman dana, KPR, Kredit, Deposito, dan lain-lain yang erat hubungannya dengan dunia perbankan.

Sambil menawarkan, Anda juga bisa sambil mencari data base calon nasabah baru Anda misalkan dengan menanyakan ke calon nasabah Anda, “kurang lebih dari famili atau saudar Anda ada tidak yang dapat saya berikan penawaran ini..?”

3. Follow Up.

Terhadap customer baru, atau customer yang pernah menjadi nasabah/client, seorang akun officer bekerja untuk menjalin jalinan baik.

Teknik menjalin hubungan ini bervariasi, baik dari menghubungi lewat telephone atau dengan mengunjungi langsung sekadar menanyakan kabar.

Kenapa hal ini harus dijalankan? karena umumnya seorang nasabah yang telah merasa cocok ke seorang AO atau pemasaran selalu merekomendasikan saudara atau sanak mereka yang akan memakai layanan perbankan atau finance ke AO dan Pemasaran yang mereka mengenal itu.

Intinya adalah proses pendekatan dan menginformasikan ulang dengan mengontak kembali calon nasabah yang telah memberi tanda tertarik dengan penawaran Anda.

4.Malayani Nasabah

Apabila ada nasabah yang masih belum mengerti produk yang bakal merekan ambil, Akun Officer bertugas memberi penjelasan secara detail sampai client itu pahami dan betul-betul memahami produk yang bakal ia mengambil supaya tidak ada salah paham nantinya.

Bila selanjutnya terjadi salah pengertian, maka Akun Officer yang menangani client tersebut harus mempertanggungjawabkan tugasnya pada atasannya.

Risikonya besar sekali, dapat sampai Pemutusan Hubungan Kerja bila dijumpai seorang Accout Officer tidak memberi penjelasan yang komplet ke customer.

5. Analisis Kelayakan Nasabah

Account Officer harus Menganalisa informasi mengenai nasabah, seperti informasi berkenaan histori utang, keadaan dan status di lingkungan dan data pendukung yang lain.

Tugas ini ditujukan supaya customer yang diberi credit ialah customer yang tidak mempunyai kesempatan menjadi masalah dalam sisi pembayaran nantinya.

Bila seorang Akun Officer melakukan analisis secara ngawur, di khawatirkan akan terjadi permasalahan yang bakal membuat kariernya jadi terganggu, bahkan juga potensi untuk di PHK.

6. Membuat Laporan

Setiap Minggu seorang Acoount Officer harus membuat laporan kerja dan laporan analisa dari data nasabahnya, dan pada akhir bulan dibuat laporan bulanan berbentuk ringkasan yang gampang dipahami oleh atasan.

7. Pemantauan

Nasabah yang telah disepakati dan bisa memakai produk yang anda tawarkan bisa menjadi pekerjaan anda sebgai AO untuk memantau dan mengawasi beberapa hal seterusnya sesudah Nasabah terima dan memakai produk perusahaan anda.

Tanggung Jawab Account Officer

Saat menjalankan pekerjaannya, seorang AO betanggung jawab untuk ;

  • Bertanggung jawab produk yang ditawarkan oleh perusahaan terdistribusi dan dikenalkan dengan baik dan tepat sesuai nasabah.
  • Memastikan Customer memahami produk yang diambil dari perusahaan.
  • Bertanggung jawab memastikan hubungan dengan customer dijaga secara baik, walau nasabah belum tertarik lewat produk perusahaan dan masih juga dalam periode perjumpaan.
  • Memastikan customer memperoleh jalan keluar yang pas untuk tiap masalahnya yang berkaitan dengan account di perusahaan.
  • Jaga integritas dan nama baik perusahaan.

Persyaratan Menjadi Account Officer

Menjadi seorang Account Officer harus mempunyai pendidikan minimum D3 dari semua jurusan, pengalaman di sektor yang serupa akan mendapatkan point plus.

Hal ini karena seorang AO harus betul-betul mempunyai kapasitas dan kemampuan yang bagus untuk mengatasi pekerjaannya tersebut, selain tanggung jawab yang besar, risiko kerjanya juga sangat besar, apalagi kalau anda telah hadapi keluh kesah dan komplen dari nasabah yang menjadi tanggung jawab Anda.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang pekerjaan staff Account Officer di perusahaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja Account Officer .

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.