Apa Itu Pramuniaga dan Apa Bedanya Dengan Kasir

0
4590
pramuniaga toko
apa itu pramuniaga – Sumber Gambar : karirhub.com

Apa kalian pernah melihat lowongan kerja sebagai pramuniaga di media online atau cetak? Berikut penjelasan mengenai apa yang dimaksud pramuniaga.

Apa Itu Pramuniaga

Kita tentu kerap mendengar istilah pramuniaga, namun beberapa orang belum memahami betul mengenai apa itu pramuniaga.

Secara sederhana, arti pramuniaga ialah penyebutan ke beberapa orang yang berkarier di sektor pelayanan, di mana mereka memberi jasa ke beberapa customernya.

Pramuniaga bisa di sebut sebagai ujung tombak untuk divisi pemasaran di modern market. Sebab pramuniaga yang melakukan komunikasi langsung dengan konsumen.

Itulah kenapa beberapa pramuniaga harus mempunyai penampilan dan attitude yang menarik dan baik.

Profesi Pramuniaga

seorang pramuniaga bisa kita temui di Supermarket, Swalayan, Mall, Toko toko, Rumah Makan, dan lain sebagainya.

Mereka umumnya memakai seragam yang rapi dan selalu mengenakan name tag (tanda pengenal), agar beberapa customer dapat dengan mudah untuk mengenali mereka.

Pada umumnya pramuniaga ialah sebuah pekerjaan yang berbanding lurus dengan kasir dengan pelayanan yang diberikan terbilang sedikit berbeda.

Kerap kali dua pekerjaan ini dikerjakan oleh satu posisi yakni pramuniaga, misalnya di alfamart atau indomaret.

Perusahaan ini sering memposisikan pramuniaga dengan merangkap tugas sebagai kasir, pastinya ini berlawanan dengan tugas pokok dari pramuniaga.

Perbedaan Pramuniaga dan Kasir

pramuniaga artinya
Sumber Gambar : serangkab.info

Seorang pramuniaga sering disebut sebagai sales person atau sales associate. Ketika seorang pembeli kesusahan dalam cari barang yang diperlukannya, karena itu mereka bisa minta bantuan pramuniaga untuk membantu menemukan barang tersebut.

Sementara itu kasir ialah orang yang bekerja untuk melayani pembayaran yang sudah dilakukan pembeli.

Pembayaran ini dapat berbentuk pembayaran berupa uang tunai dan non-tunai.

Jika kamu mengira jika pekerjaan sebagai pramuniaga dan kasir merupakan tugas yang mudah dan enteng, kamu salah.

Kedua pekerjaan ini penting dalam sebuah bisnis, karena tugasnya yang berhubungan langsung dengan customer.

Interaksi dengan customer inilah yang merupakan bagian paling penting. Baik atau buruknya pelayanan yang diberi oleh pramuniaga dan kasir berpengaruh pada pengalaman berbelanja konsumen.

Tugas Pramuniaga

job desk kasir
Sumber Gambar : magnate.id

Tugas seorang pramuniaga yang paling penting adalah untuk melayani konsumen yang datang ke tempatnya.

Umumnya pramuniaga menolong para pelanggan saat mereka kesusahan mencari barang atau memerlukan informasi mengenai produk yang hendak mereka beli.

Kepuasan dan kenyamanan konsumen merupakan tujuan utama tugas pramuniaga.

Semakin banyak pembeli yang puas dengan pelayanan yang mereka berikan, maka semakin sering dan banyak pembeli yang akan datang ke tempat mereka bekerja.

Kondisi inilah yang bisa memberikan keuntungan pemiliki usaha yang telah memperkerjakan mereka untuk semakin banyak memperoleh pemasukan.

Sehingga kedepannya hal ini akan berpengaruh pada jumlah penghasilan yang akan mereka terima.

Menjadi seorang pramuniaga termasuk gampang gampang susah. Namun, terkadang beberapa orang memandang sepele pekerjaan pramuniaga.

Secara visual, pramuniaga hanya bertugas melayani pelanggan saja, ternyata tidak hanya itu. Beginilah tugas pramuniaga yang harus dikerjakan setiap harinya:

1. Mendata dan menjaga ketersediaan produk

Seorang pramuniaga mempunyai tanggung jawab untuk selalu mengecek stock/ketersediaan produk.

Pramuniaga harus selalu memberikan laporan ketersediaan produk ke staf gudang supaya selalu menjaga ketersediaan produk yang ada di rack atau gondola toko.

2. Mendisplay produk di rack

Setelah itu stock barang yang dimiliki harus diatur atau di display dengan rapi. Salah satu pekerjaan wajib seorang pramuniaga ialah mendisplay produk yang ada di rack atau gondola.

Bila ada rack atau gondola yang kosong, maka pramuniaga bertugas untuk mengisi kembali dari barang yang telah diminta dari merchandiser.

Pramuniaga juga harus rajin mengatur produk yang terkesan kurang rapi atau mendisplay produk dengan baik supaya kelihatan menarik dan gampang ditemukan oleh pembeli.

3. Memberikan label harga

Karena banyaknya jumlah produk yang terdisplay umumnya ada label harga yang tidak sesuai tempatnya.

Tanggung jawab pramuniaga yaitu memastikan produk terdidisplay dengan benar dan sesuai.

Pramuniaga harus selalu up to date untuk mengecek lebel harga produk yang terdisplay di rak dan gondola.

4. Memahami program promo yang sedang berjalan.

Hal yang umumnya dicari oleh pelanggan pertama kali saat masuk toko ialah informasi promo produk. Seringkali para pembeli akan bertanya langsung pada pramuniaga.

Jika ada produk baru atau ada produk yang sedang ada promo pramuniaga berkewajiban untuk mempromosikannya ke beberapa konsumen.

Tanggung-jawab seorang pramuniaga ialah mengetahui dan memahami program promo yang sedang berjalan.

Pramuniaga yang kurang menguasai informasi program promo terbaru akan memberikan citra yang kurang baik pada perusahaan atau toko retail tersebut.

  1. Membuat laporan penjualan

Tidak hanya fokus pada pelayanan konsumen saja, pramuniaga juga bertugas untuk membuat laporan penjualan dari periode tertentu.

Seperti laporan stock atau yang lainnya. Pramuniaga harus cermat dalam membuat laporan penjualan.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Pramuniaga

pramuniaga adalah
Sumber Gambar : jobstreet.co.id

Sebagai seorang pramuniaga pasti Anda mempunyai keinginan untuk memperoleh promosi jabatan.

Bukan hal yang mustahil di sebuah industri ritel yang memperkerjakan pegawai dengan status pramuniaga ini memberi promosi kenaikan jabatan dari awal sebelumnya seorang pramuniaga jadi manager cabang.

Banyak hal yang semestinya Kamu miliki uktuk suses berkarir sebagai pramuniaga.

1. Memiliki tanggung jawab penuh dalam kerja.

Bukan cuma profesi pramuniaga saja yang di wajibkan mempunyai sikap tanggung jawab, namun pada pekerjaan lain harusnya seperti itu.

Salah satu bentuk tanggung jawab dari pekerjaan pramuniaga ialah tidak meninggalkan tempat kerja saat sebelum shift kerja usai. Artinya pramuniaga harus bekerja sesuai jam kerjanya.

2. Memiliki interpersonal yang baik.

Umumnya di sejumlah toko swalayan atau perusahaan ritel ada kotak saran dan kritik.

Melalui kotak kritik dan sarang seorang atasan menilai kinerja karyawannya nya di toko. Kotak saran dan kritik ini nanti tiap bulannya akan dibuka oleh manager cabang dan mengoreksi kinerja teamnya.

Jika pramuniaga bersikap jujur dan sopan maka banyak pembeli yang hendak memberi anda nilai positif sehingga saat pimpinan anda melihat penilaian itu menjadi pertimbangan saat ada peningkatan jabatan atau posisi kerja.

Seorang pramuniaga harus mempunyai komunikasi yang bagus. Bagaimana akan mempromosikan produk jika anda tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Sikap ramah dibutuhkan dalam masalah ini. Misalkan, bila ada pelanggan yang bertanya anda harus menerangkan dengan baik.

Tidak boleh menggunakan nada berbicara yang tinggi. Gunakanlah kalimat yang santun.

Kesopanan anda justru akan menolong anda untuk menjual produk tersebut. Customer akan suka dengan pelayanan anda dan tidak ragu untuk balik lagi.

3. Memililki semangat untuk mengembangkan potensi diri.

Pramuniaga juga harus mempunyai wawasan yang luas mulai dari perusahaan tempatnya bekerja meskipun tidak mendetail. Cukup background, peraturan-peratuan yang berlaku dan semua jenis produser. Pramuniaga juga harus mengetahui barang yang dijual dimulai dari merek, kemasan, dan stoknya, serta memberi pelayanan pelanggan dengan baik.

Meningkatkan potensi diri dalam pekerjaan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kenaikan jabatan umumnya bisa dilihat dari perkembangan tiap pegawai. Salah satunya hal yang bisa dilaksanakan ialah meningkatkan keterampilan dalam melayani pelanggan.

4. Memiliki sikap percaya diri

Mempunyai sikap percaya diri itu bagus selama tidak terlalu berlebih. Rasa percaya diri penting untuk anda agar memperoleh promosi jabatan.

Rasa percaya diri ini akan menolong Anda untuk memudahkan tugas anda. Tidak itu saja pembeli akan mudah percaya dengan anda, bila anda dengan percaya diri mempromosikan barang yang dijual. Sehingga target sales akan mudah untuk dipenuhi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum apa itu pramuniaga dan perbedaanya dengan kasir.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan melamar kerja sebagai pramuniaga.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here