7 Cara Efektif Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh di Tempat Kerja

0
137
cara mengatasi rasa bosan
cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh Sumber Gambar : actconsulting.co

Cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di Tempat Kerja – Menjalankan aktivitas yang sama setiap hari bisa membuat pikiran mudah bosan dan jenuh.

Apalagi jika tugas sudah menumpuk dan di kejar deadline, hingga menyebabkan tidak ada waktu untuk bersantai.

Hal tersebut biasanya kerap menimpa para pegawai kantoran yang setiap harinya menghabiskan kerja selama kurang lebih 8 jam.

Jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar, namun jika tidak segera di atasi rasa jenuh dapat mengganggu produktivitas dan efektivitas waktu kerja, selain itu, kejenuhan juga dapat berdampak buruk untuk kelangsungan karir Anda.

Jangan sampai rasa jenuh dalam bekerja menjadi hambatan untuk karirmu. Simak Cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di tempat kerja berikut ini :

Baca Juga : Cara Ini Dapat Meningkatkan Produktivitas kerja Mu

Tips Efektif Cara Mengatasi Rasa Jenuh Di Tempat Kerja

Merasa kewalahan dengan pekerjaan di kantor mungkin bukan hal yang asing. Tapi, merasa bosan di kantor juga sering terjadi.

Merasa jenuh dan bosan pada pekerjaan hanya berupa perasaan sementara. Biasanya, rasa bosa adalah perasaan umum yang sering muncul di tempat kerja.

Ketika Anda mulai merasa bosan di tempat kerja, jangan pernah merasa sendirian karena perasaan seperti itu juga pernah dialami oleh sebagian besar karyawan di tempat kerja.

Namun, kondisi ini sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk menurunkan produktivitas dalam bekerja.

Coba beberapa tips berikut ini untuk mengatasi rasa bosan Anda di tempat kerja agar bisa semangat kembali dalam bekerja.

1. Meluangkan waktu untuk istirahat atau cuti

cuti kerja
Sumber Gambar : viajantego.com

Percaya atau tidak, terlalu fokus dalam bekerja membuat Anda lupa waktu. Tentunya hal itu memaksa otak Anda untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran sudah jenuh, maka akan berdampak pada menurunnya produktivitas.

Sebaiknya, jika Anda mulai lelah bekerja, luangkan waktu untuk istirahat sejenak atau hanya sekedar ke luar kantor untuk menghirup udara segar.

Jika masa kerja Anda sudah satu tahun makan ambillah hak cuti yang dimiliki. Anda bisa memanfaatkan waktu cuti tersebut untuk travelling, bersantai di rumah bersama keluarga, kumpul dengan sahabat-sahabat, mengeksplor hobi yang Anda sukai, dan lain sebagainya.

Ketika liburan Anda berakhir, mood dan suasana hati Anda telah kembali membaik sehingga Anda dapat bekerja dengan maksimal.

2. Pulang tepat waktu dan hindari kerja lembur

pulang kerja tepat waktu
Sumber Gambar : healthyoptions.com

Kerja lembur memang tidak masalah, karena mendapatkan tambahan upah. Namun, ketika pikiran Anda sedang jenuh dan tubuh sudah benar-benar capek, maka hindarilah bekerja lembur.

Cobalah untuk pulang tepat waktu dan luangkan waktu bersantai bersama keluarga atau rekan kerja.

Kumpul dan bercanda bersama teman-teman itu penting, karena bisa membuat pikiran Anda lebih rileks. Tentu ini lebih baik dari pada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

3. Mendekorasi atau menata ulang meja kerja

meja kerja rapi
Sumber Gambar : creohouse.co.id

Rasa bosan atau jenuh di tepat kerja juga bisa dipicu oleh lingkungan di tempat Anda bekerja.

Bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu lama juga dapat memicu kejenuhan.

Misalnya, ruang kerja Anda mulai terlihat sempit karena dipenuhi berkas atau barang-barang yang tidak terpakai tentu ini akan mempengaruhi mood Anda saat bekerja.

Maka, ada baiknya bila sesekali untuk mendekorasi atau menata ulang meja kerja Anda.

Anda bisa memulai dari mengubah tata letak laptop atau komputer, membuang kertas-kertas yang tak terpakai, memasang photo-photo keluarga ataupun menambahkan tanaman hias yang dapat mempercantik meja kerja serta menjaga mood Anda agar tetap bersemangat dan tidak jenuh.

4. Lakukan sesuatu hal yang menyenangkan saat bekerja

cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh
Sumber Gambar : amazonaws.com

Ketika rasa bosan atau jenuh melanda coba lakukanlah aktivitas yang menurut Anda menyenangkan saat bekerja.

Misalnya saja, Anda merasa enjoy dalam bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil.

Namun, jika aktivitas tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan.
Intinya adalah buat senyaman mungkin ketika anda bekerja agar pekerjaan tersebut tidak menjadi membosankan.

5. Berpikir posistif

kecerdasan spiritual
Sumber Gambar : www.institutoconectomus.com

Berpikir positif dan bersikap positif merupakan salah satu cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di tempat kerja. Rasa tidak nyaman atau jenuh saat bekerja, bukanlah alasan terbaik Anda untuk mengajukan resign.

Coba hadapi pekerjaan tersebut dengan santai dan jangan dijadikan beban. Mengambil keputusan tanpa pertimbangan dengan matang bukanlah hal yang baik.

Berpikirlah secara positif sebelum melakukannya. Karena dengan berpikir positif dapat mempengaruhi mood Anda ketika bekerja serta menghhilangkan rasa jenuh ketika bekerja.

Pahami bahwa Anda adalah orang yang beruntung. Di luar sana, masih banyak pengangguran yang sangat menginginkan posisi Anda sekarang.

Dengan begitu setidaknya mendorong Anda untuk selalu bersyukur akan pekerjaan yang didapatkan.

6. Jangan abaikan waktu istirahat

cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh
Sumber Gambar : petica.hr

Cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh selanjutnya adalah menjaga jam tidur malam.

Usahakan Anda jangan terlalu sering lembur kerja, jangan sampai memaksa tubuh bekerja terlalu keras.

Karena kebiasaan kerja sampai larut malam itu tidak sehat. Selain bikin pikiran semakin stres, kerja lembur berlebihan juga bisa membuat tubuh terasa lemas.

Oleh karenanya, jagalah waktu tidur Anda dengan baik. Tidur malam antara 5-8 jam itu sudah cukup untuk membantu pikiran menjadi fresh kembali.

7. Mencari pekerjaan baru

mencari pekerjaan baru
Sumber Gambar : cedrsolutions.com

Cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di tempat kerja yang terakhir adalah dengan mencari pekerjaan lain yang sesuai passion.

Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas dan memang sudah tidak kuat lagi menanggung beban kerja, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari perusahaan atau resign.

Jangan paksa diri Anda untuk terus bertahan pada pekerjaan tersebut. Jika memang niat Anda sudah bulat maka lakukan saja! Jangan ragu. Yakinlah bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Baca Juga : 7 Alasan Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan dan Cara Resign Kerja yang Baik

Demikian penjelasan singkat tentang cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di tempat kerja.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang merasa bosan dan jenuh di tempat kerja.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Baca Juga : “Mind Mapping” Seni Praktis Dalam Mengembangkan Ide dan Melatih Kreativitas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here