Cara Menolak Offering Letter Dari Perusahaan Secara Professional

menolak tawaran kerja
cara menolak tawaran kerja
cara menolak tawaran kerja

Memperoleh penawaran kerja setelah menjalani beberepa proses rekrutmen memang hal yang paling diharapkan para jobseeker yang hendak mengawali karier atau ingin meneruskan jenjang karier yang semakin tinggi.

Banyaknya perusahaan yang memberi penawaran pekerjaan atau offering letter mengharuskan jobseeker untuk menolak beberapa perusahaan yang sekiranya kurang tepat.

Ada beberapa cara menolak penawaran kerja yang baik dan benar hingga Anda juga masih tetap terlihat santun dan professional.

Masih bingung mengenai bagaimanakah cara menolak perusahaan untuk tawaran kerja?

Pembahasan kali ini, penulis tidak hanya membahas tentang cara menolak penawaran kerja karena gaji.

Tetapi, juga akan membahas cara terbaik menolak penawaran kerja secara sopan sehingga Anda pun tetap memberi kesan professional.

Cara Menolak Tawaran Kerja Secara Halus

menolak tawaran kerja
Sumber Gambar : media.beritagar.id

Sebetulnya ada banyak hal yang mendorong para jobseeker untuk menolak tawaran lowongan kerja dari perusahaan.

Bisa jadi karena gaji yang ditawarkan oleh perusahaan itu jauh dari harapan yang dimiliki oleh calon karyawan.

Sehingga perlu baginya untuk menolak penawaran itu untuk memilih perusahaan lain yang baginya lebih cocok perihal masalah gaji.

Berikut ialah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menolak penawaran kerja dengan baik dan benar:

Memberikan konfirmasi secepatnya

Salah satu hal utama yang menjadi bagian cara menolak penawaran kerja dengan baik ialah Anda diwajibkan untuk segera memberi keputusan.

Anda harus segera mengonfirmasi ke recruiter apakah Anda akan ambil atau mungkin tidak mengambil penawaran kerja yang diberikan oleh perusahaan.

Untuk seorang HR, akan lebih bagus bagi mereka untuk memperoleh keputusan jika Anda tidak siap untuk tergabung secara langsung dibanding harus menunggu sepanjang hari atau bahkan juga sekian hari untuk memperoleh keputusan Anda.

Dengan ini, HR bisa segera mencari atau mempertimbangkan kandidat lainnya untuk mengisi lowongan yang benar-benar diperlukan oleh perusahaan.

Sampaikan terimakasih atas kesempatan yang terlah di berikan

Saat Anda akan menolak tawaran kerja akan lebih bagus jika Anda sampaikan bahwa Anda benar-benar menghargai penawaran yang diberikan mengenai lowongan tersebut.

Sampaikanlah jika Anda benar-benar mengucapkan terima kasih ke HR karena sudah memperhitungkan kapabilitas Anda.

Anda menjadi calon yang pas untuk posisi yang diperlukan. Dengan melakukan ini, Anda akan terlihat professional dan sopan.

Berikan alasan yang jelas

Sesudah memberi apresiasi ke HR yang menghubungi Anda, jangan lupa untuk memberi argumen yang jelas kenapa Anda tidak dapat menerima penawaran itu.

Sampaikan argumen ini memang akan lebih bagus jika dilandasi dengan kejujuran tanpa membesar-besarkan suatu hal apa lagi berbohong.

Harus diingat jika jika Anda sudah diterima di perusahaan yang memberi tunjangan lebih besar, Anda tak perlu mengatakan ini dengan detil.

Cukup jelaskan jika Anda tertarik menjadi bagian dari perusahaan, tetapi sangatlah disayangkan karena Anda telah telanjur memilih untuk tergabung dengan perusahaan lain.

Contoh Cara Menolak Offering Letter

prokrastinasi adalah
Sumber Gambar : glints.com

Setelah mengetahui beberapa langkah yang pas untuk menolak penawaran kerja yang baik, sekarang Anda perlu menyusun beberapa langkah itu ke sebuah kalimat atau paragraf yang konkrit dan jelas. Hingga tidak ada salah paham di antara Anda dan HR.

Umumnya, salah satu media untuk menyampaikan penolakan penawaran kerja ialah melalui e-mail.

Berikut ialah contoh penyampaian menolak penawaran kerja melalui e-mail.

Contoh menolak tawaran kerja karena gaji tidak sesuai

Anda dapat menolak penawaran kerja jika upah yang ditawarkan oleh perusahaan baru tidak mencapai kesepakatan, bahkan juga sesudah negosiasi.

Contoh penolakan penawaran kerja karena alasan tersebut ialah seperti berikut :

Kepada : Hiring Manager PT. PrassFood International

Terima kasih telah mempertimbangkan saya sebagai Sales Manager di PT. PrassFood International.

Saya mengucapkan terima kasih atas peluang yang sudah diberikan untuk mengikuti interview dan menerima penawaran kerja.

Setelah menimbang dengan matang, dengan berat hati saya harus menolak penawaran kerja ini karena gaji yang ditawarkan tidak memenuhi harapan.

Saya berharap PT. PrassFood International segera memperoleh kandidat terbaik untuk mengisi posisi ini.
Salam

Fery Wijaya

Kata-kata menolak tawaran kerja karena sudah bekerja

Biasanya jobseeker tidak hanya melamar kerja di satu perusahaan saja. Jobseeker umumnya mengikuti beberapa proses rekrutmen dari beberapa perusahaan.

Tidak menutup kemungkinan jobseeker akan menolak tawaran kerja apabila sudah menerima tawaran kerja dari perusahaan lain.

Apabila Anda harus menolak tawaran kerja karena sudah mendapat pekerjaan di perusahaanlain, berikut contoh email yang bisa ditulis.

Dear Tim Recruiment PT Cahaya Mandiri.

Terima kasih sebelumnya atas penawaran kerja yang diberikan. Namun, saya mohon maaf karena tidak dapat menerima tawaran kerja untuk posisi  SPV Sales Jawa Tengah di PT Cahaya Mandiri karena saya baru menerima pekerjaan di perusahaan lain.

Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan waktu yang telah di berikan.

Regards
Daniel Wahyu

Cara menolak tawaran kerja melalui Whatsapp

Beberapa tim recruiment perusahaan menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan kandidatnya.

Jika Anda ingin menolak tawaran kerja melalui Whatsapp, Anda bisa menggunakan kata-kata ini:

“Terima kasih telah menawarkan saya posisi Supervisor Logistik di PT Sumber Makmur. Mohon maaf karena saya memutuskan untuk tidak menerima tawaran kerja tersebut sebab sudah terlanjur menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain. Saya sangat menghargai pertimbangan yang Anda berikan selama proses rekrutmen dan berharap PT Sumber Makmur selalu sukses”.

Demikian informasi mengenai cara cara menolak tawaran kerja secara professional.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan sedang mendapatkan banyak penawaran kerja dari beberapa perusahan.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *