Mengenal Lebih Dekat Industri Fast Moving Consumer Goods di Indonesia

0
496
FMCG adalah
Consumer Goods adalah – Sumber Gambar : kpmti2012.wordpress.com

Perusahaan fast moving consumer goods atau lebih di kenal dengan istilah FMCG di Indonesia sangatlah dikenal sebagai industri yang populer.

Produk FMCG mempunyai putaran omzet yang cepat dengan cost relatif rendah, disamping itu masa simpan produk FMCG ini relatif cepat.

Untuk lebih jelasnya, kita akan ulas terkait apakah yang dimaksud FMCG, macam-macam produk FMCG dan perkembangan perusahaan FMCG di Indonesia pada artikel ini.

Mengenal Apa Itu FMCG

Perusahaan FMCG di Indoonesia
Sumber Gambar : e-recruitment.indofood.com

Perusahaan FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari untuk dipasarkan secara cepat, diproduksi secara banyak dan harga yang ditawarkan condong lebih murah.

Apa itu FMCG? Fast Moving Consumer Goods ialah adalah yang umum dipakai untuk menyebut beberapa produk yang cepat laku. Karena produksi barang consumer good ialah produk yang dibeli untuk dikonsumsi dan di pakai setiap hari.

Oleh karena itu, kata pergerakan cepat atau fast moving ini menggambarkan karakter barang yang dijualbelikan oleh perusahaan industri FMCG.

Sebagai contohnya, minuman kemasan seperti air mineral ialah kebutuhan yang biasanya diminum setiap saat. Sabun mandi yang dipakai untuk kebersihan tubuh adalah kategori dari produk FMCG yang mempunyai periode pakai yang relatif pendek.

Kebutuhan produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat, karenanya perusahaan FMCG di Indonesia atau di negara lain umumnya akan menyalurkan produk yang mereka buat ke berbagai tempat.

Hingga bisa dijangkau oleh konsumen dan gampang diketemukan di mana saja mereka berada.

Pengertian Fast Moving Consumer Goods

Contoh Produk FMCG
Contoh Produk FMCG

Sien Brierley, seorang penulis dan pelaku bisnis asal dari Australia, mengatakan jika Fast Moving Consumer Goods sebagai beberapa barang atau produk yang kerap dibeli dan dipakai oleh konsumen.

Misalkan gula, peralatan mandi (odol, tissue, kertas, shampo, sabun, dan sikat gigi), minuman (baik yang mengandung alkohol atau non-alkohol), rokok, koran, dan majalah.

Dapat dikatakan jika Fast Moving Consumer Goods sebagai produk yang mempunyai putaran omzet yang cepat dan cost produksi rendah.

Produknya mempunyai periode simpan (kedaluwarsa) yang relatif cepat karena mempunyai karakter yang gampang hancur.

Produk semacam ini menggerakkan para customer untuk tidak berpikir lama dalam menentukan pilihan pembelian. Oleh karena itu, tipe produk FMCG seringkali dibeli oleh customer, bahkan juga ada yang membeli dengan partai besar sekaligus.

Berdasar pemahaman dari pakar di atas, bisa diambil kesimpulan jika FMCG merupakan produk-produk yang kerap dipakai oleh customer dan selalu dikonsumsi secara teratur. Contoh produknya yakni gula, minuman, peralatan individu, koran, majalah, dan lain-lain.

Fast Moving Consumer Goods yang ada sekarang ini sangat banyak produknya, karena tingkat pertumbuhan masyarakat dan kebutuhan yang terus naik.

FMCG jadi produk yang paling diperlukan oleh semua pengguna akhir (end users) untuk penuhi kepentingan hidup setiap hari.

Kategori FMCG dapat digolongkan dari beragam faktor dan kebutuhan, misalkan dari kepentingan pribadi (personal care), keperluan rumah tangga (household), minuman ringan dan lain-lain.

Beberapa produk itu sebagai contoh beberapa dari hasil proses produksi yang sudah dilakukan oleh perusahaan di bidang industri ini.

Industri FMCG sudah dioperasikan oleh beberapa perusahaan berskala nasional atau multinasional. Tiap perusahaan itu selalu meningkatkan pengembangan masing-masing, hingga sekarang ini industri FMCG sudah tumbuh cepat di tiap negara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Supply Chain Management, Pengertian, Proses, dan Tujuan

Jenis-jenis Produk Fast Moving Consumer Goods

Produk consumer goods
Sumber Gambar : mayoraindah.co.id

Ada beberapa tipe produk yang masuk sebagai produk FMCG. Seperti penjelasan sebelumnya jika produk FMCG ialah barang yang mempunyai periode dan usia singkat dan dikonsumsi secara cepat. Apa yang tergolong produk FMCG? Berikut produk FMCG yang ada di Indonesia:

  • Makanan olahan seperti produk keju, sereal, pasta paket, daging kornet sapi dan ada banyak kembali.
  • Makanan siap saji seperti sosis, nugget, mie instant dan produk frozen food atau dry foods seperti makanan kucing, dan sejenisnya.
  • Minuman seperti air mineral kemasan, susu, minuman energi, dan lainnya.
  • Snack and beverage.
  • Obat-obatan seperti pereda ngilu, dan beberapa macam obat tanpa resep dokter diproduksi oleh perusahaan FMCG.
  • Produk keperluan rumah tangga seperti pembersih piring, jendela dan kaca, pelembut baju dan lainnya.
  • Perlengkapan atau peralatan kantor dan sekolah seperti buku, pensil, pulpen dan lainnya.
  • Peralatan mandi dan perawatan badan seperti odol, sabun mandi, shampoo, pembalut, dan lainnya.

Perkembangan Perusahaan FMCG di Indonesia

perusahaan consumer goods
Sumber Gambar : husnulw.blogspot.com

Brand dari perusahaan FMCG biasanya mempunyai brand awareness yang kuat,  karena kerap dipromosikan dalam bentuk iklan di TV.

Bahkan saat kita memikirkan produk minuman teh kemasan, di otak kita bisa langsung tebersit nama merek misalkan Sosro dan Frestea.

Beberapa perusahaan FMCG sekarang ini telah banyak diketahui di Indonesia, bahkan juga beberapa sangat terkenal secara global atau di penjuru dunia.

Nestle, Unilever, Procter dan Gamble, Garuda Food, Orang Tua, Mayora, Pepsi, dan Coca-Cola sebagai contoh produk atau brand yang sangat dikenali konsumen yang beroperasi pada sektor minuman dan makanan.

Perkembangan retail di Indonesia yang makin cepat didasari pada perkembangan industri FMCG di Indonesia yang mulai berkembang. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya kebutuhan manusia yang semakin komplek.

Factor ini didukung dengan kebutuhan pasar yang menginginkan produk bernilai tinggi dengan waktu pemenuhan yang relatif cepat.

Dalam membeli barang atau jasa, seseorang akan memutuskan yang didasarkan atas keinginan dan kebutuhan. Keputusan akan makin kuat bila kebutuhan itu bersifat rutinitas dalam penuhi kebutuhan keluarga.

Dengan begitu, perusahaan memerlukan satu mekanisme produksi yang pas agar dapat menggaet konsumen lebih optimal.

Perusahaan di bidang FMCG berlomba untuk memenuhi kebutuhan konsumen setianya. Dengan adanya kemajuan industri FMCG, maka industri di Indonesia secara umum sudah mengalami perubahan sektor ekonomi dari industri primer ke arah industri sekunder.

Perkembangan pada bidang industri FMCG memerlukan satu strategi yang tepat dan stabil agar mewujudkan industri yang kuat, professional, dan memiliki daya saing baik di pasar lokal dan internasional.

Dengan begitu, kebutuhan masyarakat pada produk FMCG dapat menggerakkan tumbuhnya ekonomi, menciptakan lapangan pekerjaan, tingkatkan penghasilan warga, dan pada akhirnya mengurangi kemiskinan di Indonesia.

Apa lagi sekarang ini sedang trend usaha toko online hingga proses pendistribusian produk industri ini bisa lebih mudah, cepat, dan memerlukan biaya yang lebih kecil.

Kesimpulan

Perusahaan FMCG adalah perusahaan yang membuat dan menyediakan beragam produk untuk kepentingan setiap hari yang dipasarkan secara cepat dengan jumlah yang banyak, dan nilai jual dipasaran relatif murah.

Ada banyak jenis-jenis produk FMCG di Indonesia yang tersedia karena perusahaan FMCG menghasilkan barang harian yang berdasar perilaku customer.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum perusahaan Fast Moving Consumer Goods.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan melamar kerja di perusahaan Fast Moving Consumer Goods.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here