Tips Karir

Gambaran Umum Seleksi Focus Group Discussion Dalam Perekrutan Karyawan

Buat kalian yang  sudah berkali-kali mengikuti seleksi kerja pastinya sudah tidak asing dengan istilah tes Focus Group Discussion (FGD). Selain tes wawancara,...

Written by Eling Widiatmoko · 2 min read >
focus group discussion
focus group discussion
Sumber Gambar : http://abhinavpmp.com/

Buat kalian yang  sudah berkali-kali mengikuti seleksi kerja pastinya sudah tidak asing dengan istilah tes Focus Group Discussion (FGD).

Selain tes wawancara, dan psikotes dalam proses rekrutmen karyawan, biasanya terdapat juga proses Focus Group Discussion (FGD).

Umumnya Focus Group Discussion (FGD) terdapat pada seleksi Management Trainee (MT), Officer Development Program (ODP), dan program akselerasi karir lain nya yang dimiliki oleh perusahaan.

Nah, buat kalian yang masih bingung apa itu Focus Group Discussion (FGD)? berikut ini SeputarKarir.com akan berbagi informasi mengenai Focus Group Discussion dan apa saja yang menjadi penilaian dari proses diskusi tersebut.

Apa itu Focus Group Discussion?

FGD adalah diskusi kelompok yang sistematis mengenai suatu topik yang harus didiskusikan bersama.

Nantinya, Kalian akan diminta memecahkan sebuah kasus yang diberikan dan apa solusi untuk mengatasinya.

Tahap ini membantu HRD atau supervisor untuk melihat leadership skill, kreativitas serta kemampuan berpikir peserta melalui ide dan solusi yang mereka ditawarkan saat memecahkan sebuah kasus yang di berikan.

Gambaran umum Focus Group Discussion

Fgd adalah
Sumber Gambar : static.tildacdn.com

Moderator dari pihak perusahaan

Seorang moderator atau fasilitator Focus Group Discussion bertugas untuk menentukan alur diskusi dan memiliki hak untuk mendorong peserta yang dianggap pasif untuk menyampaikan pendapatnya.

Selain itu, jika terdapat anggota yang dianggap terlalu dominan, moderator juga berhak untuk menghentikan anggota tersebut agar anggota yang lain mendapat kesempatan untuk berpendapat.

Jumlah peserta

Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 6-8 orang.  Apabila peserta diskusi berjumlah genap, biasanya moderator akan mengelompokkan peserta ke dalam dua kubu pro dan kontra. Hal ini tentunya membuat diskusi menjadi lebih hidup.

Topik atau tema diskusi

Pada pelaksanaan Focus Group Discussion, masing-masing kelompok akan mendapatkan makalah berisi studi kasus yang harus didiskusikan bersama.

Biasanya peserta disediakan kertas dan alat tulis untuk mencatat poin dari studi kasus permasalahan maupun yang mau mereka sampaikan.

Waktu penyelenggaraan

Waktu berlangsungnya FGD sangatlah beragam. Ada yang 90 menit, 60 menit, bahkan 30 menit.

Itu semua tergantung pada topik atau tema yang telah diberikan pada kelompok dan tergantung dari penyelenggaranya.

Posisi duduk peserta melingkar

Umumnya fasilitator  akan mengatur tempat duduk para peserta dalam posisi melingkar.

Hal ini bertujuan agar para peserta dapat melihat satu sama lain dan menciptakan suasana santai agar peserta dapat meningkatkan keberanian mereka untuk berpendapat.

Karena Focus Group Discussion merupakan salah satuh tahap rekrutmen yang krusial, berikut adalah tips agar lolos FGD.

Bagaimana agar lolos seleksi FGD dalam perekrutan karyawan?

FGD
Sumber Gambar : gochasecpa.com

Mempelajari isu yang mungkin digunakan oleh perusahaan

Meski tidak dapat diketahui dengan pasti isu apa yang akan dibahas, Anda dapat membiasakan diri menganalisa isu-isu yang sedang ramai dibahas saat ini.

Berlatih menganalisa isu terkini, cara ini dapat membantu Anda untuk melatih kemampuan berpikir kritis terhadap suatu masalah.

Mengetahui apa yang dinilai selama FGD

Meski dilakukan secara berkelompok, namun recruiter akan memberikan nilai kepada masing-masing peserta.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi poin penilaian selama FGD.

Beberapa aspek yang dinilai saat Focus Group Discussion adalah kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim, pengendalian emosi, dan penyesuaian diri.

Inisiatif untuk bekerja sama

Biasanya dalam FGD, peserta yang memiliki inisiatif untuk membuka diskusi dan mampu menghidupkan suasana akan mendapatkan poin lebih dari pengawas.

Hal ini menunjukkan bahwa peserta memiliki leadership  skill dan confidence yang baik.

Membuat catatan mengenai ide atau solusi dari kasus yang di berikan

Pada saat FGD berlangsung, Anda dapat menulis poin-poin penting permasalahan yang ada, di tambah ide dan solusimu terhadap masalah yang sedang di hadapi.

Semakin kreatif dan relevan ide dan solusi yang Anda berikan, makan pengawas akan memberimu nilai lebih.

Penyampaian ide dan solusi dalam diskusi

Usahakan proporsional dalam menyampaikan ide, penuh percaya diri namun tidak terlalu memaksa tapi tetap terlihat meyakinkan.

Jika ada tools seperti papan tulis akan sangat baik jika anda dapat memanfaatkannya untuk mempresentasikan ide Anda kepada peserta lain.

 Menyikapi perbedaan dengan bijak

Apabila Anda berbeda pendapat dengan peserta lainnya, sebaiknya Anda menyanggah pendapat tersebut dengan cara yang sopan.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang Focus Group Discussion (FGD).

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran umum Focus Group Discussion.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.