Profesi

Tugas dan Tanggung Jawab Human Resource Development di Perusahaan

Apa itu Human Resource Development? Human Resource Development (HRD) merupakan divisi Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan yang bertanggung jawab mengelola karyawan...

Written by Eling Widiatmoko · 2 min read >
tugas management trainee
tugas management trainee
Sumber Gambar : http://pmte.id/

Apa itu Human Resource Development?

Human Resource Development (HRD) merupakan divisi Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan yang bertanggung jawab mengelola karyawan dalam berbagai aspek.

Divisi ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan karyawan. Tentunya sebuah perusahaan pasti memiliki karyawan dengan berbagai macam karakter.

Peran HRD di sini adalah membantu perusahaan untuk mengembangkan potensi karyawan secara maksimal melalui berbagai cara, seperti misalnya melalui pelatihan karyawan dan pengembangan karier.

Human Resource Development bertanggung jawab menangani pengelolaan karyawan di dalam sebuah perusahaan.

Beberapa tanggung jawab di bawah wewenang HRD meliputi payroll, kompensasi serta tunjangan, perekrutan karyawan baru, perencanaan dan pengembangan SDM , pemberhentian kerja, kontrak kerja, sistem absensi, hingga career development.

Posisi ini merupakan pihak yang berhubungan secara langsung kepada seluruh pegawai baik yang telah, ataupun akan bekerja di sebuah perusahaan.

Tugas dan tanggung jawab Human Resource Development secara umum

Human Resource Development (HRD) adalah sebuah posisi yang tanggung jawab untuk mengatur semua yang berhubungan dengan SDM di sebuah perusahaan mulai dari persiapan dalam perekrutan karyawan hingga mengatur kontrak kerja.

Dalam perusahaan HRD memiliki fungsi untuk melakukan pemeliharaan, peningkatkan dan menganalisa setiap kinerja karyawan agar dapat bekerja dengan lebih baik serta menjaga komitmen karyawan agar tetap bersemangat dalam bekerja

Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab Human Resource Development didalam perusahaan:

Perencanaan sumber daya manusia

Seorang HRD sebelum membuka perekrutan karyawan baru tentunya harus mengetahui kebutuhan perusahaan di masa depan.

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan lalu membuka perekrutan dan seleksi karyawan baru.

Rekrutmen karyawan baru untuk posisi yang di butuhkan perusahaan

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan, kemudian tim HRD akan merekrut dan menyeleksi karyawan baru sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tim Human Resource Development bertanggung jawab dalam mencari kandidat potensial yang sesuai dengan kualifikasi untuk bisa ditempatkan dalam posisi yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Proses seleksi karyawan di awali dengan menerima surat lamaran kerja, melihat CV calon karyawan, psikotest, interview kerja dan focus group discussion (FGD).

HRD harus mengetahui dan mengenalisa apakah kandidat karyawan tersebut memiliki kompetensi untuk menjadi bagian dalam perusahaan.

Bagi seorang HRD, ada beberapa hal yang dapat jadi bahan pertimbangan untuk memilih calon karyawan yang baik.

Beberapa di antaranya adalah memahami kebutuhan perusahaan, hasil wawancara yang baik, serta pengalaman kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mengembangkan dan mengelola karyawan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang HRD memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam perusahaan.

HRD berperan langsung dalam membantu karyawan untuk mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan di masa depan.

Seorang HRD juga bertangggung jawab pada hal-hal yang berhubungan dengan absensi karyawan, perhitungan gaji, bonus dan tunjangan.

Baca juga : Mengenal KPI (key performance indicators) untuk mengukur kinerja karyawan

Kualifikasi berkarir posisi Human Resource Development (HRD)

semangat kerja
Sumber Gambar : http://wartaevent.com/

Jika melihat dari kriteria pada berbagai lowongan kerja, posisi HRD adalah lulusan S1 dan S2 manajemen SDM, psikologi dan hukum.

Namun, rata-rata perusahaan yang menerima seorang HRD dari jurusan Psikologi, baik lulusan S1 maupun S2.

Ini karena proses psikotes rekruitmen hanya bisa dilakukan karyawan dengan latar belakang pendidikan psikologi.

Sedangkan lulusan manajemen yang berkarir di bidang HRD akan lebih berfokus pada aspek-aspek administrasi dari HRD. Mulai dari absensi, pemeliharaan database, hingga payroll karyawan.

Sementara itu, untuk lulusan hukum akan berfokus pada aspek-aspek hukum yang ada pada kepegawaian seperti menyusun kontrak kerja karyawan dll.

Skill yang harus dimiliki Human Resource Development

Di dalam perusahaan staff Human Resource Development (HRD) adalah posisi yang sentral dan memiliki tanggung jawab yang besar terhadap sumber daya di dalam perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk berkarir di bidang HRD, tentu Anda harus  memiliki pengetahuan yang cukup mengenai ketenagakerjaan dan pengembangan karyawan.

Selain itu, Anda juga harus meningkatkan skills lainnya yang dibutuhkan oleh HRD yaitu:

Bagaimana? Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab staff HRD Apakah Anda merasa tertarik untuk berkarir di bidang HRD di sebuah perusahaan?

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang Human Resource Development (HRD).

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja di bidang Human Resource Development (HRD).

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.