Besarnya Manfaat Magang Kerja Walau Tidak Dibayar

0
50
apa itu magang
manfaat magang bagi mahasiswa – Sumber Gambar : rahasiabelajar.com

Jika Anda seorang mahasiswa tingkat akhir atau barus lulus kuliah, magang kerja bisa Anda jadikan sebagai satu langkah awal untuk membentuk karir Anda yang lebih cemerlang.

Anda jangan pernah merasa ragu untuk mengambil program magang kerja walaupun tidak mendapatkan bayaran layaknya seorang karyawan, sebab dengan Anda mengikuti program ini Anda akan mendapatkan banyak manfaat.

Di artikel ini penulis akan berbagi informasi tentang manfaat magang bagi mahasiswa. Berikut ulasannya:

1. Menambah Pengalaman Bekerja

manfaat magang bagi mahasiswa
Sumber Gambar : myrobin.id

Untuk saat ini, mencari pekerjaan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, apalagi tanpa adanya pengalaman yang mendukung.

Maka Anda bisa menjadikan program magang sebagai satu peluang bagi Anda untuk membuka jalan karir.

Anda jangan pernah melihat seberapa besar uang yang akan Anda peroleh nantinya, namun hal yang harus Anda lihat yaitu pengalaman yang akan Anda dapatkan sehingga bisa membuat skill Anda semakin bertambah.

Bukan hanya itu, dengan magang Anda bisa akan lebih mudah menapaki dunia karir jika Anda memiliki banyak pengalaman dalam dunia kerja.

2. Belajar Beradaptasi di Lingkungan Kerja

perbedaan qc dan qa
Sumber Gambar : strapi.vksapp.com

Dengan Anda mengikuti program magang kerja, Anda akan belajar untuk beradaptasi dalam lingkungan kerja.

Baik itu dalam bentuk kerja sama dengan tim sampai nantinya Anda mampu untuk membuat satu solusi ketika tim Anda mendapatkan satu masalah.

Dan hal ini akan sangat memudahkan Anda dalam memulai langkah untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

3. Memperoleh Banyak Koneksi

Fgd adalah
Sumber Gambar : static.tildacdn.com

Dengan Anda mengikuti program magang kerja, akan sangat memudahkan Anda dalam menjalin hubungan dengan sejumlah orang penting.

Walaupun Anda tidak menghasilkan cukup uang tunai, namun magang kerja bisa Anda jadikan sebagai satu investasi di masa yang akan datang.

Bukan hanya itu, Anda juga akan memiliki banyak koneksi dalam membangun karir ke depannya.

4. Mendapat Informasi yang Berkualitas

FGD
Sumber Gambar : gochasecpa.com

Bukan hanya pengalaman yang akan Anda peroleh, pastinya Anda juga akan mendapatkan banyak informasi penting dari program magang tersebut.

Setidaknya Anda bisa mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan selama magang ini memang pekerjaan yang Anda sukai atau malah pekerjaan yang tidak Anda sukai.

Jika tidak, maka Anda bisa mencari serta menggali lebih dalam lagi informasi dari beberapa orang yang telah memiliki pengalaman ketika menjalankan magang kerja.

5. Punya Mentor

manfaat magang bagi mahasiswa
Sumber Gambar : www.4u-at-work.de

Ketika Anda mengikuti program magang kerja, maka hal ini akan mempertemukan Anda langsung dengan orang-orang yang pastinya telah profesional.

Dan pastinya Anda bisa belajar banyak dari pengalaman yang mereka dapatkan serta memiliki mentor yang baik yang nantinya akan membantu Anda dalam menjalankan karir.

6. Pelajaran Berharga

manfaat magang bagi mahasiswa
Sumber Gambar : cdn.lynda.com

Bukan hanya pengalaman baru yang akan Anda peroleh dari program magang kerja, akan tetapi program ini juga akan memberikan pelajaran yang sangat berharga dalam hidup Anda.

Agar program ini dapat bermanfaat bagi Anda, maka Anda harus menghindari memilih perusahaan yang hanya mempekerjakan Anda sebagai pembuat kopi ataupun beberapa bentuk tugas kasar yang lainnya.

Mungkin ada beberapa perusahaan yang tidak akan memberikan bayaran kepada orang yang menjalankan program magang kerja, namun setidaknya Anda harus mendapatkan pekerjaan yang berguna bagi diri Anda sendiri serta untuk masa depan Anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai manfaat magang bagi mahasiswa. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan mengundurkan diri dari pekerjaan.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here