10 Langkah Sederhana Berpikir Positif yang Terbukti Efektif untuk Hidup yang Lebih Baik

0
102
berfikir positif
Sumber Gambar : http://file.phew.tw/

Cara berpikir positif – Dalam hidup ini, akan selalu ada hal positif dan negatif. Ketika hal negatif datang dalam hidup, bukan berarti pikiran Anda juga harus negatif.

Sebagai manusia bijak, alangkah baiknya jika Anda selalu berpikir positif. Memang tidak mudah, namun ada cara berpikir positif yang harus mulai Anda biasakan.

Dengan selalu berpikir positif, maka hal tersebut nantinya juga akan memberikan pengaruh positif bagi hidup Anda.

Pada dasarnya sebagian besar hal yang terjadi dalam hidup keseharian, dipengaruhi oleh pikiran Anda sendiri. Maka, perbanyaknya berpikir positif untuk hidup yang lebih baik.

Bermacam Cara Berpikir Positif dalam Hidup

berfikir positif
berfikir positif

Setiap orang punya hak untuk berpikir dengan kondisi apapun. Namun, berpikir positif adalah pilihan terbaik untuk menciptakan lingkungan hidup yang positif pula.

Banyak orang merasa susah untuk selalu berpikir positif, akibatnya tidak ada perubahan baik dalam hidupnya.

Karenanya di bawah ini ada beberapa macam cara yang bisa Anda terapkan, untuk memulai berpikir positif dalam hidup Anda. Di antaranya adalah:

1. Biasakan Tersenyum

Sadar atau tidak, tersenyum adalah hal sederhana yang bisa membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Anda bisa mencoba tersenyum pada setiap pagi untuk diri Anda sendiri. dengan begitu, energi positif pun bisa mengalir dalam diri Anda.

Saat Anda tersenyum, secara tidak langsung Anda juga mengajak orang lain tersenyum. Orang akan tersenyum balik saat Anda tersenyum padanya.

Energi positif pun bisa didapatkan juga oleh orang-orang di sekitar Anda. maka selanjutnya, hanya ada hal-hal positiflah yang akan menemani hari-hari Anda.

2. Berdialog Positif pada Diri Sendiri

Mungkin ada banyak sekali orang yang selalu merasa minder dengan kemampuan atau bahkan dengan kondisinya saat ini.

Saat hal itu terjadi, seringkali orang akan berkata hal-hal negatif untuk merendahkan dirinya sendiri.

Diri Anda bisa memberikan feedback atau balasan terhadap apa yang dikatakan padanya. Karenanya, mulailah membiasakan mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri.

Jika pun ada hal buruk terjadi, maka jangan menyalahkan diri. Cukup ucapkan kata-kata penguat positif.

3. Selalu Bersyukur

Ingatlah selalu untuk selalu bersyukur terhadap setiap fase dalam hidup Anda. Percayalah bahwa ada banyak sekali orang yang kondisinya jauh lebih buruk daripada Anda.

Bersyukur adalah cara terbaik untuk memberikan efek positif pada diri dan pikiran.

Namun perlu Anda perhatikan, melihat kondisi orang yang jauh lebih buruk bukan berarti menjadi ajang untuk berbahagia di atas penderitaan orang lain.

Kondisi orang tersebut hanya sebagai pengingat untuk Anda tetap bersyukur pada situasi dalam hidup.

Saat Anda pandai bersyukur, maka hidup ini akan terasa lebih mudah tanpa beban pikiran. Cara bersyukur juga ada bermacam caranya.

Dengan Anda mempergunakan waktu luang untuk jadi produktif, hal itu juga adalah bentuk dari rasa syukur.

4. Belajar Mengambil Hikmah

Setiap hal yang terjadi dalam hidup ini, sudah ditetapkan oleh Tuhan. Setiap apa yang terjadi, pasti ada hikmah atau pelajaran yang bisa diambil.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba belajar untuk selalu melihat keadaan dari sudut pandang yang lebih luas.

Dengan melihat setiap permasalahan dari sudut pandang lebih luas, maka Anda akan lebih mudah menemukan hikmah di balik semua kejadian yang tidak diinginkan.

Ini akan membantu Anda menjadi orang yang mudah berpikir positif pada hidup.

5. Mencari Sumber Hiburan untuk Tertawa

Banyak yang membuktikan bahwa tertawa bisa menjadi solusi untuk meringankan beban stress.

Dengan tertawa maka tekanan dalam pikiran dan hati, bisa berkurang secara bertahap. Pahami kondisi seperti apa yang bisa membuat diri Anda tertawa.

Anda bisa mencoba mencari sumber seperti menonton film lucu, membaca komik, atau berbincang dengan teman yang humoris.

Saat depresi atau stress sudah berkurang karena tertawa, maka secara otomatis pikiran akan mengatur diri Anda agar selalu positif.

6. Selalu Optimis

Prasangka yang baik akan selalu membawa Anda dalam kebaikan. Sebaliknya, prasangka yang buruk juga akan cenderung membawa Anda pada hal-hal yang buruk. Dalam hal apapun, usahakan untuk selalu optimis.

Dengan sikap optimis, maka kepercayaan diri akan muncul dengan sendirinya. Saat sinyal-sinyal optimis tersebut sudah tertanam, maka segala proses hidup akan lebih mudah untuk dijalani. Namun, tetap ingat batasan dalam optimisme.

Ada kalanya seseorang terlalu optimis, hal ini menjadikannya berada dalam harapan yang sangat tinggi dan kepercayaan diri yang sangat tinggi.

Jika takdir berkata lain, maka yang ada hanyalah rasa kecewa dan malu. Optimislah dengan kadar yang wajar.

7. Biasakan Berbuat Baik Pada Siapapun

Menjadi orang yang jahat tidak akan berdampak baik apapun pada diri Anda. Sebaliknya, orang yang selalu berbuat baik, akan mendapatkan balasan baik pula dari orang lain.

Maka sama sekali tidak ada kerugian saat seseorang menjadi baik kepada siapa saja.

Jikapun Anda tidak mendapatkan balasan kebaikan dari orang lain, maka percayalah bahwa semesta akan memberikan Anda kebaikan yang lebih.

8. Jangan Mendramatisir

Kondisi mendramatisir adalah kondisi yang mana Anda merasa terlalu terpuruk karena keadaan.

Mendramatisir keadaan justru akan membuat kondisi pikiran Anda semakin kacau. Berpikirlah bahwa yang sudah terjadi adalah kenyataan.

Hanya Andalah yang bisa merubah musibah tersebut menjadi hal yang membawa kebaikan.

Dengan tetap menjalankan hidup dengan baik, maka kondisi Anda pun tidak akan menjadi lebih terpuruk. Selalu ingatlah bahwa roda kehidupan akan selalu berputar.

9. Bergaul dengan Orang Positif

Ada istilah yang mengatakan bahwa saat Anda bergaul dengan penjual parfum, maka Anda pun akan terkena aroma wanginya. Hal ini juga berlaku untuk pergaulan.

Semakin sering Anda bergaul dengan orang-orang yang baik, maka semakin mudah membiasakan berpikir positif.

Orang-orang positif yang dimaksud di sini adalah orang-orang yang selalu melihat dunia ini, dengan pikiran terbuka dan orang-orang yang punya kesuksesan dalam bidangnya.

Percayalah, bergaul dengan orang-orang positif tidak akan ada ruginya. Justru Andalah yang akan beruntung.

10. Mengingat Kebaikan Orang Lain

Cara ini berlaku jika Anda ditimpa masalah dengan teman. Masih banyak sekali orang yang berpikir negatif saat mereka memiliki masalah dengan temannya.

Hal ini memicu dendam yang tidak berkesudahan. Selain hubungan sosial, bahkan kesehatan Anda pun bisa saja terganggu.

Maka yang perlu Anda lakukan saat terjadi masalah dengan teman adalah, dengan mengingat semua kebaikan yang selama ini pernah ia lakukan untuk Anda.

Dengan mengingat semua kebaikannya, maka hati Anda juga akan terpengaruh untuk lebih mudah memaafkannya.

Hati yang mudah memaafkan juga adalah salah satu cara untuk membangun pikiran positif dalam hidup.

Pada dasarnya, pikiran positif atau negatif muncul dalam diri Anda sendiri. Jika bukan Anda yang memulainya, lantas siapa lagi?

Percayalah bahwa setiap hal yang baik akan selalu membawa hal yang baik pula. Beragam cara berpikir positif di atas bisa mulai Anda terapkan dalam kehidupan Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan berguna buat Anda dan jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here