Strategi Sukses Berbisnis Melalui Sosial Media

0
51
sosial media marketing
cara memasarkan produk melalui media sosial. Sumber Gambar : www.webarq.com

Cara memasarkan produk melalui media sosial – Sosial media marketing merupakan kegiatan pemasaran berbasis digital dengan memanfaatkan platform sosial media, situs website, dan e-commerce untuk mempromosikan suatu produk.

Baik itu barang maupun jasa, dengan menggunakan cara-cara berbayar dan juga tidak berbayar.

Di era digital sekarang, pemasaran melalui sosial media adalah salah satu jenis marketing yang paling banyak digunakan.

Selain mudah, pemasaran berbasis situs sosial media dianggap lebih efektif karena memiliki jangkauan lebih luas. Jadi, besar kemungkinan produk akan terjual.

Apa itu Sosial Media Marketing?

Secara sederhana, SMM adalah kegiatan memasarkan produk berbasis teknologi digital dengan menjadikan platform media sosial sebagai alat mempromosikan produk, maupun layanan secara organik maupun berbayar. Jadi, pengguna dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Platform sosial media bukan hanya memungkinkan pelaku usaha untuk berinteraksi secara lebih intens dengan pelanggan.

Namun, juga menginformasikan peluncuran produk baru, menyelesaikan keluhan, mendapatkan umpan balik, hingga membangun komunitas lebih besar.

Tidak mengherankan apabila memasarkan produk di jejaring sosial media begitu diminati oleh para pemilik usaha.

Bahkan, mayoritas brand kelas atas atas juga memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh sosial media untuk mempromosikan brand atau layanannya secara berbayar.

Pemasaran sosial media sendiri melibatkan berbagai aktivitas, seperti di bawah ini:

  • Membangun komunitas melalui jejaring sosial
  • Mengkampanyekan betap pentingnya kesadaran merek
  • Menggunakan konten kreatif untuk menggaet pelanggan potensial
  • Mengarahkan lalu lintas ke situs website

Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

manfaat promosi di media sosial
Sumber Gambar : www.redcomm.co.id

Riset membuktikan bahwa ada lebih dari 3,2 miliar orang di seluruh dunia yang menjadi pengguna aktif media sosial.

Hal ini menjadi bukti tidak terbantahkan bahwa media sosial memang sangat populer dan digandrungi masyarakat. Jadi, sangat potensial dijadikan tempat membangun bisnis.

Di bawah ini adalah beberapa poin penting mengenai pentingnya sosial media dalam mengembangkan usaha di era digital:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dengan mengupload produk di media sosial secara berkala, maka akan membuat produk Anda menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

Meskipun pada awalnya tidak mendapatkan respon dari publik, namun masyarakat perlahan-lahan akan mulai melirik produk Anda.

2. Melihat Feedback dari Strategi Pemasaran yang Diimplementasikan

Feedback atau tanggapan publik merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari penggunaan sosial media.

Setelah brand Anda mulai dikenal dan diakui oleh masyarakat, maka otomatis produk bakalan menjadi topik pembicaraan di kalangan pengguna sosmed.

3. Membaca Kompetitor

Hampir semua perusahaan menjadikan sosial media sebagai tempat memasarkan produknya.

Hal ini menjadi poin penting bagi pemilik usaha karena akan lebih mudah dalam mempelajari gerak gerik dan strategi yang diterapkan oleh pesaing atau kompetitor.

Strategi Promosi Melalui Sosial Media

sosial media marketer
Sumber Gambar : img.jakpost.net

Tidak sedikit pelaku usaha yang telah membuktikan efektivitas berbisnis menggunakan platform media sosial.

Meskipun begitu, semakin ketatnya persaingan tentu memaksa para pebisnis untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sosial media marketing.

Di bawah ini adalah beberapa strategi ampuh sukses berjualan di sosial media yang dapat dijadikan bahan referensi:

1. Menjalankan Audit Media Sosial

Sebelum menyusun rencana dan menetapkan tujuan dalam pemasaran sosial media, maka tidak ada salahnya kalau melakukan analisis mengenai penyebab kesuksesan bisnis di masa sebelumnya. Anda bisa mulai mengunjungi bagian analitik atau wawasan di akun sosmed.

Setelah itu, amati karakteristik demografis audiens, jenis konten yang banyak dilirik, lokasi, dan sebagainya.

Jangan lupa pula mengunjungi sumber lalu lintas rujukan Google untuk mengetahui platform mana yang paling potensial untuk menjaring konsumen.

2. Menentukan Platform yang Akan Digunakan

Seperti diketahui, bahwa setiap platform sosial media mempunyai fitur dan keunggulannya masing-masing.

Hal tersebut memiliki dampak besar pada penyajian konten dari produk maupun layanan yang nantinya akan diperkenalkan kepada masyarakat luas.

Contoh mudahnya adalah, Anda ingin menjual produk di Instagram, maka Anda harus bermain dengan tampilan visual, baik foto maupun video dengan konsep keren, dan kekinian. Hal tersebut dikarenakan mayoritas pengguna IG adalah kaum milenial.

3. Mempelajari Target Audiens

Supaya sukses memasarkan produk di media sosial, maka Anda harus bisa menentukan persona Adiens.

Dimana hal ini erat kaitannya dengan memahami pola pikir dan selera konsumen. Dengan begitu, maka bisa dijadikan tolak ukur dengan produk yang akan dijual.

Selain itu, memetakan selera audiens juga akan mempermudah Anda dalam menentukan topik konten pemasaran di media sosial.

Meskipun tampaknya sangat sepele, namun konten menarik sesuai selera konsumen akan memberikan dampak besar bagi bisnis.

4. Menciptakan Konten Menarik

Tidak dapat dipungkiri kalau konten menarik terbukti efektif dalam meningkatkan sharing and engagement.

Kualitas konten bisa menjadi penggerak seseorang untuk menggunakan dan membeli produk tertentu. Oleh sebab itu, konten harus dikemas dengan seunik mungkin.

5. Membuat Jadwal Posting

Strategi sosial media marketing ampuh selanjutnya adalah dengan membuat jadwal posting dalam menjual produk. Khususnya dengan memprediksi waktu naiknya traffic di sosial media atau ketika orang-orang menggunakan sosmednya.

6. Mempertimbangkan Menggunakan Iklan Berbayar

Seiring perkembangan zaman, jangkauan organik di sebagian besar platform media sosial semakin berkurang dan terbilang kurang optimal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau mulai mempertimbangkan Ads/Iklan berbayar untuk menaikkan traffic.

Opsi Platform Sosial Media Terbaik 2021

media sosial
Sumber Gambar : www.technicon.com.

Berencana memasarkan produk melalui berbagai platform media sosial tapi bingung menentukan pilihan karena terbatasnya waktu, tenaga, dan biaya?

Di bawah ini adalah beberapa platform yang paling banyak digunakan oleh publik dan bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Facebook

Platform besutan Mark Zuckerberg ini adalah salah satu media sosial paling banyak digunakan oleh publik, termasuk Indonesia. Sebagai dukungan terhadap kegiatan pemasaran, Facebook telah membekali diri dengan berbagai fitur marketing canggih.

2. Twitter

Pada tahun 2019 lalu, pengguna aktif di Twitter mencapai hingga 321 juta orang per bulan. Dari segi bisnis, besarnya jumlah pengguna menjadi nilai plus bagi pelaku bisnis, karena itu artinya akan semakin tinggi target sasaran konsumen yang bisa diraih.

3. Instagram

Pengguna platform media sosial berbasis tampilan visual ini memang meningkat drastis pada beberapa tahun terakhir. Terlebih setelah IG meluncurkan fitur video vertikal yang memungkinkan pengguna berbagi video berdurasi lebih dari 1 menit.

4. YouTube

Platform berbagi video online merupakan salah satu pilihan terbaik untuk memasarkan produk, khususnya dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar. Dimana Anda bisa membuat layanan maupun produk Anda terus eksis di berbagai channel YouTube potensial.

5. Pinterest

Di Pinterest, Anda dapat membuat akun khusus bisnis untuk menjalankan iklan guna menjangkau audiens yang menjadi target. Platform visual kreatif ini bagus dijadikan lahan untuk menggelar lapak penjualan produk Anda, baik itu skala nasional hingga internasional.

Mengoptimalkan penggunaan sosial media marketing dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan bisnis yang dijalankan.

Pasalnya, selain memiliki manfaat sebagai meningkatkan penghasilan, sosial media juga merupakan tempat yang tepat untuk mempertahankan pelanggan.

Demikian penjelasan singkat tentang cara memasarkan produk melalui media sosial.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui media sosial.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here