4 Jenis Kepribadian Karyawan yang Harus Dipahami Seorang Pimpinan

0
150
memahami kepribadian karyawan
Sumber Gambar : wavetronenterprise.com

Psikologi Kepribadian – Di balik keberhasilan sebuah perusahaan, pasti ada seorang pemimpin yang hebat.

Pemimpin adalah seorang visioner yang dituntut untuk mengarahkan anggotanya agar perusahaan mereka dapat terus eksis.

Menurut pakar psikologi manejemen bisnis, memahami psikologi kepribadian karyawan dalam sebuah perusahaan merupakan kunci sukses sebuah kepemimpinan.

Dalam sebuah perusahaan selalu terdapat banyak karyawan dengan beragam kepribadian.

Diantara kepribadian tersebut adakalanya saling bertolak belakang dan bisa pula saling mendukung.

Dengan demikian penting bagi para pimpinan atau manajer untuk mengetahui psikologi kepribadian karyawannya.

Jenis-Jenis Kepribadian yang Dimiliki Karyawan.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik seorang pemimpin di tuntut untuk dapat memahami psikologi dan kepribadian karyawannya.

Pemimpin harus mampu menganalisa gaya kepribadian, produktivitas, kualitas kinerja. Berikut akan di jelaskan beberapa jenis kepribadian yang berpotensi dimiliki oleh karyawan.

1. Kepribadian Dependent

Salah satu tanda karyawan dengan kepribadian dependent adalah ia  sangat bergantung pada orang lain.

Karyawan yang satu ini selalu membutuhkan arahan dan bimbingan dari orang lain. Dalam menyelesaikan pekerjaanya ia akan selalu bertanya dan meminta arahan.

Sayangnya karyawan dengan kepribadian dependent bukanlah tipe pribadi yang mandiri.

Mereka lebih menyukai pekerjaan yang memiliki petunjuk-petunjuk yang jelas. Mereka cenderung memiliki rasa cemas dan takut yang berlebihan, khususnya ketika pekerjaan mereka ditolak atau tidak disukai oleh atasannya.

Karyawan dengan tipe kepribadian dependent cenderung lebih mudah stress. karyawan dengan kepribadian ini biasanya akan loyal, mereka mudah sekali untuk dimotivasi.

Setia dan terpercaya adalah dua kelebihan dari  karyawan dengan tipe kepribadian dependent.

2. Kepribadian Avoidiant.

Karyawan dengan tipe kepribadian ini mempunyai beberapa tanda khusus. Ia tidak pandai bersosial dengan lingkungan kerjanya.

Dalam hubungan sosial, mereka lebih memilih untuk menyendiri dibandingkan mencoba menjalin hubungan dengan orang lain. Jenis kepribadian ini bisa dikatakan fobia sosial.

Pemilik kepribadian avoidiant sangat sensitif terhadap masukan dan kritiakan yang ditujukan kepada dirinya, sehingga ia cenderung menghindari aktivitas sosial.

Seseorang dengan kepribadian avodiant tidak tepat untuk menjadi pemimpin. Karena mereka cenderung mudah untuk dimanipulasi dan di  intimidasi oleh pihak lain.

Bidang yang cocok untuk pemilik kepribadian avodiant antara lain administrasi, akuntansi, teknik komputer, dan programmer.

3. Borderline Personality

Tipe karyawan kepribadian borderline personality cenderung emosinya tidak stabil, terlalu emosional, impulsif, dan irasional.

Karyawan dengan tipe kepribadian ini sebaiknya dihindari. Karyawan ini berpotensi untuk merusak tatanan yang telah ada.

Ia akan menunjukkan kemarahanya apabila orang-orang sekitar tidak sepaham dengannya.

karyawan dengan kepribadian borderline personality cenderung mudah depresi. Kelebihan yang dimiliki pemilik kepribadian borderline personality adalah  memiliki sifat optimis dan percaya diri.

Tapi mereka sulit sekali untuk di  analisis. Pemilik kepribadian borderline personality dapat dijadikan aset perusahaan jika diberi arahan yang benar.

Mereka akan bekerja secara profesional dan mereka akan memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan.

4. Kepribadian Histerik

Tipe kepriadian histerik memiliki ciri-ciri mudah senang dan memiliki antusiasme yang tinggi.

Seseorang yang memiliki kepribadian yang satu ini cocok untuk menjadi pemimpin. Dalam mengambil keputusan merekan lebih menggunakan intuisinya.

Mereka yang memiliki tipe kepribadian histerik cenderung menyukai keramaian. karyawan dengan kepribadian ini dapat membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih bersemangat. Sisi lainnya emosi mereka dapat berubah dengan sangat cepat.

Karena mereka lebih mengandalkan intuisi, perasaan, dan emosi, mood mereka dapat berubah dengan drastis hanya karena suatu hal yang mungkin sepele.

Pemilik kepribadian histerik dapat dijadikan aset perusahaan jika diberi arahan yang benar.

Kepribadian histerik identik dengan pribadi yang energik, kreatif, dan sangat antusias. Anda dapat memanfaatkan kekuatan-kekuatan ini.

Beberapa jenis psikologi kepribadian karyawan di atas bisa saja adalah karyawan-karyawan di perusahaan yang Anda pimpin.

Semua karyawan dengan tipe kepribadian di atas bisa menjadi karyawan terbaik jika Anda berhasil mengoptimalkan kekuatan-kekuatan mereka. Sangat besar kemungkinan mereka akan menjadi aset perusahaan Anda.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here