8 Tugas Penting Staff Administrasi di Dalam Perusahaan

0
1218
tugas admin kantor
Sumber Gambar : amazonaws.com

Tugas administrasi sangat luas intinya memastikan segala kegiatan yang bersifat administratif kantor agar berjalan dengan baik dan lancar.

Banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja tugas seorang petugas admin kantor. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tugas seorang admin.

1. Membuat Agenda Kantor.

Staff admin perkantoran memiliki tugas untuk membuat agenda kantor, Hal ini merupakan salah satu tugas administrasi yang paling penting.

Bagian administrasi Perkantoran wajib menyiapkan agenda untuk kegiatan-kegiatan kantor. Contohnya menjadwal meeting dengan pihak luar, menyiapkan pertemuan dengan klien, dan lain sebagainya.

2. Pembuatan Surat.

Tugas seorang Staff Administrasi yang selanjutnya adalah membuatan surat untuk keperluan kantor.

Surat yang dibuat bagian administrasi pada umumnya bersifat resmi. Contohnya surat domisili, surat perintah kerja, surat perpanjangan kontrak, surat pembelian, surat penjualan dan beberapa surat lainya.

3. Mengelola Dokumen Perusahaan.

Tugas administrasi juga meliputi pengelolaan dokumen. Dokumen yang dimaksud adalah dokumen-dokumen penting perusahaan, baik laporan keuangan, catatan harian, notulensi rapat, dan lain-lain.

Dalam menjalankan tugas ini, seorang pegawai administrasi harus memiliki skill perkantoran secara umum. Pekerjaan ini membutuhkan fokus dan kesabaran yang besar.

4. Melakukan Entri Data.

Tugas admin berikutnya adalah melakukan entri data perusahaan. Menginput dan mengolah data merupakan tugas admin perkantoran yang paling utama.

Data yang diinput adalah data-data penting perusahaan. Mulai dari data transaksi dari klien, data-data konsumen, dan sebagainya. Administrasi perkantoran wajib memiliki ketelitian yang mendalam.

5. Melakukan Pengarsipan Data.

Pengarsipan data merupakan tugas utama bagian administrasi. Hal ini bertujuan agar data atau file tersimpan secara rapi dan terstruktur.

Arsip data bisa dibedakan menjadi dua yaitu, arsip data fisik atau elektronik. Arsip data fisik meliputi laporan, bukti transaksi, surat jalan, dan sebagainya. Sedangkan arsip digital atau elektronik disimpan dalam bentuk file di komputer.

6. Melakukan Perekapan Data.

Selain penginputan data dan pengarsipan data, admin juga bertugas melakukan perekapan data. Tugas yang satu ini adalah salah satu tugas umum administrasi dalam sebuah perusahaan.

Data-data yang sudah ada direkap kembali menjadi lebih ringkas dan tersimpan secara sistematis, sehingga menjadi lebih mudah untuk dicek ulang di kemudian hari. pekerjaan ini juga membutuhkan fokus dan kesabaran yang besar

7. Memesan Persediaan Kantor.

Staff administrasi juga memiliki taggung jawab untuk menyediakan perlengkapan kantor,seperti persediaan alat tulis kantor.

Pegawai administrasi melakukan pengadaan alat-alat tulis kantor sehingga selalu tercukupi kebutuhan karyawan lainnya tiap saat.

8. Menyiapkan Akomodasi Kunjungan Kerja.

Tugas admin lainnya adalah menyiapkan tiket dan akomodasi jika perusahaan akan melakukan kunjungan kerja ke luar kantor.

Bagian administrasi mempersiapkan kebutuhan perjalanan serta penginapan dan akomodasi lainnya.

Itulah tugas-tugas pekerja administrasi perkantoran. Setelah mengetahui tugas-tugas staff admin, apakah kamu tertarik menjadi staff administrasi?

Semoga informasi di atas tentang gambaran umum strategi pemasaran, dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang dunia gambaran kerja administrasi perusahaan.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here