Fresh Graduate : Potensi yang Tergali, Bukan Terbentuk

loker fresh graduate
fresh graduate adalah
fresh graduate Sumber Gambar : daftarprakerja.com

Hampir semua orang, termasuk Anda pernah mengalami masa di mana Anda kesulitan dalam mencari pekerjaan, terutama ketika Anda baru saja menyelesaikan masa pendidikan dan Anda menyandang gelar sebagai seorang fresh graduate.

Pada masa ini, Anda mengalami begitu banyak dilematik dalam mencari pekerjaan.

Yang paling sering menjadi permasalahan bagi seorang fresh graduate adalah sulitnya mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan latar belakang pendidikannya.

Umumnya, ketika seorang fresh graduate membuka iklan lowongan kerja di media massa ataupun online, ia hanya akan memilih lowongan pekerjaan yang diminati atau sesuai dengan ilmu yang ia pelajari saat masa pendidikannya berlangsung.

Fenomena seperti ini sudah menjadi sebuah tradisi baku yang turun temurun, dan jika Anda melihat realitanya dalam dunia kerja, tidak mungkin semua perusahaan dapat mempekerjakan para fresh graduate yang terus bertambah tiap tahunnya.

Di tengah keadaan dunia kerja yang penuh persaingan seperti ini, sebagai seorang fresh graduate, Anda harus mampu merubah paradigma dan pola pikir yang baku tanpa harus melunturkan idealisme.

Untuk itu, sebagai seorang fresh graduate, Anda perlu menyiasati keadaan ini, sebab jika tidak, Anda akan semakin sulit mendapatkan pekerjaan. Mulailah dari hal–hal yang kecil, seperti :

Kenali betul potensi, minat dan bakat Anda

Dalam dunia kerja, fresh graduated bisa diibaratkan seperti bayi yang baru saja lahir.

Hal ini di karenakan seorang fresh graduated  belum memiliki jam terbang dalam bidang pekerjaan profesional.

Untuk itu alangkah baiknya seorang fresh graduated untuk mengetahui potensi diri sehingga nantinya bisa tepat dalam memilih karier dan menggali skill untuk persiapan memasuki dunia kerja.

Memilih karir menjadi pegawai di suatu perusahaan atau instansi teman – teman harus tahu latar belakang perusahaan dan berbagai tahapan proses recruitment.

Lalu kembali berkaca pada potensi diri seperti kemampuan serta pengalaman organisasi yang pernah diikuti.

Pilihlah perusahaan serta kualifikasi yang sesuai dengan kemampuan dan potensi diri.

Kenali betul–betul potensi, minat dan bakat Anda. Perlu Anda ingat, tidak semua manajer HRD (Human Resources Development) itu memiliki gelar sarjana psikologi.

Kuasai ilmu yang telah di pelajari

Coba gali lebih dalam mengenai pemahaman Anda terhadap bidang atau ilmu yang Anda pelajari selama ini.

Lakukan observasi, sejauh mana Anda menguasai ilmu yang telah Anda pelajari semasa pendidikan dulu.

Apakah Anda mampu menerapkannya secara optimal dalam kehidupan Anda sehari–hari?

Hubungan antara ilmu yang sedang di pelajari dengan minat dan bakat

Pelajari betul–betul, adakah hubungan atau korelasi yang positif antara ilmu yang Anda pelajari dengan minat dan bakat Anda.

Lihat pada realitanya, cukup banyak orang memiliki kemampuan eksak yang tinggi namun lebih memilih mendalami dan bekerja di bidang seni.

Buka wawasan dan gali kreatifitas Anda

Cobalah untuk terbuka terhadap hal–hal baru di luar bidang yang Anda geluti.

Ingat, seorang manajer keuangan yang hebat bukan hanya sekedar mampu menghitung pembukuan dan neraca saja.

Dia juga harus mampu menghitung perkiraan dan memprediksi kerugian serta keuntungan perusahaan tempat ia bekerja di masa mendatang.

Sangat penting bagi Anda, para fresh graduate untuk terbuka dan berani mencoba hal baru yang memiliki nilai positif, karena dengan begitu Anda akan mampu menghadapi persaingan serta dapat mengatasi masalah dalam setiap pekerjaan Anda.

Dan jangan pernah terjebak oleh banyaknya persepsi baku yang berkembang di masyarakat pada umumnya yang hanya akan membentuk tapi tidak menggali kemampuan Anda.

Pekerjaan di bidang apapun pasti ada tantangan yang harus dihadapi yang kadang situasinya di luar perkiraan.

Di tengah berbagai macam tantangan yang ada, setiap individu harus percaya dengan kemampuan terbaiknya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara gara fresgraduate cepat mendapatkan pekerjaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin berkarir sebagai seorang pegawai di perusahaan atau instansi.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *