Trik Membuat CV Menarik Perhatian HRD Tanpa Pengalaman Kerja

0
213
cv tanpa pengalaman kerja
cv tanpa pengalaman kerja – sukses wawancara

Membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja yang baik dan menarik bukan lagi hal yang sulit.

Di internet kini sudah banyak contoh-contoh daftar riwayat hidup yang bisa kamu lihat dengan berbagai macam jenis dan format yang menarik.

Namun kebutuhan pada setiap orang dalam penulisan daftar riwayat hidup yang harus dipersiapkan tentu berbeda-beda karena penulisan daftar riwayat hidup ini tertulis berdasarkan apa yang kita miliki.

Bagi kamu yang telah memiliki pengalaman kerja bisa Kamu cantumkan di CV.

Nah, bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja, jangan khawatir untuk takut bersaing dengan pelamar lain karena belum memiliki pengalaman mengenai dunia kerja.

Sebenarnya poin pengalaman kerja ini tidak begitu besar mempengaruhi pada ketertarikan setiap perusahaan untuk seorang pelamar.

Namun, ada sebagian perusahaan ada yang mendominankan mengenai hal ini karena beberapa alasan lain.

Meski belum mempunyai pengalaman kerja, tetapi hal tersebut bisa kita gantikan dengan poin lain yang bisa membuat daftar riwayat hidup ini lebih menarik tanpa pengalaman kerja.

Bagaimana Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Beberapa poin dibawah ini bisa kamu manfaatkan untuk menarik perhatian pihak perusahaan sebagai ganti dari pengalaman kerja yang belum kamu miliki sampai saat ini.

Kelebihan atau Potensi Diri yang Dimiliki

Kelebihan apa yang ada pada diri kamu untuk pekerjaan tersebut bisa menjadi kekutan lebih menonjol dibandingkan pengalaman kerja.

Mengapa ? Kemampuan atau potensi yang baik inilah yang dicari perusahaan pada setiap pelamar, nilai pengalaman kerja tidak lebih baik dari potensi.

Namun ingat, bukan keseluruhan kemapuan diri yang kamu miliki harus tertulis dalam daftar riwayat hidup.

Tetapi kemampuan yang ternilai baik itu adalah kemampuan atau potensi diri yang dimiliki relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Contohnya apabila kamu melamar kerja sebagai marketing maka sebutkan kemampuan kamu bahwa kamu bisa mempromosikan produk perusahaan dengan baik dengan cara kelihaian kamu dalam merayu konsumen.

Latar Belakang Pendidikan Dan Pelatihan

Perusahaan akan melihat latar belakang pendidikan yang tentunya akan kamu tuliskan dalam daftar riwayat hidup ini.

Akan menjadi nilai plus apabila kamu lulusan dari sutau sekolah atau universitas yang terakreditas baik ditambah dengan kejuruan yang kamu miliki bersangkutan untuk pekerjaan tersebut.

Terlebih jika kamu pernah mengikuti suatu pelatihan atau kursus itu akan menjadi pandangan potensi yang baik bagi penyeleksi terhadap kamu.

Menuliskan Keaktifan Dalam Kegiatan yang Pernah Diikuti

Tuliskan pada datar riwayat hidup ini mengenai kegiatan yang pernah kamu ikuti baik di dalam sekolah atau diluar sekolah.

Seseorang yang aktif dalam suatu organisasi menjadi nilai khusus yang pihak perusahaan berikan terhadap pelamar.

Jadi jangan gengsi untuk mencantumkan suatu kegiatan positif yang penah kamu ikuti.
Pengalaman Magang

Khusunya bagi kamu yang lulusan dari sekolah menengah kejuruan, kegiatan parktek lapangan kerja atau disebut juga dengan magang ini tentunya pernahkamu ikuti.

Inilah yang membedakan sekolah kejuruan dimana syarat kelulusa seorangsisiwa harus melakukan praktek kerja lapangan industri.

Kegiatan yang penting dan snagat baik karena ini bisa menjadi pengalaman kerja yang kamu miliki sewaktu sekolah, pengalaman ini bisa kamu tuliskan pada poin pengalaman kerja.

Itulah trik membuat daftar riwayat hidup tanpa pengalaman kerja.

Perusahaan akan tetap tertarik jika kamu memiliki poin yang tertulis diatas meskipun belum ada pengalaman kerja yang kamu miliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here