Tugas Teller Bank yang Wajib Kamu Ketahui Jika Ingin Berkarir di Dunia Perbankan

0
73
staff perbankkan
Sumber Gambar : mmc.tirto.id

Tugas teller bank – Sahabat SeputarKarir, pasti ada di antara kalian yang tertarik untuk berkarir di dunia perbankan.

Tidak mengherankan jika profesi ini banyak peminatnya, karena menjadi karyawan di perusahaan perbankan tidak hanya terlihat gengsi. Kerja di bank juga menjanjikan gaji yang tinggi dan aneka fasilitas tercukupi.

Buat yang masih duduk di bangku kuliah, Anda bisa mempersiapkan dari sekarang mulai dari mencari informasi seputar proses rekrutmen, jobdesk dll.

Berdasarkan isu yang beredar, proses rekrutmen pegawai bank tergolong sulit, tetapi jika Anda mempersiapkan sejak dini kesempatan untuk lolos seleksi pegawai bank akan lebih besar.

kali ini SeputarKarir ingin berbagi informasi kepada Anda tentang fungsi dan beberapa tugas dari pegawai bank khususnya posis teller. Agar nantinya jika Anda ingin bekerja di posisi teller bank bisa sedikit lebih tahu.

Pengertian teller bank

Teller bank adalah salah satu profesi di dunia perbankan yang pekerjaan sehari-harinya melayani nasabah dalam melakukan transaksi keuangan.

Karena selalu bertemu dengan nasabah setiap hari dalam hal bertransaksi, maka penampilan, sifat dan sikap yang baik menjadi hal pokok yang harus dimiliki seorang teller bank.

Seorang teller juga harus pandai berkomunikasi agar apa yang dibutuhkan nasabah bisa diproses sesuai prosedur.

Jenis-jenis teller

Berikut adalah jenis-jenis dari teller:

  • Individual Account Teller. Teller jenis ini adalah teller yang hanya melakukan pembayaran dan menerima setoran dari pelanggan individu.
  • Foreign Exchange Teller. Teller yang hanya melakukan pembayaran dan menerima setoran tunai dalam mata uang asing.
  • Express Teller. Adalah teller yang hanya melaksanakan pembayaran tunai di bawah nilai nominal tertentu. Dalam hal ini, rekening giro pelanggan secara otomatis dianggap cukup untuk mencakup pertanyaan cek tersebut.
  • Special Teller. Teller yang hanya melaksanakan pembayaran dan penerimaan dari deposito dengan nilai nominal yang besar.
  • Mixed Transaction Teller. Teller yang melakukan semua jenis transaksi.
  • Local Currency Teller. Teller yang melakukan pembayaran dan menerima setoran tunai dalam mata uang negara setempat.
  • Non Cash Teller. Adalah teller yang hanya menerima pembayaran nontunai.
  • Corporate Teller. Adalah teller yang hanya melakukan pembayaran dan hanya menerima setoran dari nasabah perusahaan.

Fingsi dan tugas teller bank

Berdasar dari pemahaman teller di atas bahwa fungsi teller adalah untuk memberikan pelayanan perbankan kepada nasabah.

Fungsi teller menjadi sangat penting karena teller berhubungan langsung dengan nasabah setiap hari.

Secara umum tugas seorang teller bank adalah melayani pelanggan dalam hal transaksi keuangan.

Seorang teller harus memiliki ketelitian yang baik khususnya dalam menangani masalah keuangan.

Teller bank harus memastikan setiap transaksinya dilakukan dengan benar, jangan sampai teller salah melakukan transaksi dan berakibat pada kerugian nasabah. Untuk lebih detailnya berikut akan kami jelaskan tugas seorang teller bank.

  • Disiplin waktu. Seorang teller bank yang baik harus tiba tepat waktu pada saat masuk dan memastikan apakah perlengkapan kerjanya bisa berfungsi dengan normal (alat penghitung uang, alat cek uang palsu, hingga peralatan tulis menulis).
  • Bersikap ramah dan sopan. Jika sedang melayani nasabah teller haris bersikap ramah dan sopan. Ucapkan salam sebelum dan sesudah melayani nasabah dan selalu tersenyum di awal dan akhir pertemuan.
  • Berpenampilan Rapi. Selain bersikap ramah dan sopan teller juga harus menjaga penampilannya.
  • Jeli dan teliti. Teller harus menghitung uang nasabah melalui alat yang ada dan mengkonfirmasikan ke nasabah tentang jumlahnya. Jangan sampai ada kesalahan mencatat nominal, karena itu kesalahan fatal dan merugikan nasabah.
  • Setelah menyelesaikan proses transaksi teller wajib memberikan slip transaksi (setor / tarik tunai) ke nasabah dan pastikan sudah menandatanganinya sebagai bentuk pengesahan.
  • Rutin update transaksi di sistem komputer bank jika ada nasabah yang melakukan transaksi non tunai / tunai.
  • Teller bank juga harus melakukan update transaksi di sistem komputer bank jika ada nasabah yang melakukan transaksi non tunai / tunai.
  • Teller bank juga wajib bertanggung jawab atas kesesuaian terhadap aliran uang tunai yang ada di sistem dengan yang ada di terminalnya.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang fungsi dan tugas teller bank.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja seorang pegawai bank khususnya posisi teller.

Buat kamu yang baru saja lulus atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Anda harus tahu bahwa melakukan persiapan sebelum masuk dunia kerja itu sangatlah penting. Kenapa? Sebab Anda berada dalam persaingan ketat untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Oleh karenanya, Anda tidak bisa mengikuti seleksi karyawan hanya bermodalkan nekat semata.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here