Apa Itu Prokrastinasi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
10
Menunda pekerjaan
Apa itu Prokrastinasi – Sumber Gambar : educenter.id

Hampir setiap karyawan tentu pernah melakukan prokrastinasi khususnya dalam pekerjaan. Meskipun kebiasaan ini sering dipandang mengganggu produktivitas, lalu mengapa rata-rata karyawan cenderung masih tetap melakukan ini dan apa yang perlu dilakukan supaya prokrastinasi tidak memberikan dampak negatif untuk produktivitas dalam pekerjaan?

Apa itu Prokrastinasi

Banyak orang jika dikasih tugas atau pekerjaan, kerap kali menundanya. Entahlah karena dirasa kebanyakan atau terlampau susah.

Hal itu dinamakan prokrastinasi. Prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda-nunda pekerjaan hingga menit terakhir, atau bahkan juga melalui batasan waktu. Prokrastinasi cenderung menggambarkan perjuangan individu dengan kontrol dirinya.

Beberapa individu yang lakukan prokrastinasi sebetulnya sadar akan perbuatan dan resiko yang akan diakibatkan, tetapi mengubah rutinitas itu justru lebih berat dibandingkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.

Dalam kebanyakan kasus, prokrastinasi bukan tanda permasalahan yang serius. Ini ialah kecenderungan yang nyaris pernah dirasakan oleh semua orang di suatu titik.

Penyebab Kebiasaan Prokrastinasi

apa itu prokrastinasi
Sumber Gambar : static.honestdocs.id

Penyebab terjadinya juga bisa disebabkan beberapa macam alasan yakni :

  • Kurangnya motivasi.
  • Banyak Gangguan.
  • Kurangnya pengetahuan pada sesuatu tugas yang diberi.
  • Banyak masalah.

Sebetulnya apa yang dipikir oleh beberapa prokrastinator hingga mereka sering menunda-nunda pekerjaannya?

  • Merasa jika masih mempunyai waktu di kemudian hari.
  • Menunggu suasana hati yang bagus untuk menuntaskan pekerjaan.
  • Merasa jika saat yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu sedikit, maka bisa dikerjakan ketika telah dekati deadline.
  • Merasa jika hasil akhir akan lebih baik di saat mereka “ingin” mengerjakan pekerjaan itu.

Baca Juga : Cara Berpikir dan Bersikap Positif di Tempat Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas

Jenis-Jenis Prokrastinasi

Menunda-nunda pekerjaan tidak selamanya dipandang negatif. Menurut beberapa ilmuwan ada dua tipe prokrastinasi yakni.

  • Prokrastinasi pasif ialah tipe yang kerapkali kita jumpai. Tipe prokrastinasi ini terjadi saat kamu menunda suatu hal tapi tidak menukarnya dengan pekerjaan yang bermanfaat.
  • Prokrastinasi aktif ialah saat kamu mengetahui ada pekerjaan yang perlu kamu kerjakan tetapi kamu putuskan jika apa yang kamu kerjakan lebih bernilai dan akan terbayar hasilnya dalam periode panjang. Prokrastinator aktif cenderung menunda hal karena mereka bekerja dengan baik di bawah tekanan dan leibh terpacu saat tenggat waktu tiba. Prokrastinator aktif lebih percaya pada kekuatan mereka sendiri untuk sukses dibandingkan prokrastinator pasif.

Dari keterangan di atas bisa dilihat perbedaaan ke-2 nya ialah jika yang satu usai menuntaskan pekerjaan sementara lainnya masih tetap menundanya atau bahkan juga kerap tidak menyelesaikannya sama sekali.

Dampak Prokrastinasi di Tempat Kerja Pada Karier

dampak prokrastinasi
Sumber Gambar : medkomtek.com

kasus prokrastinasi sering terjadi pada kebanyakan karyawan yang mendapat tugas dengan deadline yang cukup lama.

Tidak sedikit dari mereka beranggapan jika mereka pasti bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik kalau sudah mendekati deadline.

Kenyataannya tidak, akibat terlalu lama menunda-nunda dan terus menunggu datangnya waktu yang tepat, sebagian karyawan justru tidak mengerjakan tugasnya dengan baik karena disertai perasaan terburu-buru.

Apa jadinya jika kita terlalu sering menunda-nunda pekerjaan? Tentu bukan hal baik yang akan di dapat. Ini dia beberapa akibat melakukan prokrastinasi.

1. Merusak reputasi

Di perusahaan, tentunya kamu mempunyai pekerjaan dan tanggung-jawab yang perlu diselesaikan secara baik dan on time.

Dengan menunda pekerjaan, kamu akan menghancurkan reputasimu sendiri, rekan kerja di kantor juga dapat kehilangan kepercayaan padamu.

Mitra atau atasanmu akan mulai tidak mempercayaimu dalam sebuah projek pekerjaan, karena mungkin mereka cemas jika kamu akan melakukan prokrastinasi.

Bila reputasimu sudah telanjur jelek, kamu dapat memulai memperbaikinya dengan menuntaskan pekerjaan dengan tepat waktu. Hingga, kamu dapat membangun kembali keyakinan mereka.

2. Salah mengambil keputusan

Pengambilan keputusan yang jelek menjadi satu diantara dampak buruk dari prokrastinasi. Waktu yang semestinya dapat kamu habiskan untuk memikirkan keputusan banyak terbuang karena menunda pekerjaan.

Sehingga, pada saat pengambilan keputusan telah dekat, kamu akan merasa terhimpit dan mengambilnya dengan buru-buru.

Emosi sangatlah mempengaruhi keputusan yang kamu ambil, dan prokrastinasi meningkatkan emosi negatif. Hal tersebut akan berujung pada pengambilan keputusan yang tidak dapat dipakai dalam periode panjang.

Daripada kamu memutuskan secara cepat, mulailah untuk menulis semua peluang dan tentukan saat kamu lebih tenang untuk menganalisa.

3. Menurunkan kepercayaan diri

Menunda-nunda pekerjaan hanya akan semakin membuat kamu merasa rendah diri dan menambah keraguan.

Kurang optimis bisa menghalangi kamu untuk sukses dalam meniti karier. Bila ini terjadi pada kamu, fokuslah untuk membuat kepercayaan diri secara perlahan-lahan.

4. Merusak karier

Cara kamu bekerja akan langsung memengaruhi hasil, berapa banyak yang kamu selesaikan, dan kinerjamu.

Sehingga dampak dari menunda-nunda pekerjaan bisa sangat merugikan kariermu. Prokrastinasi akan menghambat kamu untuk mencapai target yang ditetapkan.

Lantas, resiko apa yang kiranya akan kamu peroleh bila hal tersebut terjadi? Mungkin kamu akan kehilangan peluang untuk dipromosikan atau bahkan juga diberhentikan.

Untuk beberapa waktu, kamu bisa saja menyembunyikan prokrastinasimu. Tetapi, dalam periode panjang rutinitas itu dapat berpengaruh pada kariermu.

5. Kehilangan peluang

Hal yang sebaiknya kamu ketahui ialah prokrastinasi bisa menghilangkan kesempatan yang mungkin bisa mengubah hidupmu.

Tanpa kamu sadari, prokrastinasi yang membuang beberapa waktu akan membuat kamu menghiraukan kesempatan yang datang.

Banyak kesempatan yang cuma tiba 1x, belum pasti kamu akan memperoleh peluang yang lain. Nach, sebisa mungkin jangan sampai meremehkan kesempatan yang menghampirimu.

6. Resiko kesehatan psikis

Beberapa efek prokrastinasi ialah permasalahan kesehatan psikis, seperti depresi dan kekhawatiran. Jika prokrastinasi membawa kamu ke stres, akan memengaruhi tempat yang lain dalam hidupmu.

Kebanyakan prokrastinasi dalam mengerjakan satu hal, akan membuat kamu depresi. terlebih bila mengikutsertakan orang yang lain bisa jadi terus menekanmu untuk menuntaskan pekerjaan.

7. Ketidakmampuan mengelola emosi

Saat melakukan prokrastinasi, seorang bukan hanya sadar jika dia menghindar pekerjaan yang semestinya ditangani, tapi dia juga paham jika melakukan hal itu ialah ide yang buruk walau pada akhirannya masih tetap mereka kerjakan.

Beberapa orang kerap menunda-nunda tugas karena ketidakmampuan untuk mengurus situasi hati yang buruk saat bekerja.

Prokrastinasi jadi langkah seorang menangani emosi dan situasi hati yang negatif karena beberapa tugas tertentu. Misalkan kebosanan, kebencian, kekhawatiran, merasa tidak aman, frustasi, dan kebimbangan diri.

Baca Juga : Cara Ampuh Memotivasi Diri Sendiri Agar Kembali Bersemangat

Cara Mengatasi Kebiasaan Prokrastinasi

prokrastinasi adalah
Sumber Gambar : glints.com

Walau tidak selamanya dipandang negatif, tetapi jika prokrastinasi mulai berpengaruh serius pada kualitas dan keproduktifan pekerjaan dan karier kamu maka ini waktunya untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan itu.

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk menangani prokrastinasi dalam tugas misalnya:

1. Buatlah daftar pekerjaan

Untuk membuatmu masih tetap ada di lajur yang benar pertimbangkan untuk membuat daftar pekerjaan yang perlu dikerjakan sehari sebelumnya. Beri juga deadline untuk tiap tugas itu.

2. Ambil langkah kecil

Bagilah daftar pekerjaan kamu jadi beberapa langkah kecil yang bisa ditata hingga pekerjaan itu tidak terlihat terlampau berat

3. Kerjakan pekerjaan paling susah di pagi hari

Cobalah menilai pekerjaan yang perlu kamu kerjakan di hari itu lalu selesaikan pekerjaan yang paling menantang dan paling membosankan pada pagi hari.

Dengan langkah ini kamu tak perlu cemas terjerat dalam pekerjaan itu selama seharian. Kita sering ingin menghindari tugas yang susah.

Tetapi bukannya menghindariinya, lebih bagus menyelesaikan bisa lebih cepat dibanding menundanya kan?

4. Matikan notifikasi

Kurangi gangguan dalam bekerja yang bisa mendorongmu untuk menunda pekerjaan dengan mematikan pemberitahuan di handphone kamu. Dengan demikian kamu dapat konsentrasi pada pekerjaan yang dihadapi.

5. Berikan hadiah pada diri sendiri

Untuk membenahi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, kita harus memberikan otak kita apa yang disebut sebagai penawaran yang lebih bagus.

Salah satu caranya dengan menghadiahkan pada diri kita setiap kamu sukses menuntaskan project dan pekerjaan kamu. Kamu dapat memberikan penghargaan dalam diri dengan beberapa hal yang bisa berikan motivasi kamu.

6. Berteman dengan orang-orang yang produktif

Lingkungan dan orang disekitaran kurang lebih mempengaruhi sikap kita. Identifikasi teman atau mitra yang menurutmu bisa membawa energi positif lalu bergaullah sama mereka. Jadikan mereka inspirasi dan pemacu semangat kamu saat bekerja.

7. Tentukan kembali tujuan

Bila sejauh ini kamu telah sering melakukan prokrastinasi dalam tugas mungkin ini menggambarkan ada ketidakserasian di antara apa yang kamu harapkan dan apa yang kamu kerjakan.

Coba ambil istirahat sesaat dari tugas dan sempatkan diri untuk memikirkan apa yang sebenarnya ingin kamu raih dan langkah yang perlu kamu kerjakan untuk sampai ke situ.

Apa pekerjaan kamu sekarang ini telah sesuai tujuanmu itu? Bila tidak tentukan apa yang perlu kamu kerjakan selanjutnya

Meskipun dalam prakteknya susah untuk hentikan prokrastinasi dalam pekerjaan, tetapi jika hal itu terus memengaruhi kualitas kerja dan karier kamu, maka ini pertanda kamu tidak bisa menganggap sepele rutinitas menunda pekerjaan.

Coba analisa apa yang kerap jadi penyebab kamu menunda-nunda pekerjaan lalu aplikasikan cara yang tepat untuk menanganinya sama seperti yang telah diterangkan dalam pembahasan di atas.

Baca Juga : 8 Cara Ini Dapat Meningkatkan Produktivitas kerja Mu

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu prokrastinasi dan penyebab karyawan memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin menghilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here