Profesi

Peran, Tugas dan Tanggung Jawab Business Development di Perusahaan

Business Development adalah – Saat ini pekerjaan Business Development atau BD mulai banyak diminati para fresh graduate. Pasalnya profesi ini dipandang sebagai...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
pengertian data scientist
pengertian data scientist
Sumber Gambar : unternehmer.de

Business Development adalah – Saat ini pekerjaan Business Development atau BD mulai banyak diminati para fresh graduate.

Pasalnya profesi ini dipandang sebagai posisi bergengsi dengan jenjang karier yang cukup cemerlang.

Sebagian besar orang menilai bahwa Business Development adalah bagian dari tim marketing atau sales, sebagian lagi mengenalinya sebagai pengembangan produk, dan sisanya mengenalinya sebagai team yang merencanakan strategi perusahaan.

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai peranan, pekerjaan dan tanggung jawab BD di perusahaan, mari kita cari tahu lebih dulu apakah yang dimaksud Business Development.

Peranan Business Development Bagi Bisnis

strategy stp
Sumber Gambar : productivity.com

Seorang BD bekerja menciptakan nilai jangka panjang untuk sebuah organisasi yang diawali dari konsumen setia, pasar, dan relasi bisnis.

Nilai jangka panjang yang diartikan di sini ialah penghasilan dan image perusahaan. Termasuk juga kesetiaan konsumen, prestise, atau apa saja yang menjadi tujuan dari perusahaan.

Peranan dari BD ialah melakukan pengembangan bisnis dengan mencari kesempatan baru yang memungkinkan terbentuknya bisnis baru yang dapat dipasarkan.

Business Development juga bertanggungjawab untuk melakukan penilaian proposal bisnis sekaligus mengevaluasi potensi dan prospeknya di masa mendatang.

Setelah bisnis tercipta, maka peranan BD akan beralih menjadi pengembangan atas bisnis yang sudah ada dengan membuat bisnis baru yang lain.

Ketika menciptakan bisnis baru, umumnya konsep dasar seorang business development yakni dengan menilai potensi dan keuntungan dari bisnis tersebut.

Hal ini bertujuan, supaya hasil yang diraih bisa maksimal. Umumnya penilaian yang dilaksanakan berkaitan dengan pemasaran, finance, pengetahuan manajemen, dan customer servis.

Yang mana, hasil penilaian itu dipakai sebagai referensi oleh divisi pemasaran, operasional, engineering, sales, dan lainnya.

Guna menciptakan produk baru tersebut. Saat lakukan proses tersebut, BD akan memakai bermacam alat untuk membuat strategi yang ideal.

Pentingnya Business Development

Perusahaan memerlukan pengembangan yang berkepanjangan untuk menghadapi rintangan dalam dunia bisnis.

Di sini peranan penting BD untuk membantu mengembangkan perusahaan tersebut.

Pengembangan Bisnis meliputi riset pasar, meningkatkan dan memelihara hubungan dengan konsumen potensial baru, mengetahui dan membuat peluang bisnis yang menjanjikan.

Business Development harus pandai dalam membuat suatu strategi agar dapat bersaing di dunia bisnis.

Oleh sebabnya BD membutuhkan analisis yang sangat mendalam terkait pengembangan perusahaan.

Implementasi Business Development

Business Development sesungguhnya mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan berbagai divisi yang ada di perusahaan.

Tetapi umumnya keterikatannya lebih kuat dengan divisi marketing yang pada intinya ikut bertanggungjawab pada perkembangan perusahaan.

Dengan adanya peningkatan usaha pada sebuah perusahaan maka kedepannya brand awareness akan bertambah sehingga nama perusahaan akan makin dikenali di publik.

Tentunya ini berpengaruh baik untuk pertumbuhan perusahaan dan bahkan perkembangan perusahaan akan jadi lebih optimal.

Hal ini akan menggiring perusahaan pada suatu perubahan yang signifikan sehingga perolehan target dapat semakin mudah dilaksanakan oleh perusahaan.

Buat kalian yang ingin menjadi seorang BD kalian harus persiapkan diri kalian dan sudah harus memiliki kemampuan seorang Business Development.

Kalian harus mempertajam kemampuan kalian agar kalian bisa menjadi seorang BD yang sukses.

Ingatlah jika orang yang berperanan penting bagi perusahaannya akan memiliki upah yang besar karena bisa memberi imbas dan faedah yang besar sekali ke perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Business Development

Setelah mendapatkan sedikit gambaran tentang BD ? Nach, sekarang waktunya ketahui apa pekerjaan dan tanggung jawabnya di perusahaan:

  • Melakukan analisa pasar
  • Mencari peluang konsumen setia baru dan menjaga hubungan baik antar client
  • Bekerja sama dengan divisi lain untuk penuhi keperluan pasar atau client
  • Menyusun dan merepresentasikan gagasan pengembangan bisnis perusahaan
  • Melakukan penelitian perkembangan bisnis perusahaan secara periodik
  • Memahami produk dari perusahaan, pesaing, dan status bisnis dalam pasar
  • Bekerja sama dengan bagian sales agar memperoleh calon client

Skill yang Dibutuhkan Seorang Business Development

peran business development
Sumber Gambar : bejo.co.id

Business Development mempunyai peranan yang penting dalam perusahaan, menjadi seorang BD juga diwajibkan memiliki beberapa ketrampilan seperti berikut ini.

Apa syarat jadi seorang Business Development?

1. Management

Dengan konsentrasi pekerjaan yang sangat bervariasi, kemampuan mengelola waktu dan fokus juga harus dipunyai oleh seorang Business Development.

Seorang BD harus pantai mengendalikan sumber daya yang ada di team dan perusahaan agar dapat memberikan dukungan pertumbuhan bisnis.

2. Sanggup Menganalisa Skema Bisnis

Seorang BD perlu mempunyai ketrampilan riset dan penelitian skema usaha yang kuat.

Ini dibutuhkan untuk jadi parameter persaingan dan menjaga perusahaan tetap unggul.

3. Ketrampilan Komunikasi dan Interpersonal

Pekerjaan BD menuntut untuk berkomunikasi dengan beberapa orang. Sehingga individu harus mempunyai ketrampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat.

Seorang BD harus berbicara, menyuguhkan, memperjelas, dan bicara ke semua pihak terkait dengan meyakinkan.

4. Mempunyai Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Rasa ingin ketahui yang tinggi menggerakkan seseorang untuk menggali informasi suatu sektor jauh lebih dalam.

Begitu halnya BD yang perlu menggali informasi dan data dari bermacam sumber untuk pengembangan perusahaan.

5. Realistis dalam Menentukan Ekspektasi

Dalam menentukan strategi, seorang BD tetap harus realitas sesuai realitas dan keadaan perusahaan.

Menentukan strategi dan ekspektasi pengembangan bisnis yang tidak realitas akan mengakibatkan perusahaan ke arah kegagalan

6. Berpikiran Luas

Wawasan luas ialah kunci untuk menganalisa skema atau trend satu pasar. Business Development harus paham status kompetitor, perusahaan dan taktik apa yang diperlukan untuk melampaui mereka.

Bermacam jenis data dihimpun dan dipadukan dengan pengetahuan yang dipunyai oleh BD untuk mempersiapkan riset yang tepat.

7. Fleksibel dan Sanggup Beradaptasi

Keadaan perusahaan tidak selamanya konstan dan akan ada beberapa rintangan. Beberapa kondisi itu membuat perusahaan harus menentukan keputusan.

Business Development harus fleksibel dan sanggup menyesuaikan secara cepat saat keadaan perusahaan tiba-tiba ada kendala dan cepat merancang kembali strategi atau taktik lain untuk melawannya.

Bagaimana? Setelah mengetahui gambaran umum apa itu operator produksi apakah Anda merasa tertarik untuk berkarir di menjadi seorang operator di sebuah perusahaan?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang apa itu Business Development dan deskripsi kerjanya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja Business Development.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *