Tips dan Trik Psikotes Gambar Orang Pada Proses Assessment Psikologi.

0
337
psikotes menggambar orang
psikotes menggambar orang

Gambar orang psikotes – Selain dari surat lamaran kerja tulisan tangan, kondisi psikologis manusia atau para calon karyawan juga bisa dibaca lewat cara mereka menggambar sesuatu.

Salah satu jenis psikotes gambar yang sering di jumpai para jobseeker saat seleksi karyawan selain menggambar pohon dan tes wartegg adalah tes psikotes gambar orang.

Tes ini membatu Psikolog untuk membaca kepribadian Anda yang nantinya akan memengarui kemampuan Anda dalam bekerja.

Buat Kalian para jobseeker yang masih bingung mengenai tes piskotes gambar, kali ini seputarkarir.com akan berbagi informasi mengenai “test psikotes menggambar manusia”.

Tips & Trik Gambar Orang Saat Psikotes 

Tes psikotes gambar orang merupakan salah satu psikotes yang sering  dijumpai pada proses assessment psikologi.

Pada tes ini HRD tidak menilai seberapa bagus gambar yang Anda buat. Point utamanya adalah seberapa detail gambar dan goresan yang kamu buat.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, kepribadian dan ketahanan kerja calon karyawan.

Pada tes psikotes kali ini Anda akan diminta untuk menggambar orang dan mendeskripsikannya secara detail. Berikut adalah tips dan trik menggambar orang saat proses assessment psikologi.

Menggambar orang dengan ukuran yang normal

Gambarlah orang di tengah tengah kertas. Jangan gambar orang terlalu condong ke kiri atau ke kanan.

Gambarlah orang dengan ukuran yang normal, jangan menggambar orang terlalu besar atau gambar orang yang terlalu kecil.

Ukuran gambar orang yang besar memperlihatkan jika anda ialah orang yang dominan, sedangkan jika ukuran terlalu kecil memperlihatkan jika anda ialah orang yang kurang percaya diri.

Gambarlah bahu yang proporsional karena bahu yang terlalu kecil atau besar sebelah menunjukkan bahwa anda tidak percaya diri dengan tubuh anda.

Untuk bagian tangan pastikan Anda menggambar dengan posisi terbuka dan terlihat detail dari jari tangan.

Tangan yang tersembunyi seperti di saku celana memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang memiliki gangguan hubungan sosial.

Sedangkan gambar tangan yang terbuka memperllihatkan bahwa Anda adalah orang yang mudah bekerja sama serta fleksibel.

Gambarlah secara detail

Gambarlah orang secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Selanjutnya Anda jelaskan jenis kelamin, umur dan pekerjaanya.

Orang yang Anda gambar ialah cerminan diri Anda, karena itu gambarlah orang yang sesuai jenis kelamin And bila anda seorang wanita, gambarlah seorang wanita.

Bila Anda pria, karena itu gambarlah seorang pria. Apabila Anda diminta untuk memberi nama, makan berilah sesuai nama Anda.

Menggambar orang saat beraktivitas dengan ekspresi bahagia

Kami sarankan agar Anda menggambar orang yang sedang melakukan aktivitas, misalkan Pak Guru sedang mengajar, karyawan yang sedang berangkat kerja lengkap dengan detail pakaian dan aksesoris maupun peralatan yang digunakan.

Jika Anda ingin menambahkan aksesoris, gambarlah jam tangan dan sabuk karena kedua aksesoris ini menggambarkan bahwa Anda adalah orang yang berdisiplin.

Dengan menggambar orang yang melakukan aktivitas akan memperlihatkan jika Anda ialah orang yang giat dan pekerja keras.

Ekspresi dan aktivitas orang yang Anda gambar menggambarkan pribadi Anda, maka gambarlah orang dengan ekspresi bahagia atau tersenyum dan juga giat melakukan sebuah aktivitas.

Perhatikan garis gambar

Saat tes menggambar orang, jangan memberi garis penekanan yang terlalu berlebih di bagian wajah, karena penekanan terlalu berlebih di wajah akan memperlihatkan jika Anda orang yang tidak percaya diri.

Berikan garis yang wajar tetapi masih memberi sentuhan ekspresi yang bahagia. Berikan tekanan pada garis leher karena hal ini untuk memperlihatkan bahwa anda memiliki tekad yang tinggi.

Tes psikotes menggambar orang memiliki banyak penilaian karena itu perhatikan dengan cermat saat Anda menjalani tes.

Untuk mempersiapkan tes psikotes di berbagai perusaan swasta, atau BUMN, maka kami sarankan agar Anda perbanyak latihan.

Jadi paling tidak sewaktu mengerjakannya saat tes Anda tidak kesulitan dalam menggambar hal-hal penting yang harus dilakukan.

Demikian penjelasan singkat mengenai tes psikotes gambar orang. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here