Coba Sebutkan Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

0
82
pertanyaan wawancara
Sumber Gambar : https://www.orhp.com/

kelebihan dan kekurangan saat interview – Buat kalian para jobseeker yang sedang menjalani proses seleksi karyawan, kali ini seputarkarir.com akan berbagi informasi yang dapat memperbesar kesempatanmu diterima kerja.

Saat melamar kerja, salah satu tahap yang akan Anda lewati sebelum tes psikotes ialah wawancara kerja dengan HRD.

Agar wawancara kerjamu berjalan lancar, Ada baiknya Anda mencari tahu informasi seputar pertanyan-pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan oleh pewawancara.

Salah satu pertanyaan yang sering di tanyakan oleh pewawancara adalah “apa kelebihan dan kekurangan Anda”

Meskipun terlihat sederhana pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview sangat krusial.

Selain dari surat lamaran kerja tulisan tangan, menggambar orang dan pohon dan tes wartegg, kondisi psikologis para calon karyawan juga bisa dibaca lewat saat wawancara kerja.

Maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat HRD terkesan pada Anda saat wawancara kerja.

HRD akan mengukur kepribadian, pandangan, cara kerja, sikap dan bagaimana cara Anda berkomunikasi di dalam lingkuan kerja

Pertanyaan “apa kelebihan dan kekurangan Anda?” adalah pertanyaan yang menuntut jawaban yang memperlihatkan keprofesionalan diri Anda.

Pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interviewbukan pertanyaan jebakan dari HRD, melainkan HRD hanya ingin mendalami tingkat kejujuran dan kesadaran diri Anda.

Agar  lebih maksimal dalam menjalani wawancara kerja, ada baiknya Anda membaca artikel tips sukses wawancara kerja dan mempersiapkan terlebih dahulu jawaban dari setiap perkiraan pertanyaan dari pewawancara.

Sebelum menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview, ada point penting yang harus Anda perhatikan dalam menjawab setiap pertanyaan dari HRD.

Point penting dalam menjawab pertanyaan interviewer

Saat sesi wawancara Anda tidak hanya menjawab pertanyaan dari interviewer saja, tapi ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan terkait kelebihan dan kekurangan diri Anda saat wawancara kerja. Bertikut adalah penjelasanya :

1. Menjawab pertanyaan dengan jujur

Menjawab pertanyaan dengan jujur adalah salah satu hal yang penting ketikan berbicara tentang kelebihan dan kekurangan diri Anda.

Jawaban yang terdengar asli dan otentik akan mendapat respon yang bagus.  Anda juga harus bisa meyakinkan interviewer bahwa jawaban yang Anda berikan adalah karakter Anda yang sebenarnya.

Tentunya perusahaan tidak akan memperkerjakan karyawan yang tidak ingin mempekerjakan seseorang yang tidak dapat mengenali dirinya.

2. Berikan jawaban tentang kelebihan Anda yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan

Selain kejujuran Anda juga harus memberi jawaban yang dapat memberikan efek positif bagi perusahaan dengan kehadiran Anda.

Jelaskan tentang kelebihan Anda untuk mencapai sesuatu dalam lingkungan profesional.

3. Berikan jawaban tentang kelemahan Anda yang masih dapat diperbaiki

Jelaskan bagaimana cara Anda mengatasi satu permasalahan. Yakinkan pewawancara jika Anda sanggup menuntaskan sebuah pekerjaan yang berat menjadi sebuah pekerjaan yang mudah sehingga Anda terlihat kuat, sanggup, dan bertanggungjawab.

Contoh jawaban “apa kelebihan dan kekurangan Anda” saat wawancara kerja.

tanda wawancara sukses
tanda wawancara sukses

Setelah mengetahui point-point penting di atas, berikut ada beberapa contoh jawaban dari pertanyaan “apa kelebihan dan kekurangan diri Anda” yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja.

Menceritakan Kelebihan diri sendiri

Menceritakan kelebihan diri sendiri saat wawancara kerja tentunya harus diikuti dengan bukti yang kuat.

Contoh, jika Anda menyebutkan bahwa kelebihan diri Anda adalah percaya diri, tentunya Anda harus menunjukkan sikap yang baik dan tidak gugup saat wawancara kerja.

Sampaikan setiap jawaban dengan energi yang positif dan gestur tubuh yang baik. Hindari sikap arogan dan berlebihan saat menceritakan kelebihan diri sendiri.

Menceritakan kelebihan diri sendiri di hadapan HRD memerlukan persiapan yang matang.

Persiapkan cerita tentang kelebihan Anda agar pewawancara yakin bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.

Anda juga bisa minta tolong seorang untuk membantu mengidentifikasi apa yang Anda kuasai.

Kelebihan pada diri sendiri tidak hanya tentang ketrampilan saja, melainkan ilmu pengetahuan dan sifat-sifat positif pada diri Anda juga bisa disampaikan.

Contoh jawaban kelebihan diri sendiri

Berikut adalah beberapa contoh jawaban yang bisa Anda gunakan dalam menceritakan kelebihan diri sendiri :

  • Percaya diri
  • Disiplin
  • Tanggung jawab
  • Inovatif
  • Komitmen terhadap pekerjaan
  • Mudah beradaptasi
  • kreative
  • dll

Jangan lupa untuk menjelaskannya dengan baik agar pewawancara yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk diterima di posisi tersebut.

Menceritakan kelemahan diri sendiri

Menceritakan kekurangan diri sendiri memang harus dipersiapkan secara matang. Tentunya jangan terlalu banyak menyebutkan kekurangan diri Anda, hal ini hanya akan memperkecil kemungkinan Anda untuk lolos wawancara kerja.

Anda harus ingat bahwa kekurangan itu tidak bersifat permanen, dan hanya karena kamu memiliki beberapa kekurangan bukan berarti Anda tidak bisa berubah.

Ceritakan kekurangan diri Anda dengan sikap yang rendah hati dan tunjukkan bahwa Anda mau belajar dan bisa mengatasi kelemahan Anda.

Jelaskan juga langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mengubah kekurangan itu menjadi kelebihan.

Contoh jawaban kelemahan diri sendiri

Berikut adalah beberapa contoh jawaban yang bisa Anda gunakan dalam menceritakan kelemahan diri sendiri :

  • Tidak percaya diri
  • Tidak mahir berbahasa asing
  • Memiliki standard kerja yang tinggi
  • Berorientasi terlalu detail
  • Sedikit pengalaman kerja
  • dll

Cara menceritakan kekuarangan saat interview

Berikut contoh menceritakan kekurangan diri sendiri dengan penjelasan yang tepat:

“Saya terlalu memiliki standard kerja yang tinggi, sehingga terkadang saya sulit acc suatu proyek karena hasil pengerjaannya kurang sempurna sampai hal itu benar-benar selesai.”

“Saya tidak memiliki banyak pengalaman di dunia penjualan, tetapi keterampilan yang saya dapatkan selama lima tahun di bidang event sangat relevan dengan posisi tersebut dan biarkan saya menjelaskannya kepada Anda mengapa seperti itu.”

Jawaban di atas menceritakan kelemahan Anda, dengan cara yang positif. Ceritakanlah kelemahan Anda sejujurnya dengan cara yang positif.

Jawablah pertanyaan dari pewawancara secara singkat, jangan habiskan waktu terlalu banyak berbicara tentang kekurangan Anda, sehingga bisa mendapatkan apa yang paling penting yaitu tentang kekuatan Anda.

Demikianlah informasi seputar pertanyaan dan jawaban kelebihan dan kekurangan saat interview kerja.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang wawancara kerja.

Buat Anda yang sedang mencari pekerjaan baru atau ingin resign, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Anda harus tahu bahwa melakukan persiapan sebelum masuk dunia kerja itu sangatlah penting.

Kenapa? Sebab Anda berada dalam persaingan ketat untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Oleh karenanya, Anda tidak bisa mengikuti seleksi karyawan hanya bermodalkan nekat semata.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here