Tugas dan Fungsi Operator Packing di Perusahaan

0
20
Operator packing adalah
operator packing adalah – Sumber Gambar : liputan6.com

Apa Itu Operator Packing?

Packing ialah satu bentuk proses pengepakan barang sedemikian rupa dengan memakai bahan material packing yang mempunyai tujuan supaya barang masih tetap aman, terbebas dari kerusakan dan rapi ketika akan dikirimkan atau didistribusikan.

Operator packing adalah salah satu bagian dari operator produksi di perusahaan manufactur. Umumnya posisi ini ada di bagian finising dalam sebuah proses produksi.

Tidak dapat dipungkiri, posisi operator packing ini sangat penting. Jobdesk operator packing ini secara sederhananya ialah mengerjakan pengepakan. Tetapi kita akan ulas lebih detil pada kesempatan ini.

Fungsi Operator Packing

Perusahaan tentunya mempunyai alasan dengan pengadaan bagian operator packing. Peran adanya operator pengemasan tidak lain ialah untuk terjaganya kualitas dan jumlah produk dari perusahaan itu.

Karena dari pengepakan yang bagus akan memengaruhi hasil marketing ke customer yang hendak memakai nya.

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Packing

tugas packing
Sumber Gambar : Liputan6.com

Sebagai salah satu bagian karyawan, Operator packing adalah petugas yang bertanggungjawab dalam soal pengepakan atau pembungkusan barang produksi.

Di sini akan kami berikan beberapa pemahaman tentang tugas operator packing yang perlu anda ketahui.

Menerima barang yang sudah jadi dari bagian produksi

Salah satu pekerjaan dan tanggung-jawab yang dimiliki oleh seorang operator packing ialah menerima barang yang sudah jadi dari bagian produksi.

Barang hasil produksi akan diberikan ke bagian packing untuk dikerjakan proses pembungkusan sesuai prosedur yang di tetapkan perusahaan.

Ada beberapa jenis pengepakan semua bergantung kebijakan yang sudah dilakukan perusahaan tersebut.

Memastikan kembali keadaan barang yang diterima berkualitas baik

Disamping itu operator packing bertugas mengontrol kualitas dari keadaan satu barang. Dalam sebuah proses pengepakan, kualitas sebuah barang dari hasil produksi harus menjadi fokus utama dari operator pengemasan.

Saat sebelum proses pengepakan operator bertugas mengontrol kualitas dari keadaan satu barang. Layak atau tidak barang saat sebelum dilaksanakan pengepakan.

Karena bila barang tidak layak namun tetap di packing akan menyebabkan ketidak percayaan konsumen atas hasil produksi lainnya.

Melakukan cek sheet pada mesin packing

Melakukan pemeriksaan atas perlengkapan yang dipakai untuk packing sangat memengaruhi hasil dari packing tersebut.

Pengaturan dilakukan secara rutin supaya tidak ada kerusakan besar yang bisa makan biaya tinggi saat melakukan perbaikan.

Barang yang telah dipacking harus diperiksa kembali apa masih tetap ada yang keliru atau masih tetap ada yang kurang rapi, karena ini sangat berpengaruh sekali ke hasil barang produksi.

Melakukan pengepakan atau packing

Melakukan pengepakan sesuai jobdesk yang telah di tetapkan oleh perusahaan atas barang yang diproduksi supaya melakukan packing dengan cermat dan berhati-hati. Karena packing sebagai proses finising atau akhir dari tiap proses produksi.

Umumnya pengepakan dilaksanakan manual atau bisa saja dengan menggunakan mesin packing, ini tergantung dari industri perusahaan.

Menyimpan barang yang telah di packing

Setelah semua selesai maka operator melakukan penataan barang. Penataan barang sangat penting karena dalam prosesnya barang yang sudah jadi harus diletakkan sesuai ketentuan yang ada.

Pengaturan dengan rapi akan mempermudah bagian pengiriman ketika melakukan proses pemindahan dari bagian pengemasan menuju bagian pengiriman.

Pemilahan barang sesuai tipe size dan warna adalah bagian tugas dari operator penemasan tersebut.

Membersihkan tempat kerja

Setelah proses semuanya yang dikerjaan kemudian pekerjaan operator packing ialah melakukan pembersihan dan merapikan pada tempat yang dipakai untuk bekerja.

Sudah seharusnya kita selalu merapikan tempat kita bekerja, apapun itu kerjanya. Karena ini akan meningkatkan kemampuan ketelitian dan kenyamanan dalam bekerja.

Membuat rekap laporan kerja

Apa yang sudah selesai dikerjakan kadang harus juga untuk dibuat laporannya. Setiap karyawan yang bekerja tentunya mempunyai atasan atau supervisor yang memimpin.

Membuat laporan pada sesuatu yang ditangani laporannya mencakup jumlah yang di packing, kualitas barang. dan hasil dari packingan.

Estimasi Gaji Operator Packing

operator packing
Sumber Gambar : serangkab.info

Perusahaan akan memberi gaji pada tiap pegawai sesuai kedudukan dan pangkatnya pada masing-masing perusahaan.

Tidak terkecuali mereka yang profesinya sebagaioperator packing. Mereka memperoleh upah sesuai ketetapan perusahaan masing-masing dan tergantung daerah mana mereka dalam penempatan kerjanya.

Seperti di Surabaya di tahun 2022 mereka memperoleh upah sama sesuai UMK tahun 2022 Surabaya tersebut yakni : Rp 4.375.479.

Tetapi untuk perusahaan besar umumnya akan diberi tambahan tunjangan seperti tunjangan shift, tunjangan transportasi, tunjangan makan, tunjangan kedatangan, dan sebagainya.

Kualifikasi Operator Packing

Menjadi seorang operator packing kualifikasi yang diperlukan umumnya ialah seperti berikut :

  • Pria dan Wanita
  • Usia Optimal 32 tahun
  • Pendidikan minimum SMA / SMK
  • Rajin dan bertanggungjawab
  • Teliti dan Rapi dalam bekerja
  • Pengalaman / Non Pengalaman
  • Memiliki badan yang sehat, dan mempunyai ketahanan fisik yang baik

Pendidikan yang semakin tinggi bisa juga diterima dengan potensi karier yang jauh lebih bagus.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Berbicara kemampuan yang diperlukan menjadi operator packing, kelihatannya kegesitan dan ketahanan badan sebagai kemampuan khusus yang perlu anda punyai.

Masalahnya kerap kali di bagian pengemasan ini berdiri selama beberapa jam sembari mengerjakan pekerjaan yang dia punyai. Jika misalnya ketahanan badan kita tidak baik, sudah pasti ini bisa menjadi masalah.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum apa itu operator packing beserta tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here