Profesi

Sales Promotion Adalah Cara Efektif yang Digunakan Tim Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Sales promotion adalah – Promotion merupakan salah satu element dari bauran pemasaran atau marketing mix yang di gunakan untuk memperkenalkan produk baru,...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
sales promotian adalah
sales promotian adalah
Sumber Gambar : promotionaldrives.com

Sales promotion adalah – Promotion merupakan salah satu element dari bauran pemasaran atau marketing mix yang di gunakan untuk memperkenalkan produk baru, sehingga dapat menaikkan angka penjualan dari setiap produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai strategi pemasaran. Pada artikel berikut Seputarkarir.com akan mengulas informasi seputar sales promotion. Berikut informasi lengkapnya:

Apa yang dimaksud dengan promosi penjualan?

Definisi sederhana mengenai sales promotion adalah sebuat teknik penawaran produk dalam sebuah bisnis yang bertujuan untuk merangsang permintaan pasar dan meningkatkan angka penjualan.

Sedangkan sales promotion menurut beberapa ahli adalah :

Menurut Utami (2008:134) sales promotion adalah dorongan jangka pendek untuk pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.

Cummins dan Mullin ( 2004 ) manyatakan bahwa promosi penjualan adalah serangkaian teknik jangka pendek yang digunakan untuk mencapai berbagai sasaran pemasaran yang efektif, malalui pemberian nilai tambah pada produk dan jasa, baik pada pasar perantara maupun kepada pemakai langsung, biasanya dibatasi dalam jangka waktu tertentu.

Peter dan Donenelly (2003 ) menyatakan promosi penjualan merupakan dorongan yang telah di rancang sebelumnya, baik melalui media maupun non-media, yang dibatasi dalam kurun waktu tertentu, dutujukan bagi pelanggan, pengecer ataupun pedagang besar, dalam rangka mendorong untuk menggunakan produk meningkatkan permintaan, dan meningkatkan ketersediaan produk.

Philip Kotler (1997:142) berpendapat bahwa promosi sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen agar membeli.

Dari beberapa definisi di atas ditarik kesimpulan bahwa sales promotion adalah teknik praktis untuk memenuhi tujuan penjualan jangka pendek dengan membujuk pelanggan potensial untuk membeli produk.

Tujuan sales promotion

tujuan promosi
Sumber Gambar : ilovestudentnights.com

Pada dasarnya tujuan perusahaan melakukan sales promotion adalah merangsang pembelian, baik yang dilakukan oleh distributor maupun pelanggan akhir.

Menurut Kotler dan Armstrong dalam buku Prinsip-prinsip Pemasaran (2001:174) tujuan dari sales promotion bervariasi sangat luas.

Penjual bisa menggunakan promosi konsumen untuk meningkatkan penjualan jangka pendek atau membangun pangsa pasar jangka panjang.

  • Tujuan promosi dagang mencakup : membuat pengecer mendagangkan produk baru dan memberi ruang lebih banyak untuk persediaan, membuat mereka membeli di muka.
  • Tujuannya meliputi: mendapatkan lebih banyak dukungan armada penjualan untuk produk sekarang atau produk baru atau mendaptakan wiraniaga untuk mencari langganan baru.

Buchari Alma (2014 ) menyatakan bahwa secara umum tujuan promosi penjulan adalah menarik pelanggan baru, pemeberian hadiah atau penghargaan bagi pelanggan, menghindari pelangan menggunakan produk merek lain, mempopulerkan merek / meningkatkan loyalitas, serta meningkatkan volume penjualan, baik jangka pendek maupun dalam rangka memperluas market share jangka panjang.

Berdasarkan yang dikemukakan oleh Buchari Alma,  Kotler dan Armstrong dapat disimpulkan bahwa tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui sales promotion ialah dapat meningkatkan penjualan, mendorong pembelian konsumen dan mendapatkan pelanggan baru.

Cara menyusun program sales promotion yang efektif

menyusun strategi pemasaran
Sumber Gambar : amazonaws.com

Promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dapat dilakukan dengan cara memberikan diskon, pemberian hadiah langsung, pemberian kupon belanja, dll.

Prinsip utama dari promosi adalah memberikan informasi kepada konsumen. Membuat program sales promotion harus dipertimbangkan dengan matang agar segala hal yang telah direncanakan dapat berjalan lancar dan efektif.

Berikut adalah beberapa point penting yang harus di pertimbangkan ketika membuat program promo.

1. Menentukan target pasar yang tepat

Salah satu poin penting yang harus di pertimbangkan dalam sales promotion adalah menentukan target audience.

Target audience yang tepat, akan memberikan hasil yang memuasakn, program akan lebih efektif dan biaya tidak terbuang percuma.

Lantas bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat ?

Untuk menentukan target audience yang tepat, perusahaan dapat menganalisa dan memahami lebih banyak database pelanggannya.

selanjutnya lakukan identifikasi tentang beberapa permasalahan pelanggan, masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan menggunakan produk dari perusahaan.

Dengan demikian maka perusahaan akan memiliki data audience yang segmented dan targeted, plus beberapa permasalahan mereka.

Data tersebut adalah dasar untuk membuat program promo yang bisa menjadi solusi dari sekian permasalahan mereka dengan menggunakan produk atau layanan perusahaan.

2. Value sales promotion untuk konsumen.

Setelah menentukan target audience yang tepat, selanjutnya perusahaan harus memperhatikan nilai (valuable) promo tersebut bagi konsumen.

Semenarik apapun bentuk promosi, sebagus apapun promosi, sebesar apapun promosi, akan menjadi percuma dan tidak berguna jika tidak memberikan nilai (value) kepada audience yang menjadi target promo.

3. Pencapaian program harus terukur

Dalam membuat program promo perusahaan harus menentukan goal yang terukur dan spesifik.

Apabila goal promo hanya “meningkatkan penjualan” saja, itu terlalu general, kurang spesifik.

Bentuk goal diatas masih bisa di detailkan lagi agar lebih spesifik, misal :

  • Memperoleh konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen,
  • Memberitahukan keunggulan suatu produk dibandingkan produk kompetitor, dan seterusnya.

4. Menentukan waktu pelaksanaan dan durasi waktu yang tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi sangat penting, hal ini terkait dengan momentum yang sedang berlangsung di masyarakat.

Contohnya memberi diskon hari kasih sayang atau valentine untuk penjualan coklat.

Sebuah promosi akan memberikan dampak lebih baik saat promosi tersebut mengandung urgenitas.

Contoh sales promotion yang menyertakan batasan :

  • Gratis satu tangkai bunga mawar untuk setiap pembelian lima pack coklat coklat gold magnum.
  • Gratis satu tangkai bunga mawar untuk setiap pembelian tiga pack coklat gold magnum berlaku sampai dengan tanggal 20 Februari 2021
  • Dapatkan satu tangkai bunga mawar untuk setiap pembelian coklat gold magnum selama persediaan masih ada.
  • Gratis satu tangkai bunga mawar untuk setiap pembelian coklat gold magnum hanya untuk 100 orang pertama.

5. Mengkomunikasi sales promotion

Setelah semua sudah di kerjakan, maka terakhir yang menjadi perhatian adalah memilih saluran komunikasi pemasaran.

karena promosi tidak akan efektif jika konsumen tidak melihat, tidak mengetahui dan tidak memahami materi promosi itu sendiri.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang sales promotion yang merupakan salah satu bagian dari tugas seorang marketing.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna serta menambah wawasan Anda tentang sales promotion.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.