Profesi

Jenjang Karier dan Kisaran Gaji Seorang Account Executive dalam Perusahaan

Setiap perusahaan pastinya memerlukan mediator antara perusahaan dan client yang ditargetkan. Banyak perusahaan mencari Account Executive atau AE untuk memperlebar jaringan dan menjadi...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
account executive adalah
account executive adalah
Sumber Gambar : www.jojonomic.com

Setiap perusahaan pastinya memerlukan mediator antara perusahaan dan client yang ditargetkan.

Banyak perusahaan mencari Account Executive atau AE untuk memperlebar jaringan dan menjadi jembatan antara perusahaan dan konsumen.

Posisi Account Executive sendiri umum diketemukan pada bisnis advertensi, humas atau layanan keuangan dan teknologi.

Kalau Kamu senang bertemu dengan orang baru, dan menjaga relasi dengan orang lain. Kemungkinan account executive ialah opsi profesi yang cocok buatmu.

Sebelum memilih untuk berkarir ke dunia account executive atau AE, pelajari dahulu segala keterkaitan profesi ini, yuk.

Apa itu Account Executive?

Account executive ialah orang yang bertanggungjawab untuk menangani client yang sudah didapat perusahaan.

Seorang sales representative menjual produk atau jasanya ke konsumen. Lalu team sales akan mengalihkan account client itu ke team AE. Team AE akan mengurus, menumbuhkan, dan mengupdate akun-akun client tersebut.

Pada intinya AE atau Account Executive ialah orang yang mempunyai tanggung jawab mencari dan menjaga hubungan bisnis yang berkepanjangan dengan client.

Dari keterangan di atas, bisa diambil kesimpulan jika AE memiliki peran penting di dunia pemasaran. Bayangkan saja bila tidak ada team akun executive.

Tidak ada yang menjembatani client dan perusahaan akan Menyebabkan, kemauan dan keperluan mereka kemungkinan tidak tersampaikan secara baik.

Perusahaan akan kesusahan merealisasikan apa yang diinginkan oleh client. Tentu saja ini dapat membuat client kecewa dan berpindah ke perusahaan lain.

Tugas Account Executive

Peranan dan pekerjaan Account Executive umumnya memiliki perbedaan tergantung perusahaan dan industrinya.

Account Executive ini pekerjaannya pastinya menangani client, dimulai dari membuat rencana dan brainstorming, dan rapat untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh client.

Account Executive akan memberikan fasilitas pertukaran informasi antara agen dan client sejak mulai persiapan sampai penerapan kampanye.

Selain itu pada umumnya peranan dan pekerjaan Account Executive terpusat pada banyak hal, diantaranya:

1. Mempertahankan client yang ada

Satu diantara pekerjaan Account Executive ialah menjaga client yang telah dipunyai perusahaan.

Dengan demikian kerja sama di antara ke-2 nya terus berjalan dan bisnis perusahaan juga terjaga.

Untuk mencapainya, AE mesti mempunyai rasa ingin ketahui yang tinggi.

Pasalnya kamu harus terus menggali kebutuhan bisnis client hingga bisa mengenali kesempatan dan potensi kerja sama baru yang kemungkinan sejauh ini belum ada.

Dengan melakukan ini client yang ada tetap menjaga kerja sama dengan perusahaan.

2. Mencari client baru

Pekerjaan Akun Executive bukan hanya menjaga client yang ada saat ini, tetapi juga mencari dan menarik calon-calon client baru untuk membuat semakin banyak bisnis untuk perusahaan.

Itu penyebab umumnya AE akan mendapatkan target tertentu dalam hubungannya untuk membawa client baru dan menaikan penjualan bisnis perusahaan.

3. Menjaga kepuasan konsumen setia

Account Executive harus juga memastikan kepuasan client sebagai konsumen setia perusahaan.

Salah satu triknya dengan konsisten minta umpan balik mengenai perusahaan sebagai vendor.

Pasalnya pekerjaan AE yaitu memastikan konsumen setia merasa didengar.

Apalagi dengan minta penilaian dari client, AE bisa memberi pendapat penting yang berperan pada perkembangan perusahaan yang berkepanjangan.

Umpan balik itu diperlukan untuk memastikan target yang realistis di masa datang.

4. Menghimpun dan menganalisis data

Pekerjaan Account Executif yang lain ialah menghimpun dan mengkaji data untuk membantu perusahaan menentukan service yang bagus dan target pertumbuhan yang tepat.

Analisis data itu bisa meliputi informasi mengenai sikap client, trend industri, dan kekuatan perkembangan untuk tiap client baru.

Data ini akan berguna bukan hanya saat mencari client baru yang potensial untuk perusahaan tetapi dapat membantu menginformasikan gambaran untuk strategi pemasaran perusahaan.

5. Menghilangkan ancaman dari pesaing

Bukan hanya beberapa tugas di atas, AE diharapkan dapat memastikan jika client atau calon client tidak lari ke perusahaan pesaing.

Untuk melakukan pekerjaannya itu, AE harus bisa berpikir secara strategis menganalisis kekurangan dan kelebihan dari beberapa kompetitor lalu mengenali kebutuhan client yang tepat. Dengan demikian perusahaan dapat selalu selangkah di depan para pesaing.

Keterampilan yang Perlu Dipunyai seorang Akun Executive

Jika kamu tertarik untuk berkarier sebagai AE pastikan kamu mempunyai beberapa keterampilan di bawah ini.

  • Penjualan. Seorang Akun Executive harus pahami proses dan langkah kerja team sales atau pemasaran.
  • Komunikasi. Mayoritas peranan Account Executive menyaratkan kemampuan komunikasi yang mumpuni, baik verbal atau non verbal supaya dapat menarik dan menjaga hubungan yang bagus dengan client
  • Negosiasi. Account Executive akan dituntut untuk kerap melaksanakan tawar-menawar untuk capai persetujuan antara client dan calon client.
  • Manajemen proyek. Kemampuan ini diperlukan karena seorang Account Executive bakal sering mengurus lebih dari satu client.
  • Perencanaan strategis dan perhatian pada detil. AE harus bisa dapat memandang keperluan masing-masing client untuk membantu perencanaan strategis yang efektif dan efisien.
  • Keterampilan presentasi. ketrampilan ini diperlukan tiap kali AE harus membagikan gagasan dan laporan ke client.

Kebanyakan perusahaan rata-rata mencari AE dari kandidat yang mempunyai background pendidikan serta pengalaman tertentu seperti dari jurusan administrasi bisnis, komunikasi atau marketing.

Jenjang Karier Account Executive

Bila kamu baru akan coba di dunia AE ini, kamu akan ditempatkan jadi seorang junior AE.

Kamu akan belajar secara bertahap soal pekerjaan ini. Dimulai dari pengetahuan pemasaran, sales, bisnis, membuat laporan, sampai belajar bagaimana komunikasi yang bagus.

Jangan takut untuk belajar dan minta masukan dan kritikan dari seniormu. Suatu hal yang biasa dikerjakan lama-lama menjadi bisa.

Bila kamu telah handal menjadi junior AE, kamu bisa naik ke status senior AE. Sesudah kuasai semua strategi pada tingkat ini, profesi jadi akun executive manajer juga menantimu!

Kisaran Gaji Account Executive

Untuk kisaran gaji account executive tergantung dari lokasi perusahaan yang memberikan pekerjaan tersebut. Namun, untuk angka minimun gaji seorang AE junior mencapai Rp.2.700.000 hingga Rp.4.500.000 setiap bulan.

Gaji ini akan terus meningkat seiring kenaikan jabatan yang bisa mencapai Rp.10.000.000 untuk setiap bulan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum peran Account Executive dalam sebuh perusahaan.

Jika kamu tertarik bekerja di bidang ini, pastikanlah kamu mengasah kemampuan yang dibutuhkan supaya kamu menjadi calon karyawan terbaik dihadapan perekrut, ya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja Account Executive.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.