Tips Karir

Cara Menjawab Pertanyaan HRD : “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?”

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami – Interview kerja merupakan salah satu tahapan dari proses recruitment karyawan yang harus Anda lewati...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
pertanyaan wawancara kerja
pertanyaan wawancara kerja
Sumber Gambar : squline.com

Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami – Interview kerja merupakan salah satu tahapan dari proses recruitment karyawan yang harus Anda lewati sebelum memperoleh pekerkerjaan impian.

Salah satu pertanyaan yang umum di tanyakan oleh HRD ialah “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”. Pertanyaan ini sebenarnya gampang tetapi sangat menentukan nasibmu.

Anda sebagai pelamar harus menjawab dan menggambarkan citra positif supaya bisa melangkah ke tahapan selanjutnya.

Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan diri sebaik mungkin sebelum hadapi wawancara kerja.

Pada  Kesempatan ini SeputarKarir.com akan berbagi informasi tentang cara bagaimana menjawab pertanyaan tersebut tanpa memunculkan kesan-kesan yang tidak baik.

HRD : “Kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Saat menghadiri wawancara kerja, pasti  pertanyaan yang kerap diberikan kepada pelamar kerja ialah mengenai alasan Anda ingin bekerja di perusahaan.

Pertanyaan di atas sebetulnya mudah untuk dijawab, namun kita kerap kebingungan mencari argumen dan bagaimana menyampaikan ke pewawancara.

Buat fress graduate, pertanyaan ini mungkin akan susah dijawab, berbeda dengan pelamar kerja yang telah memiliki pengalaman, pertanyaan ini sudah biasa mereka temui.

Sebelum kami jelaskan cara dan contoh jawaban terbaik untuk jawab pertanyaan itu, perlu di ingat bahwa, jujur pada proses wawancara kerja itu wajib.

Bagi pewawancara atau perekrut, pertanyaan tersebut sangat penting karena dengan begitu mereka bisa ketahui tujuan, ekspektasi, ketertarikan dan kesesuaian pelamar kerja dengan satu sektor pekerjaan yang di lamar.

Menjawab “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Walau terlihat simpel ada banyak hal yang perlu diperhatikan supaya Anda bisa menjawab semua pertanyaan dengan tepat.

Berikut 3 cara menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”;

Perlihatkan semangat Anda terhadap pekerjan yang di lamar.

Antusias pada posisi pekerjaan yang dilamar adalah hal yang sangat penting supaya recruiter menetapkan pilihannya.

Gunakan sesi wawancara kerja untuk memperlihatkan semangat dan ketertarikan Anda terhadap pekerjaan yang di lamar.

Perlihatkan jika Anda betul-betul tertarik dengan bekerja di perusahaan tersebut. Untuk memperlihatkan semangat dan minat, tentu saja Anda harus memiliki modal pengetahuan yang cukup mengenai profile perusahaan dan posisi pekerjaan yang dilamar.

Dengan data itu Anda akan mendapat nilai lebih dari recruiter. Ini bisa menjadi modal penting supaya bisa lolos dan diterima menempati posisi pada perusahaan tersebut.

Hubungkan antara ketrampilan dan pengalaman Anda pada pekerjaan tersebut.

Melamar kerja yang tidak sesuai dengan ketrampilan yang dimiliki akan menyulitkan Anda dalam menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”.

Yakinkan perekrut jika Anda mempunyai ketrampilan pada sektor pekerjaan yang dilamar. Terangkan pengalaman dan ketrampilan Anda secara terinci.

Setelah itu mencocokkan dengan deskripsi dan detail pekerjaan yang dilamar. Dengan mengaitkan semuanya, recruiter akan menilai jika Anda mempunyai ketrampilan dan semangat pada jenis pekerjaan tersebut.

Yakinkan jika posisi pekerjaan tersebut  bisa mendukung karier Anda.

Supaya recruiter merasa percaya, maka Anda harus memperlihatkan jika posisi itu bisa banyak memberi manfaat secara individu.

Disamping itu, jawaban harus memperlihatkan jika Anda akan totalitas, bukan hanya untuk mengisi waktu luang atau sebagai batu loncatan saat mendapatkan pekerjaan tersebut.

Baca juga : 6 Tanda Wawancara Anda Akan Berujung Tawaran Kerja

Contoh jawaban “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Di atas sudah di jelaskan bagaimana cara menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”.

Berikut adalah contoh jawaban berdasar panduan di atas yang bisa Anda jadikan rujukan.

“Saya melamar pekerjaan di PT Prass Food International, karena menurut saya perusahaan ini sebagai salah satu perusahaan yang terbaik dan sanggup berkompetisi dalam bidang ini”.

“Saya ingin meniti karier dalam sektor ini karena saya mempunyai dua ketrampilan yang sesuai dengan posisi yang di butuhkan perusahaan yaitu Sales dan Pemasaran”

“Sektor ritel ialah  pekerjaan yang menantang  dan saya merasa tertantang di posisi ini, karena ada target yang perlu diraih.”

“Saya sudah lama bekerja pada bagian administrasi selama lima tahun dan dengan aktif mengatasi berbagai dokumen perusahaan. Menjadi bagian PT. Prass Food International merupakan hal yang Saya harapkan. Saya benar-benar semangat dan berminat untuk menggunakan dan memperbaharui kemampuan teknikal dan administrasi yang dimiliki dan berperan sebesar-besarnya pada perkembangan perusahaan”.

“Menjadi bagian dari perusahaan ini adalah hal yang saya harapkan, karena melalui perusahaan dan posisi ini bisa memberi saya ruangan dan tempat untuk berkreasi dan membuat karier supaya semakin bagus”.

“Saya mengetahui jika perusahaan ini sedang berkembang dengan pesatnya Dan Saya ingin menjadi bagian dalam bisnis yang sedang berkembang”

Baca juga : Cara Terbaik Memperkenalkan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

Hal yang perlu disiapkan sebelum wawancara kerja

Selainnya memberi jawaban dari pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” dengan tepat, Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebelum mengikuti wawancara kerja.

Persiapan ini memiliki tujuan supaya jawaban yang diberikan bukan asal-asalan. Berikut di bawah ini  beberapa hal yang bisa dilakukan agar jawaban Anda memiliki kesan yang baik serta lebih memberikan keyakinan.

  • Anda harus mengerti tujuan utama dari karier dalam pekerjaan
  • Harus bisa memproyeksikan karier sendiri dalam kurun waktu tertentu
  • Mencari informasi dan memahami profile perusahaan yang diminati, baik itu produk, misi serta visi, pencapaian dan lain-lain
  • Memahami tugas dan tanggung jawab dari posisi pekerjaan yang dilamar merupakan poin utama lainnya yang harus diperhatikan.
  • Selain cari info mengenai tugas dan tanggung jawab, Anda juga harus riset mengenail budaya perusahaan. Riset ini dapat dikerjakan dengan membaca profile perusahan dari web, media sosial dan beberapa sumber yang lain

Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” saat wawancara kerja.

Agar wawancara kerja berjalan lancar Anda bisa membaca artikel “Cara Membuat Seorang HRD Terkesan Saat Sesi Wawancara Kerja” dan pelajari juga faktor yang dapat menggagalakan interview kerja.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan menghadiri interview kerja.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *