Cara Terbaik Memperkenalkan Diri Saat Interview Beserta Contohnya

0
72
pertanyaan interview kerja
Sumber Gambar : amazonaws.com

Cara memperkenalkan diri saat interview – Setelah mengirim lamaran kerja, tahap selanjutnya adalah wawancara kerja. Pada tahap ini pewawancara akan memberimu beberapa pertanyaan seputar latar belakang Anda.

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan pewawancara adalah “Coba ceritakan diri Anda secara singkat!”

Banyak para jobseeker atau freshgraduate yang bingung menjawabnya ketika di beri pertanyaan ini.

Lantas, bagaimana cara kita mendeskripsikan diri ketika wawancara dan apa saja sih yang perlu dan tidak perlu disampaikan?

Cara memperkenalkan diri saat interview

Dalam wawancara kerja, biasanya pewawancara mempersilahkan calon karyawan untuk  memperkenalkan diri singkat.

Tujuan diri jawaban dari pertanyaan ini adalah untuk memberitahu pihak perusahaan dalam waktu yang singkat mengenai personality serta menunjukan semangat Anda.

Oleh sebab itu, pada saat perkenalan diri, sebisa mungkin ceritakan sedikit kekuatan diri Anda dan kaitannya dengan motivasi melamar ke perusahaan tersebut, yang bertujuan untuk menarik perhatian pewawancara serta akan menjadi topik pembicaraan wawancara ke depannya.

Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memperkenalkan diri

Perkenalkan nama Anda

Meski nama Anda sudah tertera di CV, namun ada baiknya Anda perkenalkan ulang nama Anda. Tentunya saat wawancara berlangsung pewawancara akan sesekali menyebutkan nama Anda.

Latar belakang pendidikan

Setelah memperkenalkan nama, selanjutnya adalah menjelaskan latar pendidikan Anda. Jelaskan juga alasan mengapa Anda memilih fakultas tsb dan apa saja yang Anda pelajari selama di bangku kuliah.

Tentu ini akan sangat membatu penilaian HRD, apakah Anda layak atau tidak untuk bekerja di perusahaannya.

Pengalaman kerja atau organisasi

Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja. Anda bisa menceritakan pengalaman organisasi atau pengalaman magang Anda.

Keterampilah khusus

Agar lebih meyakinkan HRD bahwa Anda adalah kandidat yang tepat, makan jelaskan pula ketrampilan yang Anda miliki, tentunya yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Perkenalkan diri Anda secara singkat, padat dan jelas

Saat memperkenalkan diri, hindari memberikan penjelasan terlalu panjang, apalagi menambahkan informasi yang tidak berkaitan dengan pengalaman profesional. Usahakan untuk menyampaikan perkenalan yang berisi informasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Contoh memperkenalkan diri saat interview kerja

Sumber Gambar : jobstreet.co.id

Contoh yang sudah berpengalaman

“Perkenalkan nama saya Kukuh Jati Utomo. Saya lulus dari Universitas Pembangunan Negara Yogyakarta pada tahun 2018. kemudian mulai bekerja di PT Prasstex International , perusahaan yang bergerak di bidang garment. Di PT Prasstex International, saya bertugas di departemen Sales selama 8 tahun, dan telah menangani persiapan produk new-model dari berbagai customer perusahaan besar”.

Contoh lulusan SMA

“Nama Saya Wahyu Jati Kusuma Saya berusia 30 tahun, lulusan SMA, pernah mengikuti Kursus di pare Selama 6 bulan dan pernah menjadi juara lomba pidato bahasa inggris tingkat provinsi, keseharian saya masih aktif  dalam menulis artikel bahasa inggris di blog pribadi saya www.seputarkarir.com”

Contoh fresh graduate pengalaman magang

“Perkenalkan nama saya  Robi Akbar, saya lulusan dari Universitas Negri Magelang pada tahun 2017. Selama menempuh pendidikan terakhir saya melakukan penelitian sekaligus magang di perusahaan PT Jatifood International sebagai progamer selama 10 bulan. saya berminat untuk mempelajari bahasa inggris dan mengikuti kursus di pare selama 6 bulan, kemampuan bahasa inggris semakin memudahkan saya dalam memperdalam ilmu pemrograman.”

Contoh fresh graduate pengalaman organisasi

“Nama saya Andi Mustaqim lulusan dari Universitas Negeri Salatiga pada tahun 2014. Saya mempelajari tentang organisasi ekonomi untuk seminar di perkuliahan, serta melakukan penelitian tentang struktur organisasi, kultur, serta kepemimpinan melalui studi kasus di perusahaan Internasional. Saya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan saya senang untuk melakukan perjalanan 6 hingga 7 kali baik dalam maupun ke luar negeri tiap tahunnya, untuk mengeksplor kebudayaan, serta bertukar budaya dengan penduduk setempat. Negara terakhir yang saya kunjungi ialah India, negara yang maju di bidang ekonomi. Selain itu, saya juga memiliki minat untuk mempelajari bahasa Spanyol dan Prancis, dan mencoba mempraktekkan secara langsung bahasa tersebut dengan berkomunikasi dengan koordinator mahasiswa dari negara tersebut di kampus saya”

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang cara dan contoh memperkenalkan diri saat wawancaara kerja.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here