Rahasia Penilaian Tes Interview Kerja Oleh HRD

0
359
pertanyaan wawancara kerja
wawancara kerja adalah – Sumber Gambar : squline.com

Tes wawancara kerja adalah salah satu tahapan penting dalam perekrutan karyawan baru.

Pihak perusahaan akan melihat siapa saja yang layak dipertimbangkan untuk menempati suatu posisi di perusahaan mereka dan siapa yang memang tidak cukup layak di bidang itu.

Banyak para pelamar yang merasa cemas dan kesulitan menghadapi tahapan ini. Karena itu, persiapan yang baik menjadi penting untuk dilakukan.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan atau penilaian dari pihak perusahaan yang menjadi penentu kelulusan Anda dalam tes interview.

Berikut merupakan hal-hal yang dinilai dalam tes wawancara kerja:

1. Wawasan tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

Key Performance Indicator
Sumber Gambar : legistra.id

Ya, pengetahuan Anda mengenai perusahaan yang di lamar akan menjadi salah satu penilaian yang kuat dari pihak perusahaan.

Sebelum tes interview sebaiknya Anda mencari tahu informasi seputar perusahaan tersebut, tentang visi dan misi perusahaan, dan bergerak di bidang apa perusahaan tersebut.

Baca Juga : HRD : Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Selain itu, Anda juga harus memiliki wawasan terhadap posisi yang Anda lamar, menyangkut tugas dan tanggung jawabnya, bergelut dibidang apa posisi tersebut, bahkan Anda juga perlu mencari tahu berapa gaji yang biasanya diberikan untuk posisi tersebut.

Jika Anda memiliki pengalaman kerja sesuai dengan kualifikasi yang diharapkan user, maka kesempatan Anda untuk diterima kerja akan terbuka lebih terbuka.

2. Attitude

sukses wawancara
sukses wawancara

Karakter pelamar sangat menentukan apakah layak atau tidak untuk diterima ke dalam sebuah perusahaan.

Cara Anda dalam bersikap dan berkomunikasi akan berpengaruh cukup besar pada keputusan pihak perusahaan.

Setiap pewawancara akan menilai setiap gerak gerik yang Anda lakukan, oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda menjaga sikap Anda.

Seberapa pun hebatnya seseorang, tapi ia mempunyai sikap yang kasar atau tidak sopan, maka pihak perusahaan akan berpikir dua kali untuk menerimanya.

Perhatikan gaya bicara Anda. Bagi seorang pewawancara, cara berkomunikasi sesorang bisa menunjukkan karakter seseorang juga, sehingga pastikan cara komunikasi Anda harus jelas dan tegas.

3. Penampilan

pertanyaan interview kerja
Sumber Gambar : amazonaws.com

Kesan pertama saat bertemu dengan orang baru pasti berawal dari penampilan. Penampilan Anda secara subjektif juga akan sangat berpengaruh karena tentunya pihak perusahaan menyukai seseorang yang berpenampilan rapi dan bersih.

Baca Juga : Biru, Warna Pakaian yang Direkomendasikan 

Ada baiknya jika Anda gunakan pakaian yang pantas dan rapi agar terlihat lebih profesional. Dengan penampilan yang profesional, maka penilaian terhadap diri Anda akan meningkat dengan sendirinya.

4. Motivasi kerja dan rencana masa depan

tes wawancara kerja adalah
Sumber Gambar : jobstreet.co.id

Pihak perusahaan akan meminta Anda untuk memaparkan apa yang menjadi motivasi Anda melamar di perusahaan tersebut, dan mengapa Anda memilih posisi atau jabatan yang ditawarkan.

Tentu saja hal ini harus Anda ungkapkan dengan penuh keyakinan dan jangan ragu-ragu. Untuk itu, Anda sebaiknya sudah mereka-reka jawabannya sebelum Anda menghadapi tes interview.

Sikap Anda saat wawancara kerja dapat menunjukkan ketertarikan Anda terhadap perusahaan serta posisi yang Anda harapkan.

Baca Juga : HRD : Apa Motivasi Anda Bekerja? Simak Penjelasan Lengkapnya

Dengan antusiasme yang tinggi ditambah dengan pengetahuan tentang perusahaan, akan memberikan nilai lebih mengapa pewawancara harus memilih Anda dibandingkan dengan kandidat lain.

Rencana masa depan Anda juga tak jarang menjadi pertimbangan pihak perusahaan, karena pihak perusahaan ingin melihat sejauh apa Anda serius untuk menekuni pekerjaan baru ini dan seberapa lama Anda akan bertahan di perusahaan tersebut.

Hindari untuk menyampaikan jawaban bahwa di masa depan Anda ingin bekerja di tempat lain atau berada di tempat lain.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memenuhi panggilan HRD untuk tes wawancara kerja di perusahaan.

Semoga contoh cv fresh graduate SMA, SMK dan S1 bisa menjadi panduan Anda dalam penulisan CV yang akan Anda persiapkan.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here