HRD : Apa Motivasi Anda Bekerja? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Motivasi Anda Bekerja
Apa Motivasi Anda Bekerja
apa motivasi Anda bekerja – Sumber Gambar : ringcentral.com

Pada proses wawancara ada banyak pertanyaan yang disodorkan untuk menilai kandidat karyawan, satu diantaranya ialah pertanyaan mengenai “apa motivasi Anda bekerja”.

Jawaban kandidat tersebut berhubungan dengan alasan atau dorongan yang menjadi background kenapa Anda melamar pekerjaan ini.

Meskipun argumen itu bisa disebutkan sebagai hal yang datang dari individu masing-masing calon, tetapi beberapa orang masih kebingungan harus menjawab apa atau jawaban apa yang seharusnya diberi mengenai “apa motivasi Anda dalam bekerja” saat wawancara.

Pada kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai panduan dan contoh jawaban pertanyaan terkait motivasi mengikuti rekrutmen. Baca penjelasannya berikut!

Tujuan Pertanyaan “Apa Motivasi Anda Bekerja”

Apa sebetulnya tujuan HRD bertanya hal itu? Pertanyaan itu disodorkan untuk mencari tahu kecocokan di antara motivasi dan posisi yang dilamar.

Disamping itu, HRD dapat memandang konsistensi dan tanggung-jawab beberapa kandidat saat bekerja berdasar jawaban dari pertanyaan itu.

Berdasar jawaban itu , HRD dapat mengenal karakter yang dipunyai masing-masing pelamar.

Baca Juga : Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami? Begini Cara Jawabnya

Tips Menjawab Pertanyaan “Apa Motivasi Anda Bekerja”

apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami
Sumber Gambar : imgx.parapuan.co

Salah satu pertanyaan yang sering ditanya oleh rekruter ialah pertanyaan mengenai “apa motivasi Anda bekerja”.

Walau hal itu terlihat sepele, tetapi motivasi sebagai poin penting dan jadi penilaian untuk perekrut dalam mengenali apakah kandidat karyawan itu mempunyai keinginan atau tujuan dalam bekerja atau tidak.

Karena, hal motivasi benar-benar memengaruhi performa dan profesionalisme seseorang.

Disamping itu, beberapa dari para calon karyawan yang masih kebingungan mengenai bagaimanakah cara jawab pertanyaan perihal motivasi.

Berikut beberapa tips untuk jawab pertanyaan “apa motivasi Anda bekerja” yang bisa Anda terapkan.

1. Jawablah dengan jujur

Kunci utama dalam jawab pertanyaan berkaitan motivasi melamar ke perusahaan ialah berbicara jujur.

Tidak boleh memberi jawaban yang dibuat-buat atau bohong karena hal itu akan bikin rugi Anda sendiri nantinya.

Kejujuran yang kamu perlihatkan akan memberi kesan-kesan jawaban yang alami dan tidak mengada-ada. Hingga, HRD akan yakin pada tiap jawaban yang kamu sampaikan.

2. Beri jawaban yang relevan

Hal paling penting yang lain ialah masih tetap menjaga jawaban masih tetap relevan.

Walau termotivasi oleh beberapa factor, namun jawaban yang tidak sesuai dengan persyaratan kecil kemungkinan akan ditolak.

Maka, tentukan bagian yang sesuai minat yang Anda punyai. Terangkan alasan kenapa Anda menyukai posisi atau sektor tersebut.

3. Jawablah dengan detil

Perlihatkan satu atau beberapa motivasi yang spesifik. Anda bisa juga memberi satu pengalaman tertentu yang memperlihatkan bagaimana hal tersebut berpengaruh positif pada pekerjaan.

Hal itu bisa memberikan integritas. Semakin detil dan tetap jaga jawaban tetap ringkas karena itu makin baik.

4. Hubungkan dengan visi serta misi perusahaan

Setiap orang tentu mempunyai semangat kerja yang berbeda. Hal itu berlaku sama dengan posisi yang dilamarnya.

Motivasi yang kamu sampaikan harus mempunyai tujuan yang jelas dan sesuai dengan posisi yang dilamar.

Dengan begitu, HRD akan memberimu nilai plus karena dipandang visioner.

5. Sertakan bukti

Tips selanjutnya adalah memperlihatkan bukti kuat, tidak sekedar mengatakan ketertarikan melamar kerja.

Beri pencapaian atau hal yang lain yang telah Anda raih dalam sektor yang Anda meminati tersebut.

Baca Juga : Berapa gaji yang Anda inginkan? Begini Cara Menjawabnya

Contoh Jawaban “Apa Motivasi Anda Bekerja”

Berapa gaji yang anda inginkan
Sumber Gambar : www.anakui.com

Sesudah mengerti tips mengenai metode menjawab pertanyaan saat wawancara, berikut contoh jawaban pertanyaan wawancara mengenai “apa motivasi Anda bekerja”.

1. Sesuai dengan minat kerja

Refleksikan motivasimu berdasar ketertarikan dan passion yang kamu punyai. Perlihatkan jika kamu benar-benar sungguh-sungguh pada posisi yang kamu lamar. Kamu bisa memakai jawaban berikut ini:

“Motivasi saya melamar pada pekerjaan ini karena sesuai ketertarikan dan background pendidikan saya. Seperti yang diketahui, Sales ialah ujung tombak perusahaan yang bertugas menjual dan mendistribusikan produk untuk perkembangan perusahaan. Hal itu sesuai dengan jurusan prndidikan saya, yaitu management marketing. Maka dari itu, saya merasa bisa bekerja maksimal saat saya diterima dan ditempatkan dalam posisi ini.”

2. Menghubungkan dengan pengalaman kerja

Ketrampilan dan beberapa pengalaman di perusahaan sebelumnya bisa menjadi dasar jawaban motivasi kamu.

Berikut contoh jawaban wawancara “apa motivasi Anda bekerja” terkait dengan pengalaman kerja.

“Saya pernah turut andil dalam keberhasilan perusahaan saya sebelumnya mendapatkan penghargaan sebagai best distributor. Di situ, saya banyak memperoleh pengetahuan tentang kepimpinan, kerja team, selling, distribusi dan management resiko yang bagus. Berdasar pengalaman itu, saya percaya jika bekal yang saya punyai patut untuk diterapkan pada perusahaan ini”

3. Ikut berperan dalam memajukan perusahaan

Hampir serupa dengan pernyataan sebelumnya, tetapi jawaban Anda yang ini baik untuk bikin HRD tertarik saat mewawancarai Anda.

Jawaban motivasi melamar pekerjaan untuk turut peran dalam memajukan perusahaan masih jarang dipakai oleh banyak pelamar kerja.

Bila Anda ingin memberi jawaban untuk memajukan perusahaan, Anda dapat ikuti kalimat berikut.

“Saya ingin bekerja di perusahaan ini karena saya ingin turut berperanan dalam memajukan perusahaan ini. Menurut saya, perusahaan ini membutuhkan pegawai baru dalam tujuan untuk memberi pemikiran baru yang lebih fresh. Saya percaya dengan kapabilitas yang saya punyai, saya bisa membantu perusahaan untuk jadi lebih baik. Saya ingin perusahaan ini tidak kalah dari para pesaing dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan terbaik.”

4. Memahami budaya perusahaan

Budaya perusahaan bisa menjadi argumen untuk motivasi kerjamu. Misalnya berikut di bawah ini.

“Saya ingin sekali bekerja dan diterima di perusahaan ini karena budaya organisasinya terlihat begitu menyenangkan. Beberapa orang yang ramah dan mempunyai tujuan sama, membuat saya semangat dalam bekerja. Saya percaya rasa nyaman yang muncul akan membuat kerasan para pekerjanya. Kontribusi yang saya beri juga sudah tentu maksimal.”

5. Meninggalkan Zone Nyaman

Kamu dapat mengungkapkan wujud semangatmu dalam bentuk berikut ini:

“Saya mengetahui jika posisi ini berbeda jauh dengan background pendidikan saya. Tetapi, hal itu tidak jadi rintangan karena saya ialah individu yang begitu menyukai tantangan. Situasi kerja baru, rekan baru, dan pekerjaan baru, memicu semangat saya untuk selalu belajar.”

Demikian beberapa contoh jawaban dan tips menjawab pertanyaan “apa motivasi Anda bekerja” yang bisa Anda pakai saat melamar pada sebuah perusahaan.

Anda hanya perlu memberikan jawaban yang tegas dalam bahasa yang benar dan baik supaya lebih memberikan keyakinan rekruter.

Semoga informasi artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang yang sedang mencari pekerjaan.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *