Profesi

Pentingnya Peran Public Relation di Perusahaan

Apakah ada yang memiliki cita-cita ingin jadi seorang public relation? Sebagian besar perusahaan memerlukan peranan public relation atau humas. Baik startup atau...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
tugas public relation
tugas public relation
Sumber Gambar : redcomm.co.id

Apakah ada yang memiliki cita-cita ingin jadi seorang public relation? Sebagian besar perusahaan memerlukan peranan public relation atau humas.

Baik startup atau perusahaan yang telah berdiri beberapa puluh tahun, memerlukan orang dengan posisi ini.

Pasalnya, public relation atau humas (hubungan masyarakat) merupakan kepanjangan tangan dari perusahaan dalam faktor komunikasi.

Dalam beberapa kasus, peranan seorang public relation atau humas kuat hubungannya dengan citra positif perusahaan.

Artinya baik buruknya citra perusahaan terlihat dari kemahiran public relationnya
Lalu, seperti apakah peranan public relation ini? Disamping itu, bagaimana juga kualifikasinya?

Tetapi, sebelum mengulas lebih jauh tentang pekerjaan dan tanggung jawab public relation mari kita cari info lebih dulu pemahaman public relation.

Apa itu public relation

Pengertian public relation adalah divisi kerja dengan pekerjaan khusus mengelola informasi dan komunikasi perusahaan ke khalayak publik.

Dalam kata lain, humas miliki tanggung jawab untuk membuat citra yang bagus di suatu perusahaan.

Walau keliatannya gampang, tetapi proses ini cukup susah untuk dilaksanakan. Masalahnya untuk bikin citra yang bagus dibutuhkan beberapa hal.

Dimulai dari pegawai, konsumen hingga masyarakat umum. PR akan berkomunikasi secara aktif dengan masyarakat atau client, sebagai perwakilan dari perusahaan.

Tidaklah aneh, di sejumlah perusahaan besar, peranan ini bahkan juga mempunyai team khusus.

Mereka dituntut untuk mengontrol dan memastikan citra yang bagus. Bahkan juga PR dituntut membuat penelitian untuk mengetahui apa yang menjadi harapan dan tuntutan dari masyarakat.

Dari keterangan di atas bisa di simpulkan jika Public relation adalah strategi perusahaan untuk membuat relasi baik dengan public agar bisa memperoleh pendapat yang positif dari kelompok masyarakat disekelilingnya.

Public relation sangat penting dalam membuat citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luas pada perusahaan yang bersangkutan.

Dengan adanya team Public relation diharapkan dapat meminimalkan perselisihan yang mungkin dapat melibatkan perusahaan tersebut.

Pentingnya peran public relation di perusahaan

Banyak orang yang masih belum mengetahui mengenai kehadiran dan keutamaan status public relations atau humas dalam suatu perusahaan.

Public relations mempunyai peranan yang hampir serupa dengan CSR (Corporate Social Responsibility).

Peranannya adalah melakukan pendekatan ke warga dan memahami berbagai keperluan yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan ke masyarakat. Supaya citranya masih tetap baik, dan tidak mengalami kemandekan kerja.

Humas berperan seperti sebuah penyambung yang mempertemukan di antara perusahaan dan masyarakat secara luas.

Hal tersebut dilaksanakan melalui bermacam proses komunikasi, baik langsung face to face dengan pihak yang bersangkutan atau secara tidak langsung.

Disamping itu,humas harus meningkatkan nilai dan citra perusahaan di masyarakat luas dengan mengelola pemahaman dan substansi brand atau produk yang dipasarkan oleh perusahaan.

Fungsi public relation dalam perusahaan

Menurut Edward L. Bernays, ada beberapa fungsi Public relation, salah satunya:

  • Memberikan pengetahuan ke masyarakat
  • Melakukan persuasi ke masyarakat dengan tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku
  • Berupaya untuk menyatukan sikap dan tingkah laku masyarakat supaya sesuai sikap dan tindakan sebuah instansi, atau kebalikannya

Tugas pokok public relation dalam suatu perusahaan

Selayaknya profesi lain, humas mempunyai tugas penting di sebuah perusahaan.

Mereka dituntut untuk selalu menjaga citra perusahaan untuk terus menarik di mata masyarakat.

Disamping itu, mereka diharapkan mahir dalam urusan lain seperti bersinergi dengan media massa.

Berikut sejumlah hal yang menerangkan begitu pentingnya peran humas dalam suatu perusahaan.

  • Merencanakan dan membuat press release.
  • Menulis dan memproduksi presentasi dan tayangan jurnalis
  • Melakukan perencanaan strategi mengenai publisikasi dan kampanye
  • Memonitor rutinitas pesaing bisnis, membangun identitas merek dan kesadaran masyarakat mengenai perusahaan;
  • Mengelola rekam jejak perusahaan dengan membuat program manajemen krisis dan membuat penelitian mengenai sentimen masyarakat pada perusahaan;
  • Membuat dan mengurus event seperti pameran atau peluncuran produk baru;
  • Memperbarui dan memantau content dan rutinitas pada basis sosial media dan web.
  • Menjawab dan menerangkan pertanyaan dari warga, jurnalis, dan organisasi berkaitan
  • Berbicara secara terbuka di wawancara, pertemuan jurnalis dan presentasi
  • Memberikan dan menyiapkan data informasi mengenai peluang promo baru dan kampanye PR ke client
  • Menganalisis liputan media
  • Melakukan penelitian pasar yang berkaitan
  • Merancang, menulis dan / atau menghasilkan presentasi, tayangan jurnalis, artikel, leaflet, jurnal, laporan, edaran publikasi, informasi untuk website dan video promo.

Tanggung jawab public relation

Tanggung jawab humas terbilang cukup kompleks. Ini karena mereka bertanggung jawab pada banyak hal penting yang menyangkut cerminan perusahaan di muka masyarakat.

Sebagai sebuah profesi, seorang humas bertanggungjawab untuk memberi info, mendidik, memberikan keyakinan, mendapat simpati, dan menghidupkan minat warga akan suatu hal.

Seorang humas selanjutnya diharapkan dapat membuat beberapa program dalam upaya mempertahankan, membuat, dan memelihara pemahaman bersama di antara perusahaan dan konsumennya.

Posisi humas sebagai penunjang terwujudnya tujuan yang ditetapkan oleh satu management organisasi.

Target public relation adalah masyarakat intern dan external, di mana secara operasional humas bekerja membina hubungan harmonis di antara organisasi dengan konsumenya dan menahan munculnya permasalahan psikis yang kemungkinan terjadi antara kedua nya.

Kemampuan yang dibutuhkan public relation

Umumnya perusahaan menyaratkan public relation dari jurusan ilmu komunikasi. Meskipun begitu, perubahan jaman mengubah konsep itu dan beberapa perusahaan tidak mempunyai persyaratan dengan jalur tertentu.

Menurut Prospects untuk berada di posisi itu, diperlukan beberapa kwalifikasi berikut.

  • Jurnalistik dan penulisan: karena press release dan pidato adalah bagian penting dari pekerjaan humas, kapabilitas menulis bagus merupakan kewajiban penting.
  • Komunikasi verbal: harus sanggup menyuguhkan info secara meyakinkan ke khalayak, media, dan anggota intern perusahaan.
  • Relasi media: media dapat menggiring opini masyarakat hingga dapat membuat sentimen positif dan negatif, itu penyebabnya PR dituntut punyai rekanan yang baik dengan media.
  • Sponsor: kekuatan menggandeng sponsor atau investor baru dapat menentukan pergerakan perusahaan, dan pengetahuan ini penting dipunyai sosok PR.
  • Manajemen publik: perusahaan tidak akan bisa berkompetisi bila tidak dilirik oleh masyarakat, dan management publik dapat memudahkan penetrasi bisnis ke berbagai segmen.
  • Teknologi: platform online seperti sosial media dan web punyai peranan penting sebagai portal informasi perusahaan, dan pengetahuan akan tehnologi dapat memudahkan penyampaian.
  • Interpersonal: berurusan dengan media dan masyarakat membutuhkan kekuatan interpersonal yang baik supaya tidak ada ketersinggungan di antara intern perusahaan dan pihak luar.

Demikianlah informasi yang dapat Kami sampaikan tentang pekerjaan public relation di perusahaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi gambaran kerja public relation.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.