Jenjang Karier Profesi Chef Professional di Kitchen Departement

Eksekutif Chef
chef adalah
Chef adalah – Sumber Gambar : www.ecpi.edu

Kehadiran program Televisi seperti Hell’s Kitchen dan Master Chef membawa dampak positif untuk indusri kitchen. Banyak angkatan muda yang terpacu untuk berkarier sebagai Chef Professional.

Dulu karier juru masak kurang demikian di meminati oleh angkatan muda karena dipandang tidak ada tingkatan kirirnya.

Tetapi saat ini banyak anak muda yang mulai tertarik berkarier sebagai chef profesianal sampai memilih untuk jalani pendidikan khusus.

Apa Itu Chef

Juru Masak
Sumber Gambar : harri.com

Kata Chef berasal dari bahasa Francis yaitu Chef de Cuisine yang artinya orang yang memimpin di dapur.

Chef adalah orang yang bekerja membuat resep, menentukan dan mengukur beberapa bahan masakan, mengolah, menyajikan suatu sajian dengan cita-rasa terbaik.

Bukan hanya masalah rasa tapi juga tampilan dari masakannya harus kelihatan cantik, dan pantas untuk dibayar mahal.

Pada dasarnya, seorang juru masak harus mengontrol sistem yang ada di dapur, dimulai dari membuat Menu masakan, Penyiapan memasak, Proses memasak sampai ke Penyajian makanan.

Dalam rangka menjadi seorang juru masak professional dibutuhkan ketrampilan, kekuatan, dan tentunya spirit yang kuat untuk mengejar karier yang menjanjikan.

Jenjang Karier Profesi Chef

Karier seorang chef memang sangat prospektif, baik dari sisi reputasi atau pendapatan. Tetapi sudah pasti ini balik lagi bergantung pada perform, reputasi, dan kemampuan masing-masing orang.

Apabila anda tertarik menekuni karier sebagai juru masak, maka Anda perlu mengerti seluk beluk atau tingkat yang perlu dicapai seseorang sampai mendapatkan gelar chef professional.

Cook Helper

cook helper
Sumber Gambar : www.ofertaescapadas.com

Pertama kalinya masuk ke dunia chef, seseorang akan jadi cook helper terlebih dahulu. Bila dalam hirarki karyawan kantoran, cook helper sama dengan staf, hingga tiap pegawai yang baru direkrut untuk mengisi posisi dapur umumnya akan ditempatkan sebagai cook helper lebih dulu.

Cook helper dapat disebutkan eksekutor yang bekerja atas perintah atasannya. Pekerjaan seorang cook helper untuk menyiapkan beberapa bahan makanan yang hendak diproses restaurant.

Sama sesuai namanya, cook helper menolong seorang juru masak inti saat mempersiapkan bahan mentah, membersihkan, dan memotong-motong bahan masakan.

Disamping itu, cook helper membantu tiap bagian dalam divisi dapur jika ada tugas yang memerlukan banyak orang.

Pekerjaan lain dari cook helper juga termasuk mempersiapkan perlengkapan memasak, membersihkan dan menyimpan perlengkapan yang sudah dipakai, dan membantu pengolahan makanan khususnya untuk menu yang kompleks.

Baca Juga : Peran Cook Helper Sebagai Asisten Chef di Kitchen

Commis Chef

commis chef
Sumber Gambar : blog.incibum.it

Sesuai namanya, tugas commis chef adalah memproses bahan baku dasar yang sudah dipersiapkan oleh cook helper.

Dalam hirarki karyawan kantoran, commis chef seperti kepala bagian yang berhubungan langsung dengan bidang pekerjaan.

Posisi ini terbagi dalam beberapa tingkatan yaitu diawali dari jenjang terendah disebut commis 3, commis 2, dan commis 1 sebagai tingkatan tertinggi.

Commis chef disebut sebagai koki yang dalam dunia kuliner berbeda dengan chef. Dengan gelar ini, seorang commis chef mengerjakan tugas sesuai instruksi, mengikuti resep, mengolah makanan tiap hari, dan berada dalam tahapan belajar sampai disebut chef professional.

Kadang commis chef bisa juga menggantikan chef de partie jika berhalangan untuk datang ke restaurant.

Demi Chef

cook helper adalah
Sumber Gambar : consjobs.com

Demi chef adalah asisten terdepan seorang chef professional dalam sebuah restaurant. Karena demi chef bertanggungjawab langsung terhadap chef eksekutif.

Sebagai seorang asisten juru masak harus sanggup mengerjakan semua pekerjaan di dapur, dimulai dari memotong sayur, menyembelih, memanggang, atau memproses beragam potongan daging, bahkan juga demi chef juga harus dapat membantu koki untuk membuat sajian makanan penutup.

Tidak hanya menyiapkan makanan, tapi juga harus membersihkan tempat kerja dan memperhatikan tiap sudut supaya kebersihan makanan yang dihidangkan bisa dijamin memiliki kualitas.

Mereka dituntut untuk menuntaskan tugas on time tanpa mempertaruhkan kualitas makanan. Oleh karenanya, seorang asisten juru masak harus sanggup bekerja di bawah tekanan dan konsisten.

Pekerjaannya sangat banyak karena peranannya sebagai penjamin kualitas menu makanan atau quality controller sehingga mereka harus sanggup mengatur mulai dari stock bahan baku sampai proses closing sebuah restaurant.

Chef De Partie

chef de partie
Sumber Gambar : images.delightedcooking.com

Chef de partie mempunyai status yang serupa seperti supervisor atau bisa di sebut sebagai kepala bagian dapur yang memimpin unit tertentu.

Misalkan ada chef de partie yang memimpin divisi dapur cold kitchen, hot kitchen, bucher, dan pastry.

Sebagai supervisor maka pekerjaan utamanya ialah bertanggungjawab untuk memantau operasional dapur secara detail.

Bila diperlukan pada kondisi tertentu, kepala bagian dapur bisa juga turun tangan langsung untuk turut menolong mengolah makanan.

Umumnya setelah pekerjaan yang dilakukan oleh bawahannya telah usai, maka kepala bagian dapur akan melaksanakan pengecekan sekaligus finising pada hasil pekerjaan mereka.

Selanjutnya kepala bagian dapur akan berbicara langsung dengan atasannya yakni sous chef atau eksekutif chef untuk memberikan laporan dan pastikan tugas dilaksanakan secara baik.

Sous Chef

apa itu cook helper
Sumber Gambar : ms.cloudfront.net

Sous chef dapat disebutkan sebagai wakil dari pimpinan paling atas dari sebuah perusahaan hingga tingkatnya ada ke-2 paling atas adan statusnya sebagai tangan kanan dari eksekutif chef.

Sebagai bawahan langsung dari eksekutif chef, sous chef akan memberi intruksi yang dikatakan langsung ke bawahannya. Pekerjaan intinya ialah menciptakan menu yang beraneka ragam sesuai peraturan dan visi restaurant.

Eksekutif Chef

"Eksekutif

Tingkat paling tinggi dari hirarki seorang chef disebut eksekutif chef atau head chef. Sebagai seorang atasan atau bos di dapur, eksekutif chef bukan hanya bekerja dalam soal administrasi atau pemantauan, tapi juga meliputi semua masalah dapur.

Head chef harus sanggup membuat menu baru, mengontrol dan memantau semua pekerjaan di dapur, dan memantau pengolahan dan bahan yang dipakai harus sama sesuai standard restaurant.

Karena kedudukannya yang tertinggi, bila ada protes dari konsumen setia, karena itu head chef yang hendak maju dan terima kritik.

Harus diingat jika head chef harus sanggup membuat menu baru yang bisa penuhi harapan konsumen.

Demikian informasi mengenai tingkatan level chef dalam Industri makanan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin berkarir sebagai chef profesional.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *