Peran Cook Helper Sebagai Asisten Chef di Kitchen

0
31
apa itu cook helper
Sumber Gambar : ms.cloudfront.net

Sebuah restaurant harus memberikan pelayanan yang optimal agar para tamu merasa senang dan nyaman. Satu diantara departemen yang berperanan penting di restaurant ialah cook helper atau kitchen helper.

Cook helper ialah bagian dari departemen dapur. Tak jarang seorang yang ingin menjadi chef professional memulai kariernya sebagai cook helper.

Nach, lantas apa sih sebetulnya yang dimaksud dengan cook helper? Untuk lebih lengkapnya, yok baca pembahasan mengenai apa itu cook helper dan tugasnya di kichen!

Apa itu Cook Helper?

Cook Helper ialah seorang yang bekerja untuk membantu semua kegiatan di dapur. Sebagai asisten chef, kitchen helper bertanggungjawab penuh atas seluruh kebutuhan yang diperlukan oleh chef / koki.

Untuk menjadi seorang kitchen helper tentu saja harus mempunyai pengalaman. Profesi sebagai kitchen helper. disebut dengan asisten koki dan bertanggungjawab mengontrol kondisi dapur tetap teratur dan bersih.

Meskipun begitu, kitchen helper hanya sekedar membantu dan mendukung proses di dapur.

Di awal kerjanya kitchen helper hanya di pekerjaankan menyiapkan, mengemas, membereskan, membersihkan, dan menyimpan kembali bahan masakan yang layak dan membuang yang tidak memenuhi standard pangan.

Baca Juga : Jenjang Karier Seorang Chef Professional di Industri Makanan

Tugas Cook Helper

tugas cook helper
Sumber Gambar : mrkitchen.co.id

Sesudah memahami apa yang dimaksud kitchen helper, selanjutnya kita akan membahasa lebih dalam terkait pekerjaan dan tanggung jawabannya di kichen.

Peranan cook helper dapat dikatakan cukup penting dalam mendukung efisiensi dan efektivitas tugas di kitchen.

Sebagai salah satu bagian dari department kitchen, kitchen helper mempunyai peran yang tidak dapat dianggap sepele. Adapun pekerjaan dan kewajiban tersebut meliputi :

1. Mempersiapkan perlengkapan masak

Pekerjaan fundamental seorang cook helper ialah menyiapkan semua perlengkapan masak yang hendak dipakai untuk membuat suatu sajian untuk dihidangkan.

Cook helper bertanggungjawab penuh atas kelengkapan perlengkapan yang dibutuhkan oleh chef nantinya. Adapun dalam masalah ini kitchen helper harus menjaga dan membersihkan semua perlengkapan sesudah usai dipakai.

2. Mempersiapkan beberapa bahan yang akan diolah

Seluruh bahan mentah yang hendak diolah atau diproses koki sebagai tanggung-jawab kitchen helper. Koki atau chef akan memberi daftar bahan-bahan ke kitche helper agar segera disiapkan.

kitchen helper berkordinasi dengan tim purchasing agar seluruh bahan makanan yang di butuhkan sang koki dapat segera disiapkan.

3. Membantu chef dalam mengolah masakan

Pekerjaan khusus seorang cook helper ialah membantu chcef pada proses pengolahan makanan.

Nanum, tidak semua kitchen helper dibolehkan membantu mengolah dalam ruangan kitchen, semua bergantung peraturan perusahaan dan chef tersebut.

Membantu chef memasak merupakan tugas yang tidak mudah, karena memerlukan kecepatan, kecermatan dan ketrampilan khusus.

Jika koki tidak memperbolehkan membantu memasak, kitchen helper akan diminta pertolongan untuk memotong sayur atau daging dan mengupas buah buahan.

4. Membersihkan dan menyimpan peratalan masak

Setelah tugas mengolah dan menyajikan makanan telah usai, seorang kitchen helper bertugas membersihkan dan simpan kembali semua perlengkapan masak di tempat yang telah disediakan sebelumnya.

Baca Juga : 4 Jenis Kepribadian Karyawan yang Harus Dipahami Seorang Pimpinan

Pekerjaan Cook Helper

kitchen helper adalah
Sumber Gambar : blog.editorialcep.com

Berikut ialah contoh proses kerja seorang kitchen helper dalam penyajian hidangan makan siang dan makan malam di sebuah restaurant hotel.

Penyiapan lunch/dinner

  • Melihat menu harian
  • Mempersiapkan alat yang hendak dipakai
  • Mempersiapkan bahan makanan yang diperlukan
  • Mendistribusikan makanan ke buffet
  • Melakukan Set-up

Penanganan lunch/dinner

Saat penanganan berlangsung, kitchen helper akan berjaga di stand live cooking agar bisa memantau buffet dan mengetahui hidangan mana yang habis untuk di re-fill.

Umumnya makanan itu akan disiapkan oleh chef pada hot box untuk menjaganya supaya tetap hangat.

Penutupan Lunch/dinner

  • Melakukan clear up
  • Menyimpan makanan yang tersisa ke dalam chiller agar tetap terjaga.
  • Prepare untuk menu besok

Kualifikasi Cook Helper

kitchen helper
Sumber Gambar : restomart.com

Menjadi kitchen helper tidak selalu harus lulus dari sekolah perhotelan, chef / koki, karena mereka akan dilatih mulai dari Nol.

Umumnya dalam sebuah lowongan pekerjaan kitchen helper akan berisi syarat-syarat atau kualifikasi yang perlu di miliki calon pelamar. Adapun syarat umum jadi kitchen helper yaitu :

  • Ijazah sekolah menengah atas.
  • Perempuan atau laki-laki
  • Mempunyai pengalaman bekerja sebagai kitchen helper (lebih di prioritaskan)
  • Lisensi food handler.
  • Kemampuan berdiri untuk waktu lama.
  • Mampu memakai perlengkapan dapur secara baik
  • Memahami cold dan hot preparation
  • Keterampilan komunikasi yang kuat.
  • Keahlian berorganisasi yang sangat baik.

Gaji Cook Helper

Seorang kitchen helper banyak dibutuhkan di industri perhotelan, rumah sakit, dan restaurant. Peranannya yang penting mempengaruhi ketersediaannya lowongan kerja di bagian ini.

Bicara berkenaan penghasilan seorang kitchen helper sangatlah bervariatif khususnya tergantung di mana dia bekerja. Misalnya saja di Kota Suranbaya untuk upah kitchen helper bisa mencapai Rp. 3.800.000 – Rp. 4.500.000.

Tetapi, besaran penghasilan sebetulnya bergantung lokasi dan tempat Anda bekerja. Tentu saja bila dibanding restaurant di Surabaya dengan restaurant di Yogyakarta, mempunyai selisih nominal penghasilan.

Disamping itu, pengalaman dan ketrampilan yang Anda punyai ikut berpengaruh pada penilaian atasan memberikan gaji.

Kitchen helper memperoleh tunjangan seperti pekerjaan lainnya. Tunjangan kesehatan, uang makan, transportasi dan sebagainya.

Karier seorang ckitchen helper ialah profesi yang menarik untuk mereka yang memang sungguh senang dengan suatu hal yang berhubungan dengan masakan.

Banyak koki besar yang dahulunya bermula dari bawah kariernya, seperti menjadi kitchen helper.

Demikian info mengenai apa itu Cook Helper, tugas dan persyaratan untuk jadi cook helper.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin berkarir sebagai cook helper atau kitchen helper.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here