Peran Penting Credit Marketing Officer di Perusahaan Leasing

Tugas Credit Marketing Officer
Credit Marketing Officer Adalah
Sumber Gambar : thevantagegroupauto.com

Jika kamu pernah berurusan dengan perusahaan finance atau leasing, pastinya sudah tidak asing lagi dengan profesi Credit Marketing Officer (CMO).

Posisi credit marketing officer (CMO) di perusahaan cukup penting, karena perannya sebagai merupakan ujung tombak bagi suatu perusahaan.

Tugas utama credit marketing officer adalah memasarkan, mensurvei, mencari dan menawarkan produk keuangan kepada konsumen baru.

Melalui kegiatan marketing inilah profit perusahaan bisa semakin meningkat jika tim CMO bisa melakukan tugasnya dan berhasil mencapai target sasaran.

Nah, berikut ini penulis akan mengulas tentang apa itu credit marketingbeserta tugas dan tanggungnya.

Apa itu Credit Marketing Officer

job desk credit marketing officer
Sumber Gambar : dealerimages.dealereprocess.com

Dulu CMO di kenal dengan istilah Surveyor yang tugasnya menilai kelayakan  konsumen atau nasabah yang hendak melakukan pinjaman.

Surveyor tidak di bebani target penjualan karena sudah menjadi tanggung jawab divisi marketing.

Seiring berjalannya waktu Surveyor diubah namanya menjadi credit marketing officer.

Sesuai nama yang di sandangnya, maka CMO memiliki tugas membantu proses pemasaran dan penjualan.

Credit Marketing Officer adalah salah satu posisi pekerjaan yang menjadi bagian dari divisi marketing di perusahaan pembiayaan, finance, atau leasing.

CMO bertugas untuk memasarkan produk pembiayaan, mencari nasabah, memproses aplikasi pembiayaan, melakukan survey kelayakan konsumen dan membina hubungan baik dengan pihak dealer atau showroom.

Di samping sebagai seorang marketing, CMO juga berfungsi sebagai analis kredit tahap pertama yang memiliki wewenang untuk merekomendasikan layak atau tidaknya konsumen tersebut untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan.

Indikator keberhasilan seorang CMO adalah ketika mendapatkan kreditur baru atau pelanggan yang menggunakan jasa perusahaan kredit tersebut hingga lunas.

Keseharian seorang CMO adalah bekerja dilapangan, mereka mendatangi calon konsumen baru yang akan membeli suatu produk, misalnya akan membeli mobil atau montor di dealer.

Nantinya tim CMO akan menawarkan jasa pembiayaan kepada konsumen yang akan membeli produk tersebut.

Jadi prinsipnya, perusahaan yang akan membayar langsung ke Dealer, kemudian konsumen akan membayarnya secara kredit ke perusahaan finance.

Setelah dapat meyakinkan konsumen, selanjutnya CMO harus memonitor konsumen agar tidak menunggak pembayarannya.

Baca Juga : Mengenal Funding Officer Ujung Tombak di Peruhasaan Perbankan

Tugas Credit Marketing Officer

Tugas Credit Marketing Officer
Sumber Gambar : blogmedia.dealerfire.com

Tugas Credit Marketing Officer atau CMO sebenarnya tidak jauh berbeda dengan marketing pada umumnya, hanya saja ada beberapa tanggung jawab yang ditambahkan.

1. Menjalankan fungsi marketing

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa seorang CMO memiliki fungsi dan tugas sebagai marketing.

CMO mencari konsumen yang hendak membeli sebuah produk dan menawarkan secara langsung agar mau membeli secara kredit dengan menggunakan jasanya.

Target konsumen CMO adalah orang yang hendak membeli rumah, mobil, motor dan barang-barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Perusahaan finance yang nantinya akan membayar lunas barang yang akan di beli pelanggan, kemudian konsumen akan membayarnya ke perusahaan finance bukan ke dealer atau pemilik barang.

2. Menganalisa data pengajuan kredit

CMO merupakan analis kredit pertama yang akan menyaring data pengajuan kredit konsumen sebelum data diserahkan kepada divisi credit analyst.

Karena itulah, seorang CMO harus menguasai keahlian dalam menghitung Debt Service Ratio (DSR) nasabah yang akan diajukan olehnya agar keputusan dari seorang credit analyst bisa diperkirakan.

3. Melakukan survei

Credit Marketing Officer harus melakukan survey ke rumah calon nasabah yang mengajukan permohonan kredit.

Survei ini ditujukan agar CMO bisa menghitung kualitas kredit calon nasabah melalui perhitungan debt service ratio dengan tepat dan akurat.

Ada beberapa aspek survei yang harus diperhatikan sebelum menyetujui pengajuan pinjaman.

Di antaranya adalah valid atau tidaknya data tempat tinggal konsumen, pekerjaan konsumen, beban yang menjadi tanggungan konsumen dan jumlah pendapatan bulanan konsumen.

4. Monitoring kelancaran pembayaran kredit nasabah

Saat pengajuan kredit seorang konsumen sudah mendapat persetujuan dari credit analyst perusahaan, bukan berarti CMO lantas lepas tangan terhadap urusan tersebut.

Credit Marketing Officer harus monitoring pembayaran pinjaman nasabah sampai lunas.

CMO harus monitoring pembayaran pinjaman nasabah selama beberapa bulan pertama.

Nasabah tidak boleh telat melakukan pembayaran sama sekali sesuai dengan peraturan dan ketentuan dari masing-masing perusahaan.

5. Menjaga hubungan baik dengan nasabah

Konsumen dengan kualitas pembayaran kredit yang dinilai bagus oleh perusahaan biasanya akan ditawari produk kredit lain oleh perusahaan menjelang berakhirnya pengajuan kredit yang masih berjalan. Ini juga merupakan salah satu tugas CMO.

Apabila nasabah bersedia menggunakan jasa pembiayaan lagi pada perusahaan tersebut, CMO yang bersangkutan akan mendapatkan bonus dari kinerjanya mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang menggunakan jasa pembiayaan yang ditawarkannya.

Baca Juga : Tugas Credit Analyst di Lembaga Keuangan

Kualifikasi Credit Marketing Officer

Credit marketing officer
Sumber Gambar : hips.hearstapps.com

Keahlian apa saja yang semestinya dimiliki oleh Credit Marketing Officer? Untuk menjadi seorang CMO ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pelamar kerja.

Persyaratan untuk menjadi Credit Marketing Officer adalah:

  • Berorientasi pada target
  • Manajemen waktu yang baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik
  • Berorientasi pada kepuasan pelanggan
  • Mampu bekerja dibawah tekanan
  • Memiliki jiwa kepemimpinan
  • Selalu bekerja keras dan bertanggung jawab
  • Memiliki berat badan ideal.
  • Berpenampilan menarik

Estimasi Gaji CMO

Walaupun pekerjaan sebagai CMO membutuhkan banyak waktu bagi Anda untuk bekerja di lapangan namun sebenarnya insentif dan benefit yang diterima oleh seorang CMO bisa saja lebih besar.

Berapakah besaran gaji seorang CMO?

Untuk Gaji seorang CMO di tahun 2023 paling rendah ialah sama sesuai dengan besaran UMR yakni Rp 3.268.275 untuk wilayah Kabupaten Malang Jawa Timur.

Tetapi ada pula wilayah yang memiliki nominal UMR sekitaran 4jt an, hingga dapat di katakan jika nominal gaji pokok seorang CMO di tiap wilayah dan daerah tidak sama bergantung dari peraturan wilayah masing – masing.

Nach, itu lah beberapa hal mengenai apa itu Credit Marketing Officer serta beberapa tugas dan tanggung jawabnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu Credit Marketing Officer beserta tugas dan tanggungjawabnya.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin berkarir sebagai seorang Credit Marketing Officer.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau sedang mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu adanya persiapan yang matang.

Agar lebih matang dan percaya diri saat menjalani tes masuk kerja Anda bisa membaca informasi seputar jobdes pekerjaan di halaman Profersi dan Tips berkarir di dunia kerja di halaman Tips Karir.
Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *