3 Alasan Kenapa Anda Perlu Mencoba Berkarir di Luar Bidang yang Anda Minati

0
47
keluar dari zona nyaman
Bekerja tidak sesuai passion – keluar dari zona nyaman

Ketika Anda telah lulus dari bangku kuliah, pastinya Anda berharap untuk segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki.

Akan tetapi, pada kenyataannya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut tidaklah semudah yang di bayangkan.

Dan terkadang yang tersedia hanyalah pekerjaan yang memang tidaklah sesuai dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki, atau bahkan pekerjaan tersebut sangat baru bagi diri Anda.

Ketika Anda bekerja tidak sesuai dengan passion, mungkin akan sulit untuk menjaga semangat kerja.

Tapi jika Anda mendapatkan penawaran untuk bekerja, namun tidak sesuai dengan bidang yang Anda geluti, sebaiknya jangan buru-buru untuk menolaknya.

Mungkin Anda bisa saja mencoba pekerjaan yang memang di luar bidang Anda dikarenakan beberapa alasan.

Dan berikut ini ada beberapa alasan yang mengharuskan Anda mencoba untuk bekerja di luar bidang yang Anda minati, yaitu sebagai berikut:

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Ketika Anda sedang wawancara kerja, pastinya Anda harus terlihat percaya diri serta antusias dalam mengejar pekerjaan tersebut, walaupun pekerjaan itu bukanlah pekerjaan yang ada di dalam bidang Anda.

Selain itu, Anda juga harus bisa menunjukkan kepada pewawancara keahlian yang Anda miliki, meski tidak bisa diaplikasikan terhadap pekerjaan yang Anda lamar tersebut.

Mempelajari bagaimana cara menempatkan diri serta menjual kemampuan yang Anda miliki kepada perusahaan-perusahaan tidak hanya akan membuat diri Anda mendapatkan pekerjaan, namun juga dapat membantu Anda menjadi semakin percaya diri terhadap kemampuan yang Anda miliki.

Dengan rasa percaya diri yang Anda miliki, pastinya Anda bisa terlihat sangat “menjual” sebagai seorang karyawan, walaupun bidang yang Anda minati tidaklah sejalur dengan pekerjaan yang akan Anda kerjakan.

2. Mengembangkan kemampuan umum dalam berkarir

Hal yang pastinya bisa di pelajari ketika Anda telah bekerja di sebuah perusahaan adalah pengalaman dalam bekerja.

Pengalaman merupakan satu hal yang sangat penting untuk di kuasai sebelum Anda mencari pekerjaan yang lain yang memang lebih baik atau bahkan sesuai dengan kemampuan serta minat yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga akan belajar banyak terkait dunia kerja dan lebih mengenali kualitas diri Anda sendiri.

Perusahaan apa yang Anda inginkan, teman seperti apa, atau atasan seperti apa yang Anda inginkan, bagaimana cara bernegosiasi untuk promosi, dan lainnya.

Kemampuan semacam ini bisa diaplikasikan di mana saja, meski nanti Anda sudah pindah kerja di bidang yang tak sama.

3. Mendapatkan kualifikasi yang unik

Mungkin Anda memiliki keahlian serta gelar dalam satu bidang, dan setelah itu Anda memiliki pengalaman di bidang yang lain.

Pastinya hal ini merupakan satu kelebihan dalam diri Anda. Ketika Anda menuju dunia kerja, nantinya Anda akan banyak menemukan info lowongan pekerjaan yang mencari karyawan yang tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Memiliki pengalaman lain dari pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, akan membuat diri Anda menjadi orang yang lebih unggul dari kandidat yang lainnya.

Meskipun pekerjaan Anda tidak sesuai dengan passion Anda tetap semangat untuk bekerja dan belajar hal-hal baru.

Ada banyak cara untuk menghubungkan pekerjaan Anda dengan minat Anda, jadi jelajahi berbagai pilihan dan lihat apa yang cocok untuk Anda.

Dan itulah beberapa alasan yang mendukung mengapa Anda harus menerima pekerjaan yang memang tidak sesuai dengan minat serta kemampuan yang Anda miliki.

Bekerja tidak sesuai passion tidaklah menyeramkan, karena hal tersebut bisa sangat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sisi positif yang Anda dapatkan ketika bekerja tidak sesuai passion.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang kerja di ingin kerja di bank.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here