Profesi

Masih Bingung Perbedaan Antara Sales dan Marketing? Yuk Simak Disini!

Masih bingung apa sebenarnya perbedaan antara sales dan marketing? Meskipun terlihat serupa, kedua profesi ini adalah hal berbeda. Perbedaan antar keduanya akan...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
perbedaan sales dan marketing

Masih bingung apa sebenarnya perbedaan antara sales dan marketing? Meskipun terlihat serupa, kedua profesi ini adalah hal berbeda. Perbedaan antar keduanya akan kita bahas secara lengkap melalui artikel di bawah ini.

Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki departemen, bagian, atau divisi yang memiliki tugas masing-masing, misalnya saja customer service, finance, accounting, sales, marketing, programer, dan masih banyak lagi.

Bagian atau divisi yang sering menjadi perdebatan adalah sales dan marketing. Banyak orang mengira bahwa sales dan marketing adalah bagian yang sama karena fungsi dan tugasnya dianggap sama.

Tidak hanya dari sisi pekerja saja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini.

Perbedaan Sales dan Marketing

Walaupun marketing dan sales merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tapi keduanya jelas-jelas berbeda.

Apa perbedaan sales dan marketing? Apakah sales dan marketing adalah hal yang sama? Untuk beberapa orang yang belum memahami kedua bidang tersebut mungkin akan menganggap sama.

Umumnya masyarakat melihat tim penjualan dan pemasaran sama yakni menjual produk. Sales dan marketing memang bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target.

Namun, fokus kegiatan antara kedua perkerjaan ini merupakan hal yang berbeda. Agar lebih memahami berikut merupakan perbedaan sales dan marketing:

Pengertian Sales dan Marketing

Agar lebih mudah memahaminya, poin pertama yang dibahas yakni tentang pengertiannya.

Sales didefinisikan sebagai bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun yang tidak terlihat laku dengan harga yang sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen.

Sementara marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen.

Secara singkat, sales ini merupakan penjualan dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya.

Berikut adalah penjelasan sederhananya:

  • Marketing mendorong permintaan untuk produk atau layanan; Sales memenuhi permintaan dan menciptakan hubungan.
  • Marketing melibatkan mendapatkan pelanggan ke produk atau layanan; Sales melibatkan pengiriman produk atau layanan kepada pelanggan.
  • Marketing adalah kegiatan pembukaan; Sales adalah aktivitas penutupan.

Dalam ketiga point diatas dapat disimpulakan bahwa, sales adalah tujuan inti dari marketing.

Di banyak perusahaan, ada perselisihan antara tim penjualan versus pemasaran. Terkadang bagian sales menganggap orang di bagian marketing tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan dan menetapkan harga terlalu tinggi.

Disisi lain marketing percaya bahwa tenaga penjualan atau salesman terlalu fokus pada pelanggan individu dan pendapatan jangka pendek.

Idealnya, jika bagian marketing dapat sepenuhnya mengoptimalkan marketing mix secara terus menerus  produk yang tepat dengan harga yang tepat di tempat yang tepat pada waktu yang tepat akan menumbuhkan tingkat penjualan yang lebih baik.

Proses kerja

Selanjutnya, Anda akan membedakan sales dan marketing dari sisi proses kerjanya.

Perbedaan tim penjualan dan pemasaran yang berikutnya terlihat dari proses kerja. Merujuk pada pengertian sales yang merupakan penjualan, maka proses kerja sales yaitu langsung menghadapi konsumen.

Namun, selain secara langsung, sales atau penjualan juga bisa dilakukan dengan melalui media, seperti telepon, media sosial dll. Pada dasarnya kegiatan sales ini yakni aktivitas langsung atau interaksi langsung.

Agar tim penjualan dapat melakukan tugasnya dengan baik maka dibutuhkan tim pemasaran untuk melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sehingga pemasaran merupakan kegiatan dibelakang sales. Mereka yang memikirkan cara promosi, pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.

Tim sales yang bertugas melayani para calon customer ini agar produk bisa laku terjual.

Dengan kata lain, perbedaan tim penjualan dan pemasaran ini adalah bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk membuat konsumen tertarik dan sales bertugas melayani para konsumen agar produk laku terjual.

Strategi

Dalam pembuatan strategi penjualan, marketer akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli salah satu produk yang ditawarkan atau dijual karena telah mengetahui kualitas dan brand produk tersebut.

Sedangkan tim sales, mereka lebih fokus kepada bagaimana cara mereka menawarkan produk ke target pasar dengan cara menginformasikan apa saja yang menjadi kelebihan produk tersebut supaya konsumen dapat tertarik untuk membeli produknya.

Yang lebih menarik lagi yaitu salesman tidak pernah memikirkan apakah pelanggan merasa terpuaskan atau tidak, yang terpenting bagi salesman adalah produk tersebut laku terjual dan dapat memenuhi target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Prioritas & Fungsi

Dalam prioritas kerja, perbedaan tim penjualan dan pemasaran dapat dilihat dari target kegiatan.

Prioritas marketing yaitu mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik sehingga tercipta loyalitas konsumen.

Jika konsumen atau pelanggan Anda banyak maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat.

Adapun fungsi dari tim penjualan adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari.

Dari prioritas dan fungsi keduanya dapat disimpulkan bahwa sebenarnya keduanya merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.

Ruang Lingkup Kerja

Sales dan marketing juga dapat dibedakan dari sisi ruang lingkup kerjanya. Pekerjaan tim sales cenderung bersifat jangka pendek sementara tim marketing cenderung lebih jangka panjang.

Lingkup pekerjaan marketing termasuk market research, public relations, dan customer satisfaction.

Sementara itu, ruang lingkup pekerjaan tim sales adalah meyakinkan (calon) customer untuk terus merasakan kebutuhan akan produk yang di jual.

Tujuan

Perbedaan selanjutnya yang sangat terlihat adalah tujuannya. Dalam marketing atau pemasaran, tim wajib menjaga brand image produk atau perusahaan.

Sehingga keputusan konsumen untuk membeli produk karena mengetahui kualitas atau brand produk tersebut.

Sedangkan, dalam bidang sales atau penjualan menjaga brand bukanlah hal yang penting. Tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

Itulah perbedaan sales dan marketing. Perusahaan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan sales, karena sales tidak akan tercipta tanpa adanya marketing yang baik.

Karenanya agar perusahaan terus berkembang dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang benar, baik terkait produksi, marketing, sales, keuangan dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum perbedaan sales dan marketing di dalam perusahaan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang ingin berkarir di dunia sales dan marketing.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.