7 Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Menghadiri Wawancara Bahasa Inggris

0
143
pertanyaan interview kerja
Sumber Gambar : amazonaws.com

Wawancara bahasa inggris – Interview kerja Bahasa Inggris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan interview kerja yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Namun, wawancara kerja dengan menggunakan Bahasa Inggris perlu anda persiapkan secara tepat.

Karena wawancara adalah saat di mana pihak perusahaan atau pembuka lamaran pekerjaan akan menilai anda untuk pertama kali.

Dan pandangan pertama sangat perlu Anda siapkan secara baik karena akan sangat membantu anda untuk diterima di pekerjaan yang anda lamar.

Dalam mempersiapkan wawancara kerja Bahasa Inggris, tidaklah jauh berbeda dengan wawancara kerja menggunakan Bahasa Indonesia.

Hanya saja kendala bahasa yang mungkin menjadi fokus perhatian. Tentunya Anda harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat krusial, yaitu memperbaiki kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris yang telah miliki.

Persiapan sebelum wawancara kerja bahasa inggris

Sebelum menghadiri sebuah interview kerja Bahasa Inggris, kita harus benar-benar yakin, bahwa segala pertanyaan yang akan diberikan interviewer akan dapat kita mengerti dan akan dapat kita jawab dengan bahasa komunikasi yang baik dan benar, sesuai Struktur Tata Bahasa Inggris yang berlaku.

Oleh karena itu, sebelum menghadiri interview kerja bahasa Inggris, kita harus berlatih berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Sebisa mungkin carilah lawan bicara untuk berlatih. Jangan sungkan-sungkan mencari bantuan dari orang yang telah berpengalaman menghadiri suatu interview kerja Bahasa Inggris.

Gali berbagai informasi mengenai seperti apa gaya bicara interviewer dalam suatu interview kerja Bahasa Inggris.

Beberapa Tips Wawancara Kerja Inggris

1. Datang tepat waktu

Jangan pernah membuat interviewer menunggu. Idealnya ketika menghadiri suatu interview kerja Bahasa Inggris, kita harus sudah datang ke lokasi paling lambat sepuluh menit sebelum acara interview kerja Bahasa Inggris dimulai.

2.kuasai secara mendalam tentang perusahaan dan pekerjaan yang akan Anda lamar.

Langkah pertama mempersiapkan wawancara bahasa Inggris adalah melakukan observasi terkait posisi dan perusahaan yang Anda lamar.

Mulai dari job description, batas-batasan kerja, dan atau ruang lingkup pekerjaan dan mencaritahu di industri mana perusahaan tersebut bergerak.

Apabila memang perusahaan memiliki situs online yang memakai dua bahasa, untuk lebih memudahkan, pahami yang memakai versi Bahasa Inggris. Ingat, yang kita hadiri adalah interview kerja Bahasa Inggris.

Mengetahui ruang lingkup pekerjaan secara detail akan sangat membantu kepercayaan mereka terhadap kemampuan anda, walaupun anda belum mempunyai pengalaman bertahun-tahun dalam pekerjaan tersebut.

Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan kosa kata dalam bahasa Inggris, yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

3. Menghafal kosakata yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Persiapan yang harus dilakukan dalam wawancara kerja Inggris selanjutnya adalah anda harus menghafal kosakata yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Setelah anda mengetahui ruang lingkup pekerjaan anda, cari sebanyak mungkin kosakata Bahasa Inggris yang sekiranya berhubungan dengan pekerjaan tersebut atau akan keluar dari ucapan anda saat wawancara kerja inggris kelak.

Hal ini akan membantu kelancaran dalam wawancara kerja Inggris anda. Karena walaupun anda lancar berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, bisa jadi akan sangat berbeda bila saat wawancara kerja Inggris nanti. Karena akan menggunakan kosakata yang khusus.

Berlatihlah setiap kali ada kesempatan. Peribahasa mengatakan bahwa berencana adalah 50% kemenangan. Karena berlatih adalah bagian dari rencana, maka wajib bagi anda berlatih sesering mungkin.

Hal ini akan membantu kelancaran berbicara dalam wawancara kerja Inggris anda.

4. Prediksi pertanyaan yang akan mereka ajukan.

Memahami berbagai pertanyaan dan menjawabnya dengan baik, merupakan salah satu faktor vital.
Bagi kebanyakan orang Indonesia yang tidak terbiasa menggunakan Bahasa Inggris, menyimak dan menjawab pertanyaan dalam interview kerja Bahasa Inggris tentu merupakan sesuatu yang amat sulit.

Dengan memperkirakan pertanyaan yang akan mereka ajukan, anda akan lebih siap dalam menjawab dan mempersiapkan jawaban yang tepat dan tidak berbelit-belit untuk wawancara kerja Inggris anda.

Pertanyaan – pertanyaan yang biasanya ditanyakan secara garis besar dalam wawancara kerja inggris adalah seperti,

  • Please tell me about yourself?
  • What experience do you have in this field?
  • Tell me about the responsibilities of your latest job!
  • Why do you want to work for this organization?
  • What is your greatest strength?
  • What is your greatest weakness?

Pertanyaan – pertanyaan untuk wawancara kerja Inggris tersebut sudah seharusnya anda persiapkan jawabannya dari sekarang.

Untuk pertanyaan“what is your greatest weakness?”,

Cobalah untuk tidak terlalu merendahkan diri anda sendiri. Ini akan berpengaruh terhadap penilaian mereka.

Tapi jawablah dengan memberi jawaban tambahan berupa solusi atau bahkan kelemahan yang bisa anda jadikan sebagai kelebihan.

Agak sedikit bingung yah?

Contoh jawaban atas pertanyaan ini,

“I’m perfectionist; I have to do my work perfectly for my satisfaction”

Siapkanlah dari sekarang jawaban-jawaban tersebut termasuk pertanyaan seputar gaji anda.

Jika mereka bertanya, “What kind of salary do you need? “.

Jangan ragu – ragu untuk mengemukakan gaji yang anda ingin terima. Atau kalau anda ingin secara bijak menyikapi gaji anda, cobalah berkata seperti ini, “Talking about money, I prefer to be paid according to my work achievement, sir!”

5. Berpenampilan yang baik

Perusahaan yang mengundang wawancara kerja Bahasa Inggris, tentu bukan perusahaan biasa. Sebagian besar adalah perusahaan multi nasional.

Jadi perhatikan penampilan agar terkesan profesional, sesuai dengan posisi yang ditawarkan

6. Bahasa tubuh yang baik

Dalam menghadiri wawancara Bahasa Inggris, bahasa tubuh sangatlah penting. Jangan pernah menunjukan sikap gugup walaupun kita kurang dapat menyimak suatu pertanyaan.

Tanyakan kembali, misalnya dengan kalimat, “Excuse me, can you repeat the last question?”. Dan ingat, jangan mengambil posisi menunduk ketika berbicara berhadapan.

7. Percaya diri.

Ketika wawancara kerja Inggris, berusahalah untuk tetap percaya diri dan menampakkan wajah ceria. Bangunlah aura positif dengan selalu tersenyum dan menenangkan hati dan pikiran anda.

Bila anda sedang menunggu antrian untuk wawancara, lebih baik anda angkat bicara dengan pelamar lain.

Hal ini akan membuat anda untuk tetap rileks dibandingkan anda diam. Diam akan membuat kemungkinan anda kelihatan tegang lebih besar, dan akan tegang betulan saat wawancara.

Tips lain agar anda tetap percaya diri adalah anda melakukan afirmasi. Percayalah dengan hati yang mantap bahwa pekerjaan itu akan menjadi milik anda, lalu berdoalah.

Semoga informasi mengenai tips dan persiapan wawancara Bahasa Inggris ini dapat bermanfaat dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here