Profesi

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Profesi dan Job Desk Medical Representative

Apa itu Medical Representative Banyak orang yang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal profesi ini sangat membantu dokter ataupun prescriber untuk...

Written by Eling Widiatmoko · 3 min read >
Medical Representative
Sumber Gambar : cmdsonline.com

Apa itu Medical Representative

Banyak orang yang belum mengetahui profesi yang satu ini. Padahal profesi ini sangat membantu dokter ataupun prescriber untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai obat, cara pengobatan, teknik pengobatan, maupun alat kesehatan yang bisa menunjang keahlian Dokter maupun prescriber.

Medical Representative ( MedReps ) bisa didefinisikan sebagai seseorang yang dipercaya mewakili perusahaan untuk mempromosikan dan menjelaskan product knowledge secara professional kepada customernya ( dokter, apotek, atau klinik )

Tantangan besar dari pekerjaan ini adalah meyakinkan dokter untuk lebih memilih obat yang kita tawarkan dari pada obat yang biasa ia gunakan.

Seorang MedReps harus menguasai banyak kosakata medis dan juga fungsi, efek samping dan harganya. MedReps akan membantu klien untuk menjelaskan tentang obat-obatan dan perlengkapan medis.

MedReps juga harus bisa meningkatkan product awareness kepada klien mereka. Dan selalu update informasi mengenai kompetitor serta perkembangan industri medis sendiri. Bisa dibilang MedReps merupakan ujung tombak bagi perusahaan farmasi.

Medical representative job description

tugas Medical Representative
Sumber Gambar : neurametrix.com

Seorang medical representative berperan sebagai perpanjangan tangan perusahaan farmasi agar produknya dikenal oleh dokter atau prescriber.

Produk yang ditawarkan adalah produk yang memerlukan resep agar bisa dikonsumsi oleh pasien. Biasanya produk tersebut memiliki tanda khusus, yakni Red Dot, alias lingkaran merah yang berarti tidak dijual bebas dan memerlukan resep dokter.

Job desk medical representative adalah mempromosikan produk yang dibawanya ke dokter, sehingga dokter tersebut mau meresepkan produknya. Selain itu, masih ada beberapa tugas lainnya, berikut adalah penjelasannya.

Melakukan kunjungan rutin

Salah satu job desk medical representative adalah melakukan kunjungan secara rutin ke dokter/klinik.

Untuk memenuhi target ini biasanya MedReps memiliki tugas harian berupa sales call, visit dokter/klinik, MedReps harus handal dalam product knowledge dan mengikuti perkembangan industri medis dan farmasi.

Jadwal dan jumlah kunjungan MedReps bervariasi tergantung pada setiap perusahaan farmasi.

Ada yang mewajibkan 10 dokter per hari, dengan demikian, seminggu harus mengunjungi 60 dokter ( Senin-Jum’at, Sabtu apabila masuk, digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan administrasi). Ada pula yang lebih dari itu.

Dengan melakukan kunjungan rutin ke dokter/klinik, produk yang dipromosikannya akan diingat dan akhirnya diresepkan oleh dokter.

Melakukan promosi dan mengedukasi konsumen

Seorang MedRepse dituntut memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Medical representative harus bisa menyampaikan produk yang dipasarkannnya ke customer dengan baik.

Contohnya, ketika menyampaikan adanya efek samping obat dan tidak mengkomunikasikan secara negatif dan berlebih-lebihan terkait produk kompetitor pada saat mencoba membandingkannya.

Kemampuan berkomunikasi yang baik yang dilandasi dengan sikap profesional, ditambah menguasai product knowledge, akan membuat Anda sangat dihargai oleh dokter.

Melayani dan menjaga hubungan baik dengan konsumen

Salah satu unsur yang menentukan kesuksesan seorang Medical Representative adalah kemampuannya untuk melayani dan menjaga hubungan baik dalam jangka panjang dengan customer.

Hubungan baik ini akan mempermudah pencapaian penjualan dan bisa diandalkan pada saat genting, misalnya pada saat mendekati hari akhir tutup sales

Mengelola area kerja secara profesional

Setiap medical representative memiliki wilayah kerjanya masing-masing. Pembagian wilayah kerja ini ditentukan oleh area manager.

Setiap wilayah kerja tentu memiliki potensi penjualan yang berbeda-beda. Jadi target setiap medical representative berbeda-beda valuenya (nilai nominalnya), disesuaikan dengan potensi areanya masing-masing.

Pembatasan wilayah kerja ini dilakukan agar proses marketing/promosi tidak saling berbenturan dengan area MedReps lainnya, dan juga bisa dipergunakan sebagai alat ukur keberhasilan kerja.

Job desk medical representative adalah mengelola area kerjanya sehingga mampu menghasilkan penjualan yang bagus sehingga mampu mencapai target, atau bahkan melebihinya.

Mengelola di sini termasuk di dalamnya adalah mengetahui atau mengenal betul areanya. Tidak hanya letak tempat praktek dokter, rumah sakit, atau apotek, namun juga waktu terbaik untuk kunjungan, sehingga antara rencana kunjungan dan pada saat pelaksanaan, tidak menyimpang jauh.

Membuat laporan secara teratur.

Seorang medical representative juga harus membuat laporan kepada atasannya secara teratur yang berisi rencana kunjungan, hasil kunjungan, evaluasi kunjungan, aktifitas kompetitor, dan penjualan yang dihasilkan

Biasanya pada awal bulan MedReps, merekap sales atau menghitung hasil penjualan di bulan sebelumnya berdasarkan data penjualan/sales yang telah diberikan oleh distributor untuk setiap outletnya

Survey apotek atau klinik

Salah satu job desk medical representative adalah survey apotek. Kegunaan survey ini adalah untuk mengetahui apakah produk kita telah tersedia di apotek tersebut.

Selain cek ketersediaan produk, medical representative  juga harus  mencari informasi terkait pola peresepan dokter terhadap produk sendiri maupun kompetitor.

Dengan melakukan survey apotek, kita bisa tahu pola peresepan dokter. Apakah dokter tersebut telah menuliskan resepnya sesuai dosis, atau dokter tersebut menggunakan terapi yang lain selain terapi milik kita.

Jenjang karir seorang medical representative

Setiap perusahaan farmasi memiliki tingkatan karir dan penyebutan atas posisi/jabatan  yang berbeda-beda. Di awali dengan posisi paling bawah, yakni sebagai medical representative.

Apabila seorang medical representative bisa menunjukkan performa kerja yang bagus, maka bisa dipromosikan sebagai seorang senior medical representative.

Tahap selanjutnya adalah menjadi Team Leader/Koordinator MR/Supervisor . Jaka mampu mempertahankan performa kerja Anda masih berkembang menjadi seorang Distict Sales Manager/Area Manager/Field Sales Manager.

Pada posisi Manager Area Anda sudah bertanggung jawab pada area yang luas, bisa skala Propinsi ataupun beberapa Propinsi.

Anda juga masih sangat berpeluang naik jabatan menjadi seorang Regional Sales Manager, hingga menjadi seorang Nasional Sales Manager nantinya.

Profesi ini membutuhkan seorang yang inovatif, mandiri dan percaya diri. Kalau kamu termasuk salah satunya, karir ini sangat menjanjikan di Indonesia.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum job desk medical representative dalam perusahaan farmasi.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang akan melamar kerja sebagai medical representative.

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

Written by Eling Widiatmoko
Hanya seorang lelaki biasa yang suka menulis dan berbagi informasi. Semoga artikel di seputarkarir.com yang saya tulis bermanfaat dan menambah wawasan Anda Profile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *