Mengenal Karyawan di Kantor Berdasarkan Kepribadiannya

Karakter karyawan bertipe betha
Macam macam karakter karyawan
Macam macam karakter karyawan – Sumber Gambar : connect-assets.prosple.com

Mengenali macam-macam karakter karyawan sangat penting dilakukan oleh Human Resources di perusahaan supaya bisa melaksanakan pengelolaan sumber daya manusia dengan tepat.

Pada intinya, tiap orang mempunyai watak yang berbeda, bahkan orang kembar mempunyai kepribadian yang tidak sama.

Ketidaksamaan inilah yang perlu menjadi perhatian oleh Human Resources di perusahaan supaya bisa mengoptimalkan setiap SDM.

Ada beberapa karyawan yang mudah memahami perintah yang diintruksikan, tetapi ada pula karyawan yang memerlukan penjelasan lebih panjang untuk pahami suatu instruksi.

Meski setiap karyawan memiliki karakter yang berbeda, pasti ada bagian atau bidang kerja yang sesuai dengan karakter yang dimiliki tersebut

Sayangnya, ada banyak orang yang belum mengetahui atau memahami mengenai personalitasnya sendiri. Hal inilah yang sulit, karena mereka tidak paham bagaimanakah cara untuk mengoptimalkan kepribadian yang dimilikinya.

Maka dari itu, ada banyak macam macam karakter yang digolongkan berdasar personalitasnya, dimulai dari type Alpha, Beta sampai Omega.

Dalam upaya mengenali macam macam karakter karyawan, HR perusahaan harus mengenali karakter dari setiap tipe tersebut.

Bukan sekedar mengetahui kepribadian karyawan, memahami ke-3 type ini menolong untuk memberikan training atau memberi interferensi yang pas agar performa karyawan jadi lebih memuaskan, terutama pada tanggung-jawab pekerjaan.

Mengenali Macam macam Karakter Karyawan di Perusahaan

Tiap perusahaan tentu mempunyai SDM sebagai aktor pekerjaan di dalam perusahaan tersebut. Ada beberapa bagian di perusahaan dengan deskripsi dan detail tugas yang berbeda.

Misalnya bagian penjualan dengan bagian operator. Ke-2 bagian itu mempunyai tanggung-jawab yang berbeda hingga kapabilitas yang dibutuhkan berbeda.

Mengenali kepribadian karyawan sangat penting di zaman industri 4.0 karena kepribadian menjadi satu diantara kapabilitas yang perlu dipunyai oleh karyawan.

Tidak hanya ilmu dan ketrampilan, tetapi kepribadian punya pengaruh pada performanya hingga perusahaan harus dapat mendapati pegawai dengan kepribadian yang sesuai kebutuhan.

HR perusahaan bertanggungjawab dengan peletakan pegawai di bagian kerja yang sesuai sehingga penting untuk HR perusahaan mengetahui type kepribadian yang dipunyai oleh tiap pegawainya, terutamanya untuk pegawai baru.

Dapat dengan memakai ke-3 type ini untuk menggolongkan pegawai hingga lebih gampang untuk lakukan penempatan.

Sayangnya, tidak mudah untuk mengenali kepribadian karyawan hanya dalam waktu yang singkat. Kerap kali diperlukan waktu yang lumayan lama untuk dapat memahami bagaimana kepribadian seseorang.

Maka dari itu, bisa dilakukan pelatihan intern di perusahaan supaya HR perusahaan lebih mudah dalam mengenal type kepribadian dari karyawan.

Baca Juga : Apa itu Human Capital Management dan Tugasnya di Perusahaan?

Karakter Karyawan Bertipe Alpha

Macam macam Karakter karyawan bertipe alpha
Sumber Gambar : koinworks.com

Berbeda lelaki berbeda wanita, karena itu untuk dapat memahami karyawan dengan type Alpha, harus melihat lebih dulu apakah pegawai itu lelaki atau wanita.

Karyawan wanita dengan type Alpha ini mempunyai kepercayaan diri yang tinggi dan tidak senang jika ada orang yang lain mendikte.

Begitu halnya pegawai laki-laki yang mempunyai type kepribadian Alpha, mereka juga memiliki kepercayaan diri yang kuat.

Umumnya mereka mempunyai karisma yang siap membuat beberapa orang mengikuti perkataannya. Karyawan dengan type Alpha sangat pas untuk jadi pemimpin karena karakter yang dimilikinya.

Pegawai lelaki dengan type kepribadian Alpha condong bisa menjadi fokus perhatian, apa lagi saat dia sampaikan opini atau sedang bicara. Tetapi, karakter karyawan bertipe Alpha ini mempunyai karakter agresif dan keras kepala.

Alpha menjadi kepribadian yang memiliki hirarki tertinggi. Menurut Wrangham (primatologis dan profesor Harvard), kepribadian Alpha memiliki kepercayaan diri yang tinggi, kemampuan untuk membujuk, mendorong, serta mengarahkan perhatian.

Karakter Karyawan Bertipe Beta

Macam macam Karakter karyawan bertipe betha
Sumber Gambar : generali.co.id

HR Perusahaan juga harus mengenali watak pegawai bertipe Beta yang disebut kontradiksi dari type Alpha.

Keberadaan Beta biasanya menjadi pendamping seorang alpha. Neev Spencer mengatakan, kepribadian Beta yaitu ramah, suka membantu, selalu berusaha menghindari konflik, dan ingin menyesuaikan diri.

Karyawan wanita dengan watak bertipe Beta condong tidak agresif. Mereka mempunyai cara tersendiri untuk mencapai keberhasilan, yakni dengan perlahan-lahan dan benar-benar waspada karena mereka akan menganalisa opilihanya lebih dahulu.

Umumnya pegawai wanita dengan type Beta ini tidak begitu tertarik menjadi pimpinan karena mereka semakin nyaman jadi seorang simpatisan.

Karyawan dengan karakter tipe Beta disayangi oleh beberapa karyawan karena mereka condong menghindari perkelahian atau tenang dibandingkan harus menimbulkan permasalahan.

Sama seperti dengan pegawai wanita, pegawai lelaki dengan type Beta mempunyai watak yang sama. Pegawai lelaki bertipe Beta condong lebih sensitif serta lebih perasa hingga banyak orang yang menyenanginya.

Pegawai lelaki ini lebih gampang berteman dan menyesuaikan dengan lingkungan yang baru.

Walau demikian, pegawai lelaki bertipe Beta bisa juga dihandalkan dalam soal pekerjaan. Sayangnya, semangat pegawai ini tidak begitu kelihatan hingga banyak atasan yang tidak dapat menyaksikan kekuatan dari karyawan tersebut hingga jarang terima promosi yang semestinya dapat dia peroleh dengan kekuatan yang dipunyainya.

Karakter Karyawan Bertipe Omega

perbedaan finance dan accounting
Sumber Gambar : billzy.com

Pegawai wanita bertipe Omega condong menjalani hidupnya dengan rileks, tertutup dan hanya mempunyai beberapa sahabat saja. Kepribadian Omega selalu dihubungkan dengan personalitas introvert hingga lebih senang menyendiri.

Pegawai wanita bertipe Omega lebih pas dengan tugas yang memiliki sifat individu karena dia tidak cocok bekerja dengan team.

Mereka juga tidak suka jadi fokus perhatian dan tidak ingin disulitkan dengan mengejar ambisi. Itulah kenapa pegawai wanita bertipe Omega kerap dikatakan sebagai seorang yang submisif.

Sama dengan pegawai wanita Omega, pegawai lelaki bertipe Omega tidak begitu senang dengan pekerjaan dalam tim karena mereka lebih suka mengerjakan tugasnya sendirian.

Jika tugas itu sukses dikerjakan, dia akan berasa benar-benar suka sampai memperlihatkan ke rekanan kerjanya dengan rasa senang.

Sayang, pegawai lelaki dengan type Omega ini kadang tidak ketahui maksudnya dalam bekerja karena mereka jarang-jarang memikirkan beberapa hal semacam ini.

Jika terjadi kekeliruan, mereka condong menganggap sebagai kesalahan orang lain, dan memandang dirinya paling pandai dan berasumsi tugas tidak bisa usai tanpa dianya.

Baca Juga : Tugas, Peran dan Fungsi General Affair Dalam Perusahaan

Cara yang Tepat Mengelola SDM

Setelah mengenali karakter karyawan, mudah bagi HR perusahaan untuk mengurus SDM dalam perusahaannya agar performa lebih optimal.

Divisi HR mempunyai tanggung-jawab untuk mengurus SDM dengan beragam karakter dan type personalitas sehingga pengetahuan ini sangat berguna untuk perkembangan dan perubahan perusahaan.

Peletakan sektor kerja dan pemberian pekerjaan tentu saja harus disamakan dengan kepribadian karyawan, jadi tidak selamanya harus terkait dengan pengetahuan dan ketrampilan.

Jika ada projek kolaborasi team, HR dapat menunjuk karyawan bertipe Alpha dan Beta karena ke-2 nya dapat bekerja bersama secara baik.

Namun, posisinya kemungkinan yang berlainan, yakni pimpinan dari projek itu ialah pegawai bertipe Alpha, dan anggota yang lain sebagai pegawai bertipe Beta.

Dan, untuk tugas yang perlu dilaksanakan secara individu, perusahaan dapat memberikannya ke pegawai bertipe Omega yang memanglah tidak menyukai kerja team.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gambaran umum tentang pentignya HR mengenali macam macam karakter karyawan di perusahaan .

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda yang sedang atau ingin berkarir di divisi HRD ( Human Resources Development)

Buat Anda yang termasuk fresh graduate atau ingin resign dan mencari pekerjaan baru, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja di halaman Info Loker.

Jika Anda ingin meningkatkan peluang diterima kerja, maka perlu persiapan matang. Anda bisa membaca informasi seputar tes masuk dunia kerja di halaman Tips Karir agar lebih matang dan percaya diri saat tes masuk dunia kerja.

Jangan lupa baca pula beragam informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, hanya di Seputarkarir.com.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *